20 Cara Menilai Kepribadian Seseorang Dari Raut Wajahnya

20 Cara Menilai Kepribadian Seseorang Dari Raut Wajahnya – Manusia itu diciptakan unik dan wajah kita dapat mengekspresikan banyak cerita termasuk kepribadian yang dimiliki seseorang. Terkadang dikenal dengan nama personology namun lebih tepatnya adalah Physiognomy, yakni membaca karakter atau kepribadian seseorang berdasarkan penampilan luar yang dimiliki orang terkait, khususnya dari wajah.20 Cara Menilai Kepribadian Seseorang Dari Raut Wajahnya

Penilaian kepribadian berdasarkan wajah ini popular di kalangan orang-orang cina dimana berdasar pada setiap aspek yang membangun wajah seseorang, dimulai dari jidat, alis, hidung, pipi, hingga dagu. Contoh sederhana dari penilaian ini adalah alis awalnya tebal menandakan seseorang yang dapat memulai pekerjaannya dengan baik dan juga berlaku kebalikannya, sedangkan alis yang tebal secara menyeluruh menandakan seseorang yang selalu memikirkan segalanya matang-matang.

Baca juga Cara Menilai Orang Baik Atau Orang Jahat

Jika Anda pernah mendengar istilah senyum palsu, di mana senyum mengembang di wajah namun tidak di hati, maka Anda harus tahu bahwa hal itu bukan sekedar istilah belaka. Anda bisa kok belajar membedakan mana senyuman yang tulus dan mana senyuman yang palsu. Membaca perasaan orang lain lewat mimik wajah bahkan tidak terlalu sulit. Anda hanya butuh memperhatikan gerak gerik dan perubahan gerakan wajah maka Anda bisa lebih waspada dan tahu bagaimana cara menghadapi orang lain.

Rahasia membaca perasaan lewat mimik wajah ini, sudah sejak lama dikenal dalam ilmu psikologi. Tidak sedikit pula orang yang menggunakannya saat wawancara kerja, atau mencari kandidat sebuah jabatan bergengsi.

Ada banyak sekali cara untuk membaca kepribadian seseorang yang setiap caranya membutuhkan teknik tersendiri. Cara-cara ini dipercaya memperbolehkan seseorang untuk membaca karakter yang dimiliki orang lain hanya dengan basis tertentu seperti golongan darah atau garis tangan contohnya.

20 Cara Menilai Kepribadian Seseorang Dari Raut Wajahnya :

1. Aura

Percayakah Anda bahwa ada cara untuk melihat aura seseorang dan setiap orang memiliki auranya sendiri. Itulah hal yang diyakini dalam membaca kepribadian berdasarkan aura yang dimiliki seseorang. Dalam menilai kepribadian aura ini, yang dilihat adalah warna dari aura seseorang seperti contohnya jika warna aura seseorang adalah warna merah maka itu menandakan dirinya memiliki ego yang besar untuk mencapai kesuksesan namun juga terkadang dapat menunjukkan seseorang yang suka gugup.

Beberapa cara yang dipercaya dapat membuat seseorang melihat auranya adalah dengan meditasi. Instruksinya adalah posisikan diri Anda agak jauh di depan kaca kemudian fokuskan konsentrasi untuk melihat garis terluar tubuh Anda. Pada awalnya Anda akan melihat warna putih transparan namun perlahan-lahan warna tersebut akan meluas dan menjadi warna yang dapat dibedakan.

2. Gambar

Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah melihat hal ini dalam sebuah wawancara kerja. Terkadang dikenal juga dengan nama psycho-drawing, merupakan sebuah teknik penilaian psikologi seseorang yang partisipannya diminta untuk menggambar sebuah bentuk abstrak yang masih relevan dengan subjek yang diberikan.

Contoh paling sederhana adalah menggambar pohon dalam waktu 3 menit. Pohon yang digambar juga adalah sesuka hati Anda dan pada akhirnya pohon itulah yang akan dapat menentukan kepribadian Anda.

Teknik yang tidak kalah popular lainnya adalah partisipan diberikan sekumpulan gambar dan diminta untuk memilih satu di antara banyaknya gambar tersebut. Dari gambar yang dipilih barulah diketahui kemungkinan kepribadian seperti apa yang dimiliki orang tersebut.

