Istighfar Penghapus Dosa Besar

Kumpulan Doa Penghapus Dosa - Doa adalah senjata paling mujarrab buat kita semua. Sedangkan dosa adalah perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt tapi kebanyakan di antara manusia, mereka melakukan apa-apa yang sudah menjadi ketetapan Allah Swt yang terkmatub dalam Al-Quran dan Al-Hadist.
Istighfar Penghapus Dosa Besar
Istighfar Penghapus Dosa Besar

Alhamdulillah, pada kesempatan yang sama berkah ini. Kami akan membagikan beberapa Istighfar Penghapus Dosa Besar yang kami rangkum dari bebragai macam sumber bacaan.Untuk lebih afdhalnya, langsung saja anda menyimak artikel berikut ini :

Istighfar Penghapus Dosa Besar :

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Asataghfirullaah Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyal Qayyuma wa Atuubu Ilaihi

Artinya :“Aku mohon ampun dan bertaubat kepada Allah yang tiada tuhan (berhak disembah) kecuali hanya Dia, Dzat Maha hidup kekal dan berdiri sendiri”

Sumber Doa :

Dari Zaid bin Haritsah –maula Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam- berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ قَالَ أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ غُفِرَ لَهُ وَإِنْ كَانَ قَدْ فَرَّ مِنْ الزَّحْفِ

Artinya : “Siapa yang membaca Asataghfirullaah Laa Ilaaha Illaa HuwalHayyal Qayyuma wa Atuubu Ilaihi maka akan diampuni dosanya walaupun ia pernah lari dari medan perang.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidzi, al-Thabrani, Al-Hakim dan Ibnu Abi Syaibah.  Dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani Rahimahullah di Shahih Abi Dawud dan Shahih al-Tirmidzi)


Selanjutnya doa yang biasa dibaca oleh Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah :

رَبِّ اغْفِرْ لِي خَطِيئَتِي وَجَهْلِي وَإِسْرَافِي فِي أَمْرِي كُلِّهِ وَمَا أَنْتَ أَعْلَمُ بِهِ مِنِّي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي خَطَايَايَ وَعَمْدِي وَجَهْلِي وَهَزْلِي وَكُلُّ ذَلِكَ عِنْدِي اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ وَأَنْتَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ


Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu anhu dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bahwa beliau biasa berdoa dengan doa sebagai berikut; “Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kebodohanku, dan perbuatanku yang berlebihan dalam urusanku, serta ampunilah kesalahanku yang Engkau lebih mengetahui daripadaku. Ya Allah, ampunilah kesalahanku, kemalasanku, kesengajaanku, kebodohanku, gelak tawaku yang semua itu ada pada diriku. Ya Allah, ampunilah aku atas dosa yang telah berlalu, dosa yang mendatang, dosa yang aku samarkan dan dosa yang aku perbuat dengan terang-terangan, Engkaulah yang mengajukan dan Engkaulah yang mengakhirkan, serta Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (HR Bukhari – Shahih).


Dari beberapa landasan hadist di atas, itu menunjukkan bahwa kumpulan doa yang kami rangkum dari sumber bacaan sungguh sangat bermanfaat buat kita umat Islam yang khususnya ingin kembali di jalan-Nya Ilahi Rabbi Subahanallah.

Bagikan dan berikan masukan pada kolom pada artikel ini, jika di anngap masih kurang dan kami bersedia menerima masukan kepada para pembaca setia kami. Terima kasih

0 Response to "Istighfar Penghapus Dosa Besar"

Post a Comment