Dampak Dan Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Dampak Dan Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu - Sangat dianjurkan bagi kita semua untuk memperhatikan makanan yang kita makan karena makanan yang sering kita makan bisa juga menimbulkan usus buntu. Usus buntu terdapat di dalam perut berupa bagian kecil yang melekat pada usus besar. Ketika usus buntu mengalami peradangan atau terjadi infeksi maka usus buntu harus segera diangkat untuk menghindari terjadinya pecah yang bisa menimbulkan infeksi pada perut secara keseluruhan. 
Dampak Dan Efek Setelah Operasi Usus Buntu
Dampak Dan Efek Setelah Operasi Usus Buntu

Efek setelah operasi usus buntu bisa beragam. Tergantung pada usia penderita, kondisi kesehatan atau prosedur yang dipakai ketika operasi.

Resiko Pembedahan Usus Buntu

Dampak Dan Efek Setelah Operasi Usus Buntu
Dampak Dan Efek Setelah Operasi Usus Buntu
Semua proses pembedahan pasti memiliki resiko, begitu juga dengan operasi usus buntu. Berdasarkan keterangan American College of Surgeons, beberapa risiko akibat proses pembedahan yaitu diantaranya hernia, pneumonia, pembekuan darah, serangan jantung, pendarahan yang berlebihan. Namun banyak juga orang yang setelah perasi usus buntu mempertanyakan “apakah setelah operasi usus buntu kambuh lagi?” jawabannya adalah “ya” namun hal itu jika Anda melanggar pantangan makanan yang memang sangat dilarang oleh penderita usus buntu. agar pemulihan lebih cepat, Anda harus melakukan perawatan yang dianjurkan oleh Dokter. Selain itu Anda juga akan merasakan dampak pasca operasi usus buntu. Apa saja itu? berikut ulasannya.

Efek Setelah Operasi Usus Buntu

Dampak Dan Efek Setelah Operasi Usus Buntu
Dampak Dan Efek Setelah Operasi Usus Buntu

1. Rasa lelah


Efek samping setelah operasi biasanya Anda akan merasa kelelahan. Rasa lelah yang berlebihan ini juga bisa disebabkan karena penggunaan obat untuk mengatasi nyeri. Oleh karenanya, pasien yang baru saja melakukan operasi usus buntu harus istirahat total. Jangan lakukan aktifitas yang berat pada satu minggu pertama atau hingga empat minggu bila kesehatan belum membaik. Konsultasikan juga dengan dokter agar tahu bagaimana cara istirahat yang baik dan kapan boleh beraktifitas.

2. Rasa nyeri


Pada dasarnya, rasa nyeri umum terjadi setelah melakukan pembedahan. Namun masing-masing orang memiliki tingkat rasa nyeri yang berbeda-beda tergantung kondisi kesehatan tubuh. Ahli bedah harus mengontrol dan merawat rasa nyeri yang dialami oleh pasien. Ketika usus buntu laparoskopi dilakukan, akan ada gas yang di dorong ke perut sehingga terjadi rasa nyeri pada sekitar bahu.

3. Masalah pada usus


Hampir 38 persen pasien yang pernah melakukan operasi usus buntu akan mengalami masalah pada usus. Gejala yang muncul diantaranya perut buncit, dan tidak mampu membuang gas. Akibat setelah usus buntu juga akan sering mengalami sembelit.

4. Infeksi saluran kemih


Masalah ini juga sering terjadi pada orang yang telah menjalani operasi usus buntu. Ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal dan muncul seperti rasa terbakar ketika sedang buang air kecil, dan terasa demam.

5. Luka infeksi


Ketika terjadi pecah pada usus buntu, kemungkinan besar terjadi luka infeksi. Gejala yang timbul berupa perdarahan, bengkak, demam, bau busuk pada sayatan, dan kemerahan. Sebaiknya jika terjadi seperti ini konsultasikan ini pada dokter bedah.

6. Radang selaput perut


Peritonitis adalah berupa infeksi berbahaya yang terjadi di dalam rongga perut. Kondisi ini dapat terjadi jika usus buntu pecah dan terjadi kebocoran di dalam perut. Kejadian ini paling sering dialami oleh anak-anak, dan wanita yang sedang hamil. Infeksi ini dapat mengancam jiwa dan harus segera diobati dengan antibiotika untuk menghindari infeksi terus berlanjut. Jadi sebisa mungkin, jangan sampai terjadi pecah ketika usus buntu dioperasi.

Efek setelah operasi usus buntu yang berbahaya ini tidak akan terjadi jika prosedur operasi yang dijalani dengan benar. Jika prosedur dan perawatan setelah operasi dilakukan dengan profesional dan benar, maka Anda hanya akan mengalami keluhan wajar seperti infeksi ringan dan gatal-gatal.

Itulah postingan kami tentang Dampak Dan Efek Setelah Operasi Usus Buntu semoga bermanfaat Baca juga Bagaimana Cara Membedakan Usus Buntu, Sakit Maag dan Sakit Perut Biasa.

0 Response to "Dampak Dan Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu"

Post a Comment