3. Tanggal Lahir

Dari ulang tahun seseorang, dipercaya bahwa kepribadian mereka juga dapat diketahui. Merupakan subgrup dari numerologi, yakni sebuah kepercayaan bahwa ada hubungan antara sebuah angka dengan sebuah kejadian yang sedang terjadi. Dalam numerologi, ada kepercayaan yang sangat kental bahwa ada hubungan erat antara tanggal kelahiran seseorang dengan sifat dan kepribadian dari orang terkait. Hal itulah yang menjadi basis dari membaca kepribadian berdasarkan tanggal lahir yang dimiliki seseorang.

4. Garis Tangan

Menilai kepribadian dan masa depan seseorang dari garis tangannya. Palmistry, Chiromancy, atau Palm Reading, semua itu merujuk ke teknik pembacaan kepribadian dari telapak tangan atau tepatnya garis tangan yang dimiliki seseorang. Teknik ini sangatlah kental dan sangat popular digunakan orang-orang Cina, tidak hanya untuk membaca kepribadian namun juga dipercaya dapat menceritakan bagaimana masa depan seseorang.

Pengetahuan paling dasar dari membaca garis tangan adalah apabila Anda berumur kurang dari 30 tahun dan adalah pria maka gunakan tangan kiri dalam membaca garis tangan Anda sedangkan tangan kanan untuk analisis ke depannnya. Sedangkan untuk wanita dan apabila Anda berumur kurang dari 30 tahun gunakan tangan kanan dan tangan kiri untuk analisis. Kedua hal ini berlaku sebaliknya untuk jika Anda telah berumur lebih dari 30 tahun.

5. Shio

Menilai kepribadian berdasarkan atas shio yang dimiliki seseorang. Dalam kepercayaan Cina, setiap tahun dapat direpresentasikan oleh 1 shio dan mereka yang lahir dalam tahun tersebut berarti memiliki shio tersebut. Shio ini sendiri dapat diibaratkan menyerupai zodiak rasi bintang hanya saja berasal dari kepercayaan Cina, dan hampir semua shio ini muncul dalam bentuk hewan kecuali 1 shio, yakni shio naga.

Shio yang dimiliki setiap orang dapat menceritakan bagaimana karakter dan kepribadian yang ia miliki dan bagaimana kemungkinan masa depan dari orang terkait dalam berbagai aspek seperti aspek finansial, cinta, kesehatan dan banyak lainnya.

Lebih dalam lagi, mereka yang mendalami teknik penilaian ini tidak hanya akan merepresentasikan seseorang hanya dengan shio hewan, namun juga dapat mengaitkannya dengan elemen kelahiran seseorang seperti contohnya naga api, naga air dan seterusnya. Dalam kepercayaan cina, dalam kehidupan ada 5 elemen, yakni api, air, tanah, kayu, dan logam.

6. Psikoanalisis

Selain untuk bantuan psikologi, psikoanalisis juga sering digunakan untuk mengetahui kepribadian. Walaupun pada dasarnya istilah psikoanalisis sangatlah besar cakupannya, namun yang ingin kita bahas di sini adalah cakupan psikoanalisis dalam membaca kepribadian melalui sekumpulan pertanyaan. Banyak dari Anda pasti sudah sering melihat quiz kepribadian yang berusaha menilai kepribadian seseorang dengan memberikan sekumpulan pertanyaan yang di akhir sesinya baru akan menunjukkan seperti apa karakter atau kepribadian Anda, berdasar atas jawaban Anda.

Seperti namanya, psikoanalisis sendiri sebenarnya adalah sebuah teknik untuk menilai bagaimana kondisi mental yang dimiliki seseorang berdasar atas respon orang terkait dimulai dari jawaban hingga bahasa tubuhnya. Dalam psikoanalisis, banyak sekali subset teori yang dapat diterapkan dan di antaranya adalah penilaian kepribadian. Contoh sederhana dapat dilihat di artikel kita sebelumnya yakni 10 Pertanyaan Psikologi Kepribadian.

