Pengertian Bulan Suci Ramadhan Dan Keutamaannya

Pengertian Bulan Suci Ramadhan Dan Keutamaannya - Alhamdulillah pada kesempatan yang penuh dengan berkah ini, kami akan membagikan kepada anda informasi dan artikel yang sangat berguna buat anda yang sedang menjalani ibadah di bulan suci ramadhan ini. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak artikel di bawah ini :
Pengertian Bulan Suci Ramadhan Dan Keutamaannya
Pengertian Bulan Suci Ramadhan Dan Keutamaannya


Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana Kitab Suci Al Qur’an diturnkan pada tanggal 17 Ramadhan dan terdapat Lailatul Qadar yang mempunyai artian satu malam yang sangat indah dan teristimewa sekali yang terjadi di bulan Ramadhan dan hanya dialami oleh orang-orang tertentu yang ahli ibadah. 

Bulan Ramadhan juga dapat di artikan sebagai bulan yang penuh ampunan dan bulan untuk berpuasa menahan segala yang membatalkan puasa seperti menahan makan dan minum, tidak menuruti hawa nafsu dan menjaga perbuatan yang tidak baik selama berpuasa.

Keutamaan Bulan Suci Ramadhan :


  • Bulan Ramadhan Adalah Bulan Penuh Berkah, Rahmat, dan Mustajadnya Doa 
  • Bulan Ramadhan Adalah Salah Satu sebab Masuk Surga 
  • Bulan Ramadhan Adalah Bulan Ibadah Amal Kebaikan
  •  Pintu Surga Dibuka dan Pintu Neraka Ditutup  
  • Disyariatkan I'tikaf Di Bulan Ramadhan 
  • Bulan Di Turunkannya Al-Qur'an  
  • Terdapat Malam Lailatul Qadar 
  • Amal Sholeh Dilipat Gandakan 
  • Terdapat Malam Lailatul Qadar 
  • Bulan Pengampun Dosa 


Adapun dasar dan dalilnya dalam Al-Quran tentang Keutamaan Bulan Suci Ramadhan adalah sebagai berikut :

شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان فمن شهد منكم الشهر فليصمه ومن كان مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر ولتكملوا العدة ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم تشكرون

Artinya : (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Menurut Sabda Nabi Muhammad Saw tentang Keutamaan Bulan Ramadhan adalah ”  Apabila Bulan Ramadhan tiba, maka pintu syurga akan dibuka, pintu neraka akan ditutup dan setan pun dibelenggu (HR. Muslim)”. dan ” Sesungguhnya Allah akan membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di Bulan Ramadhan dan setiap muslim apabila dia meminta atau memanjatkan doa maka pasti akan dikabulkan (HR. Al Bazaar)”.


Dari penjelasan artikel di atas, dapat disimpulkan bahwa Bulan Suci Ramadhan adalah bulan dimana kita semua diberikan kesempatan oleh Allah Swt memperbanyak amal kebajikan untuk bekal kita kelak di akhirat nanti, Insya Allah. 

Demikianlah informasi dan artikel yang kami bagikan dari berbagai macam sumber bacaan. Semoga bermanfaat dan artikel di atas, dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda mengenai  Pengertian Bulan Suci Ramadhan Dan Keutamaannya. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Pengertian Bulan Suci Ramadhan Dan Keutamaannya"

Posting Komentar