Keistimewaan Dan Amalan Yang Dianjurkan Di Bulan Muharram

Keistimewaan Dan Amalan Yang Dianjurkan Di Bulan Muharram – Berjumpa dengan bulan muharram adalah kenikmatan dan kebahagiaan bagi setiap muslim yang mengharapkan ampunan dan pahala disisi Rabbul a’lamin. Betapa tidak, bulan ini termasuk bulan yang dimuliakan Allah dan memiliki keutamaan.

Keistimewaan Dan Amalan Yang Dianjurkan Di Bulan Muharram

Diantara keutamaan bulan muharram adalah :

1. Sebagai salah satu dari 4 bulan Haram(yang dimuliakan)

Yang di dalamnya dilipat gandakan setiap amal sholih melebihi bulan yang lainnya dan sebaliknya perbuatan dosa yang dilakukan di bulan-bulan itu juga akan dilipatgandakan. Para Ulama Salaf, senantiasa memperbanyak amal sholih dan suka memperbanyak puasa di bulan-bulan Haram(mulia) ini.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ الزَّمَانَ قَدْ اسْتَدَارَ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ خَلَقَ اللَّهُ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ ذُو الْقَعْدَةِ وَذُو الْحِجَّةِ وَالْمُحَرَّمُ وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ

Sesungguhnya zaman telah berputar seperti bentuknya pada hari Allah cipatkan langit dan bumi. Setahun ada 12 bulan. Di antaranya 4 bulan haram (mulia). Tiga bulan berurutan : Dzulqo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. (Bulan satunya) adalah Rajab Mudhar yang berada di bulan Jumada dengan Sya’ban (H.R alBukhari dan Muslim)

2. Bulan muharram disebut sebagai Syahrullah (bulan Allah)

Hal ini menunjukkan keutamaan bulan tersebut karna disandingkan dengan nama Allah azza wa jalla. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sebutkan :

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ

Sebaik-baik puasa setelah Ramadhan adalah (di ) bulan Allah (yaitu) Muharram (H.R Muslim).

Al-Imam Nawawy rahimahullah ramenjelaskan bahwa hadits ini menunjukkan bahwa bulan Muharram adalah bulan yang paling utama untuk melaksanakan amal sholih dan puasa sunnah.

3. Berpuasa pada tanggal 10 Muharram keutamaannya adalah menghapus dosa setahun lalu

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda :

وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Dan puasa pada hari Asyura (10 Muharram), aku mengharapkan kepada Allah untuk menghapus dosa setahun sebelumnya (H.R Muslim)

Nabi kita Nabi Muhammad Saw pernah juga berkeinginan sangat kuat untuk berpuasa di tanggal 9 Muharram (walaupun belum sempat terlaksana karena keburu meninggal dunia) :

لَئِنْ بَقِيتُ إِلَى قَابِلٍ لَأَصُومَنَّ التَّاسِعَ

Kalau seandainya aku masih hidup hingga tahun mendatang, sungguh-sungguh aku akan berpuasa di hari ke-9 (Muharram).  (H.R Muslim)

Adapun hadits yang menyebutkan keutamaan muharram selain hadits diatas adalah hadits yang palsu.

Semoga Allah memberikan taufik dan kemudahan untuk kita sekalian mengisi hari-hari dan sisa umur ini dengan ketaatan berupa amal sholih yang disyariatkan.

Dan semoga Allah Swt menerima setiap amalan sholih yang telah kita kerjakan selama ini hingga akhir hayat menjemput kita, Allahumma Aamiin.

Demikianlah Keistimewaan Dan Amalan Yang Dianjurkan Di Bulan Muharram yang admin bagikan kali ini. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel terkait juga tentang  Arti Dan Makna Tahun Baru Hijriah Islam 1 Muharram. Semoga Allah Swt senantiasa menjaga dan menyelamatkan kita dari perbuatan-perbuatan yang dilarang-Nya. Aamiin

Keistimewaan Dan Amalan Yang Dianjurkan Di Bulan Muharram | admin | 4.5