7. Golongan Darah

Salah satu cara paling popular untuk membaca kepribadian adalah dari golongan darah mereka. Setiap orang memiliki golongan darahnya sendiri baik itu A, B, AB, atau O. Golongan darah ini sendiri pada dasarnya sangatlah penting saat proses donor darah ataupun transfusi darah, namun ternyata juga dipercaya dapat menentukan karakter atau kepribadian seseorang. Hal ini dipercaya sangat benar adanya dalam kebudayaan Korea dan Jepang. Bahkan dalam kepercayaan mereka, kepemimpinan dapat ditentukan berdasarkan golongan darah.

8. Zodiak

Membaca berbagai kepribadian serta aspek kehidupan dari zodiak atau horoskop. Inilah salah satu cara paling popular untuk menilai kepribadian seseorang yakni berdasarkan zodiak atau rasi bintang yang dimilliki seseorang. Dalam kepercayaan Barat, setiap orang terlahir di bawah sebuah rasi bintang yang dikenal dengan nama zodiak atau secara keseluruhan adalah 12 zodiak, dan sama halnya seperti Shio mereka dapat menentukan kepribadian orang terkait.

12 zodiak ini sendiri pada kenyataannya adalah konstelasi bintang yang masing-masingnya dapat terlihat di langit pada bulan-bulan tertentu. Asal usul dari 12 zodiak ini dapat ditelusuri dari kisah mitologi Yunani mereka sendiri. Terlepas dari itu zodiak juga dapat menilai aspek kehidupan seseorang seperti asmara, finansial dan sejenisnya, mereka biasa dikenal dengan nama horoskop.

9. Senyuman palsu

Seperti sempat disebutkan tadi di atas, senyuman palsu itu yang bagaimana? Ciri senyuman tidak tulus ini menciptakan garis kerutan pada sudut bibir. Berbeda dengan senyuman yang tulus, yang akan menciptakan garis kerutan di sudut mata.

10. Mimik asimetris

Adalah ekspresi wajah yang berbeda antara wajah bagian kiri dan kanan, yang menunjukkan bahwa orang tersebut tidak berbicara hal yang sebenarnya.

11. Pupil yang membesar

Ketika ukuran pupil mata seseorang membesar, maka ia sedang menunjukkan sebuah ketertarikan, semangat, sedang memiliki mood yang baik.

12. Menutup mata saat berdiskusi

Ketika beberapa kali seseorang menutup mata seperti berusaha membayangkan sesuatu, orang tersebut sebenarnya sedang berusaha keras berpikir atau mengingat-ingat.

13. Terlalu sering berkedip

Hanya ada satu hal yang bisa terbaca apabila seseorang terlalu sering berkedip dan tanpa ritme, ia sedang berbohong.

14. Bibir sedikit terbuka

Ketika seseorang sedang berbincang dengan bibir sedikit terbuka, maka ia sedang merasa tertarik akan topik pembicaraan atau pada si pembicara.

Sekarang Anda bisa lebih berhati-hati dalam berbincang dengan orang lain. Tetap menjaga kesopanan dan kesantunan dalam berbahasa agar pertemanan terjalin di mana-mana.

15. Bentuk Muka

  • Bulat : Orang yang memilki muka bulat cenderung memiliki kepribadian yang emosional, sensitif, dan juga perhatian. Biasanya, pria yang memiliki muka bulat memiliki fantasi seksual yang sangat kuat dan nyaman dalam menjalami hubungan yang stabil dan jangka panjang.
  • Oval : Bentuk muka oval cenderung lebih praktis, sistematis dan pekerja keras. Kamu yang memiliki bentuk muka oval juga cenderung memiliki fisik yang atletis yang cenderung menciptakan narsisme pribadi yang mampu merusak hubungan.
  • Kotak : Orang dengan bentuk muka kotak cenderung agresif, ambissius, serta dominant. Kamu juga memiliki pemikiran yang tajam, ahli dalam melakukan analisis, dan kritis.
  • Segitiga : Bentuk muka seperti ini biasanya dimiliki oleh tubuh yang kurus dan memiliki kemampuan persuasi. Bentuk muka ini juga biasa dimiliki oleh orang Tionghoa yang memiliki pribadi yang kreatif dan sensitive tetapi juga temperamental.

