Serangan Virus WannaCry Menyerang 99 Negara Termasuk Indonesia

Serangan Virus WannaCry Menyerang 99 Negara Termasuk Indonesia - Serangan virus Ransomware jenis WannaCry tengah ramai diperbincangkan di berbagai sosial media dan di stasiun-stasiun Televisi. Virus ini telah menyerang jaringan komputer di berbagai perusahaan dan instansi pemerintahan di berbagai negara termasuk Indonesia.
Serangan Virus WannaCry Menyerang 99 Negara Termasuk Indonesia
Serangan Virus WannaCry Menyerang 99 Negara Termasuk Indonesia 


Maka dari itu, kami akan membagikan informasi dan artikel yang kami rangkumg dari berbagai macam sumber bacaan yang bermanfaat. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak artikel di bawah ini :

Serangan Virus WannaCry Menyerang 99 Negara Termasuk Indonesia :


Virus WannaCry ini biasa disebut juga Wanna Decryptor adalah program ransomware spesifik yang mengunci semua data pada sistem komputer dan membiarkan korban hanya memiliki dua file: instruksi tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya dan program Wanna Decryptor itu sendiri.

Saat program itu dibuka, komputer akan memberitahukan kepada korban bahwa file mereka telah di-encrypt, dan memberikan mereka tenggat waktu untuk membayar, dengan memperingatkan bahwa file mereka akan dihapus.

Pelaku serangan menuntut pembayaran Bitcoin, memberikan petunjuk bagaimana cara membelinya, dan memberikan alamat Bitcoin untuk dikirim.

Cara agar terhindar dari Serangan Virus WannaCry :


Pertama, matikan WiFi atau cabut koneksi kabel LAN di kantor. Pasalnya WannaCry ini tersebar tak seperti ransomware lain yang butuh interaksi dengan pengguna lewat phising e-mail.
Ketika satu komputer terjangkit, maka semua komputer dalam satu jaringan LAN dan server kemungkinan besar terinfeksi pula.

Kedua, backup data lewat sistem operasi non-Windows. Menurut Adi Jaelani dari ID-SIRTII, sebaiknya backup dilakukan melalui sistem operasi Linux atau Ubuntu.

Mekanismenya, unduh Ubuntu atau Linux dari perangkat lain lalu masukkan ke hard disk atau flash disk. Kemduian sambungkan hard disk atau flash disk tersebut ke komputer Windows dan pilih untuk beralih sementara saat menghidupkan komputer.

"Dalam keadaan memakai sistem operasi Linux, backup semua data penting ke flash disk atau hard disk lain," Adi menjelaskan.

Setelah proses itu berakhir, kembali lagi ke sistem operasi Windows dan lakukan langkah ketiga, yakni matikan SMB service dan blok port/protocol. Caranya, masuk ke Control Panel - Advance Setting - Protocol and port, lalu ketikkan '139.445.139' untuk memblokir alamat IP tersebut.

"Sebaiknya namai pemblokiran itu sebagai 'ransomware' supaya kalau sudah ada antivirus bisa langsung dihapus blokirnya," Adi menganjurkan.

Setelah diblokir alamat IP-nya, ransomware WannaCry akan kehilangan fungsi lengkapnya. Segera setelah ada solusi tepat untuk WannaCry, pemblokiran alamat IP bisa dihapus untuk mengembalikan fungsi seperti semula.

Setelah melakukan langkah pertama hingga ketiga, komputer Anda bisa dibilang 90 persen aman. Untuk menambah keamanan, bisa melakukan tahap keempat yaitu menginstal patch MS17-010 yang telah dikeluarkan Microsoft sekitar dua bulan lalu melalui tautan ini.

Langkah terakhir untuk bantuan penanganan yang lebih komprehensif, bisa menghubungi ID-SIRTI di 021-31925551 dan 021-31935556 (nomor kantor), serta 08567235183 (Aries, Ditjen Aptika) dan 08119936071 (Didien, ID-SIRTII).

"Hubungi nomor-nomor itu pada jam kerja atau di luar jam kerja. Ini top issue bagi pemerintah dan kami semua berupaya menanggulangi," kata Rudiantara.

Cara Lain Melindungi Diri dari Serangan Ransomware :


Perlindungan terbaik terhadap serangan ransomware adalah dengan mem-backup semua file ke dalam sistem yang benar-benar terpisah. Jadi, apabila kamu terkena serangan, tidak akan kehilangan informasi apapun dan file kamu yang dicuri [hacker](2948176/5 "") tetap aman karena ada cadangannya.

Memang sulit untuk mengetahui kapan hacker akan meluncurkan serangan ransomware, tapi sikap kehati-hatian kamu bisa sangat membantu.

Cara yang paling umum untuk menginstal virus adalah melalui email dan situs web yang disusupi. Sebagai contoh, hacker akan mengirim email phishing yang meminta korban untuk membuka tautan. Tapi sebenarnya, tautan itu adalah link menuju situs berbahaya yang diam-diam men-download virus ke komputer korban.

Cara terbaik untuk melindungi diri dari serangan ini adalah jangan mudah percaya terhadap email mencurigakan. Kunci pertahanan lainnya adalah dengan memasang program antivirus di komputer yang bisa memindai file sebelum diunduh, memblokir instalasi rahasia, dan mendeteksi malware yang mungkin sudah ada di komputer.

Dalam melakukan serangam, hacker perlu mengunduh perangkat lunak berbahaya ke komputer, telepon atau perangkat lain yang terhubung ke internet.

Demikianlah informasi dan artikel yang kami bagikan pada kesempata kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, kita sebagai pengguna alat teknologi canggih khususnya yang bekerja di dunia maya. Lebih berhati-hati lagi dan kalau bisa leih memperhatikan keamanan laptop atau komputer yang sedang anda pakai. Karena tidak kemungkinan Indonesia aman dari Serangan Virus WannaCry. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Serangan Virus WannaCry Menyerang 99 Negara Termasuk Indonesia "

Post a Comment