Makanan Khas Bugis Wajo

Makanan Khas Bugis WajoMakanan adalah salah satu bahan makanan pokok kita sebagai manusia. Kita tidak bisa pungkiri bahwa makanan adalah salah satu sumber energi kita. Maka dari itu jagalah selalu pola makanan anda supaya kesehatan anda selalu terjaga.

Adapun beberapa ciri khas kuliner makanan daerah Wajo adalah sebagai berikut. Tapi sebelum itu, baca dulu Salah Satu Makanan Legendaris Yang Sangat Terkenal Di Sidrap

Makanan Khas Bugis Wajo

Makanan Khas Bugis Wajo

1. Nasu palekko

Hidangan ini dalam bahasa indonesia disebut pedesan bebek, dimana masyarakat bugis selalu membuat makanan ini di setiap acara atau pertemuan.

Cara Membuatnya :

Bahan dasar kuliner yang satu ini adalah bebek, bisa juga digantikan dengan ayam kampung, sebelum memasaknya, bahan dasar tersebut harus dipotong-potong menjadi bagian kecil, setelah itu kita persiapkan bumbunya berupa jahe, lombok, kunyit dan lain-lain, masakan ini dimasak kurang lebih 1,5 jam pada panci presto bertekanan, bagai yang belum tau cara membuatnya dapat membelinya di warung-warung yang ada di wajo khususnya di sengkang, contohnya warung indologo, yang berada di amessangeng kecamatan tempe, kabupaten wajo, di warung ini dijual beraneka ragam masakan khas bugis, salah satunya nasu palekko, bagi yang berniat makan kuliner ini siap-siap menahan pedis dari makanan ini.

2. Barobbo

Barobbo adalah makanan khas selanjutnya, makanan ini terbuat dari butiran-butiran jagung yang dicampur dengan sayur-sayuran dan bahan lainnya, makanan ini adalah salah satu makanan faforite orang  bugis karena rasanya yang enak dan gimana gitu, bahan dasar makanan ini adalah jagung dan bisa juga ditambahkan udang atau irisan ayam, agar lebiih enak, bumbunya adalah cukup dengan masako atau bisa dengan bumbu racikan.

Cara masak yang saya dapat dari buku resep di rumah saya adalah :

  • Bubur: masak jagung dan air sampai mendidih.
  • Masukkan bawang putih, bawang merah, garam, dan merica bubuk. Masak sampai matang. Tambahkan bayam, kangkung, dan seledri. Masak sampai matang.
  • Perkedel: aduk rata bahan perkedel.
  • Sendokkan dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang.
  • Sajikan bubur dengan taburan ayam goreng suwir, bawang goreng, dan perkedel.

3. Kapurung

Kapurung adalah makanan khas yang berasa dari bugis yang terbuat dari campuran antara sagu dan sayur-sayuran, kapurung ini di bugis pecintanya banyak karena sagu yang ada di wajo itu banyak dijual, selain itu masakan ini juga kaya akan protein, karna banyaknya sayuran yang ada di masakan ini.

Pengalaman saya pertama kali mencoba makanan ini, pertamanya saya jiji melihat gumpalan-gumpalan sagu yang seperti ingus itu, jika ada keluarga saya yang mengajak makan makanan tersebut saya tidak mau, karana saya tidak suka melihat gumpalan sagu tersebut, pada suatu ketika, saya berangkat ke rumah nenek saya, sesampainya saya disana saya langsung di suguhkan makanan, alangkah terkejutnya saya melihat makanan yang disiapkannya adalah kapurung, pertamanya saya tidak ingin makan tetapi, karan perut saya memang sudah lapar akibat perjalanan, apa boleh buat saya mencoba memakan kapurung tersebut, gigitan pertama saya mulai jijik, tapi setelah dua suapan saya mulai sadar bahwa masakan tersebut sangat gurih dan enak apalagi dimakan bersama ikan asi, hmmm saya pun menghabiskan kapurung tersebut dan tidur, ternyata penampilan tak seperti rasanya.

4. Sop konro

Makanan yang satu ini memang masakan yang sudah lama familiar di indonesia karna gurihnya yang luar biasa, masakan ini terbuat dari iga sapi dan bahan-bahan yang lain, masakan ini banyak dijual di kabupaten wajo maupun di luar wajo.

5.  Lawa bale (ikan) dan lawa urang (udang)

Makanan khas ini, bahan utamanya berasal dari penghasilan utama kabupaten wajo yang berasa dari danau tempe, lawa urang bisa dipadukan dengan pisang batu muda akan lebih gurih, sekali coba pasti mau lagi, makanan khas ini biasa di jumpai di acara perkawinan maupun acara lainnya di kabupaten wajo, karna lawa urang dan lawa bale telah mendarah daging bagi masyarakat wajo, tidak lengkap rasanya hidangan yang dii suguhkan kepada tamu pada acara-acara khusus, apabila tidak di lengkapi dengan lawa urang atau lawa bale, lawa bale itu.

Bahannya bisa bermacam-macam ikan yang berasal dari danau tempe, bisa ikan nila, ikan kande, ikan doyo, dan ikan cambang. semuanya ini hidup subur di danau tempe yang menjadi ciri khas kabupaten wajo.

Selain  yang diatas masih banyak lagi makanan khas contohnya : rojjo, kambu paria, kambu terung (terong), nasu likku, nasu bale ulaweng (ikan mas yang dimasak), ronto, tafa jence (ikan panggang yang diisi aneka bumbu), tunu terung (terong bakar), sambal paria, dan acar mangga dan lain sebagainya.

Baca juga Makanan Khas Bone Sulawesi Selatan

Semoga artikel yang admin bagikan ini, dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita mengenai Makanan Khas Bugis Wajo. Semoga kita lebih mencintai budaya dan menghargai makanan khas daerah kita serta memperkenalkan di kalangan banyak orang. Supaya daerah kita wajo bisa terkenal dimana-mana. Yang pentingnya hal yang bersifat membangun dan sifat positif.

Makanan Khas Bugis Wajo | admin | 4.5