16. Dahi

Dahi yang lebar menandakan suatu kecerdasan dan kepraktisan serta pribadi yang idealis namun tidak pernah mati kreativitas. Jika kamu memiliki dahi yang rata, ini mengindikasikan seseorang yang pragmatis, logis, dan yang selalu mengandalkan fakta dan data. Jika kamu memiliki dahi yang sangat lebar ini menandakan bahwa kau seorang pemimpi dan merupakan seseorang yang membutuhkan sebuah rencana aksi strategis untuk memenuhi ambisinya yang cukup besar.

17. Mata

Bagaimana cara mendeteksi seseorang itu berbohong? Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Richard Bandler dalam Neuro Linguistic Programming yang menjelaskan bahwa tatapan seseorang saat berbicara bisa mengindikasikan apa yang dipikirkannya. Jika seseorang bertanya dan mereka menengok ke kanan, ini menandakan mereka sedang berpikir dan menggunakan otak kreatifnya dengan mengumpulkan segala aspek visual yang ada. Hal ini mengindikasikan bahwa mereka berbohong. Jika mereka menengok ke sebelah kiri, ini mengindikasikan mereka menggunakakn memori yang ada di otak dan kemungkinan besar akan mengatakan kebenaran.

Bentuk mata juga sangat berpengaruh. Jika kamu memiliki mata besar cenderung akan lebih toleran dan berpikiran terbuka. Sementara yang memiliki mata sipit mengindikasikan orang tersebut berpikiran sempit.

18. Hidung

Hidung yang ideal berbentuk mancung, lurus, dan penuh. Hidung yang mengembang mengindikasikan personal yang hangat dan memiliki empati yang besar dengan sekelilingnya. Tipe ini juga biasanya memberikan standar yang cukup tinggi dalam hidupnya dan memiliki perilaku yang baik. Untuk ukuran hidung yang besar cenderung suka melakukan kekerasan. Semakin besar hidung yang dimiliki orang tersebut, kecenderungan untuk melakukan tindakan kekerasan pun semakin tinggi. Jika Anda memiliki hidung pesek , ini menunjukkan Anda sebagai pribadi yang independent dan tahan banting, meski terkadang terjadi naik turun dalam hubungan percintaan maupun dengan hubungan pertemanan dengan orang lain.

19. Mulut

Mulut terkait dengan komunikasi dan sensualitas yang bisa dilihat dari bentuk bibir. Jika bibir atas tipis dan bagian bibir bawah tebal, hal ini mengindikasikans seseorang yang tidak bisa melakukan hubungan timbal balik dalam suatu hubungan. Jika sebaliknya, bentuk mulut tersebut justru mengindikasikan seseorang yang terlalu berbelas kasih. Jika memiliki bibir tebal di bagian atas dan bawah, menunjukkan sifat yang penyayang dan sensitive. Sementara yang bermulut kecil mengindikasikan sifat yang kejam dan egois.

20. Kerutan

Kerutan di seputar mata menunjukkan garis kebahagiaan. Hal ini menunjukkan adanya tanda keterbukaan hati kepada semua orang. Garis vertical yang ada diantar mata menunjukkan sosok yang logis, pekerja keras, dan juga kritis. Kerutan di seputar hidung hingga menuju mulut merupakan garis tujuan hidup. Orang yang memiliki garis kerutan ini memiliki arah hidup yang tepat.

Segala bagian dari wajah kita memang bisa memancarkan kepribadian tertentu karena semuanya bergerak menunjukkan ekspresi tertentu pula. Dan tentu semuanya memiliki makna yang berlainan, namun Anda boleh mempercayai juga boleh tidak mempercayai interpretasi ini karena interpretasi hanya bisa dinilai oleh tiap individu dan interpretasi sifat seseorang juga tidak bisa hanya dilihat dari mimik muka, melainkan gesture tubuh dan kesehariannya.

Penting juga Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang Dari Gaya Bahasanya

Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel ini, kita sudah dapat menilai kepribadian seseoran dari ekspresi wajahnya. Menilai seseorang tergantung dari kenyakinan dan kepercayaan kita sebenarnya. Kalau kenyakinan kita kuat dan kepercayaan kita kuat. Maka feeling kita akan tepat pada sasarannya.

20 Cara Menilai Kepribadian Seseorang Dari Raut Wajahnya | admin | 4.5