Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah

Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah - Bulan Ramadhan adalah bulan dimana semua pintu taubat Allah Swt buat kepada siapa saja yang ingin kembali di jalan-Nya. Alangkah meruginya seseorang, jika tidak menggunakan waktu di bulan suci ramadhan dengan sebaik-baiknya. Karena bulan ramadhan hanya datang sekali dalam setahun.
Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah
Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah


Alhamdulillah, pada kesempatan yang sama berkah ini, admin berusaha dengan kerja keras hanya untuk memberikan informasi dan artikel yang kami kutip dari sumber bacaan bermanfaat. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja anda menyimka artikel berikut ini :

Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah :


اَللُهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَب وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا شَهْرَ رَمَضَانَ، واَعِنَّا عَلَى الصِّيَامِ وَالْقِيَامِ وَحِفْظِ اللِّسَانِ وَغَضِّ الْبَصَرِ، وَلاَ تَجْعَلْ حَظَّنَا مِنْهُالْجُوعَ  وَالْعَطَش


Artinya : Ya Allah, berkahi kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan. Bantulah kami untuk melaksanakan puasa, melakukan shalat malam, menjaga lisan dan memelihara pandangan; dan jangan jadikan puasa kami hanya sekedar lapar dan dahaga. (Kitab Mafatihul Jinan)

Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan satu riwayat yang menunjukkan semangat mereka dalam menyambut ramadhan. Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu’alla bin Al-Fadhl – ulama tabi’ tabiin – yang mengatakan,

كانوا يدعون الله تعالى ستة أشهر أن يبلغهم رمضان يدعونه ستة أشهر أن يتقبل منهم


Artinya : “Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Satu harapan yang luar biasa. Karena mereka menilai, Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Sehingga mereka tidak akan menjadikannya kesempatan yang sia-sia.

Kemudian Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan salah satu contoh doa yang mereka lantunkan. Diriwayatkan dari Yahya bin Abi Katsir – seorang ulama tabi’in –, bahwa beliau mengatakan,

Diantara doa sebagian sahabat ketika datang Ramadhan,


اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً


Artinya : “Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.” (Lathaif Al-Ma’arif, hlm. 264)

Kedua, ada satu doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika masuk ramadhan. Doa itu adalah doa melihat hilal. Akan tetapi sejatinya doa ini adalah doa umum, berlaku untuk semua awal bulan, ketika seseorang melihat hilal dan tidak khusus untuk bulan ramadhan.

Inilah Doanya :


اللَّهُ أَكْبَرُ، اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْأَمْنِ وَالْإِيمَانِ، وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ، وَالتَّوْفِيقِ لِمَا نُحِبُّ وَتَرْضَى، رَبُّنَا وَرَبُّكَ اللَّهُ


Allahu akbar, ya Allah jadikanlah hilal itu bagi kami dengan membawa keamanan dan keimanan, keselamatan dan islam, dan membawa taufiq yang membimbing kami menuju apa yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Tuhan kami dan Tuhan kamu (wahai bulan), adalah Allah.” (HR. Ahmad 888, Ad-Darimi dalam Sunannya no. 1729, dan dinilai shahih oleh Syua’ib Al-Arnauth dalam Ta’liq Musnad Ahmad, 3/171).

Keterangan Tambahan :


Doa ini hanya dibaca ketika seseorang melihat hilal di awal bulan. Karena itu, bagi yang tidak melihat hilal, tidak disyariatkan membaca doa ini ketika masuk awal bulan. Sebagaimana keterangan Dr. Sa’id Al-Qahthani dalam syarh Hisnul Muslim, hlm. 262.

Doa malaikat jibril menjelang bulan ramadhan :

Ya Allah tolong abaikan puasa ummat muhammad, apabila sebelum memasuki bulan ramadhan dia tidak melakukan hal-hal yang berikut :

  • Tidak memohon maaf terlebih dahulu kepada kedua orang tuanya (jika masih ada); 
  • Tidak berma'afan terlebih dahulu antara suami isteri; 
  • Tidak bermaafan terlebih dahulu dengan orang-orang sekitarnya. Maka rasulullah pun mengatakan amiin sebanyak 3 kali.

Demikianlah informasi dan penjelasan artikel yang kami bagikan pda kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan artikel di atas, bisa menjadi salah satu bahan untuk mempersiapkan bulan suci ramadhan ini. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Doa Menyambut Ramadhan Sesuai Sunnah"

Posting Komentar