Doa Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan

Doa Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan - Bulan Suci Ramadhan adalah bulan di mana semua umat muslim sangat menyambutnya dengan mulia, bahkan mereka sangat berbahagia ketika datangnya bulan suci ramdahan. Karena bulan ramadhan adalah bulan bonus buat umat Islam karena pahala berkahnya tak terhitung.
Doa Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan
Doa Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan


Alhamdulillah pada kesempatan yang penuh dengan berkah ini, admin akan memberikan informasi dan artikel yang ada hubungannya dengan Bulan Suci Ramadhan. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja anda menyimak artikel di bawah ini :

Doa Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan :


اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ


Allaahumma Ahillahu 'Alainaa Bilyumni Waliimaani Wassalaamati Walislaami, Rabbii Wa Rabbukallaah


Artinya : “Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (wahai bulan) adalah Allah.”

Atau Membaca juga :

اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ ، رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ



Allaahu Akbar, Allaahumma Ahillahu 'Alainaa Bil-amni Wal-iimaani Was-salaamati Wal-islaami, Rabbii Wa Rabbukallaah

Artinya : “Allahu Akbar, Ya Allah perjalankanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, kesematan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (hai bulan) adalah Allah.”

Sumber Hadits :



Dari Thalhah bin Ubaidillah Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam apabila melihat hilal beliau berucap :

اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّي وَرَبُّكَ اللَّهُ


Artinya : "Ya Allah, perjalankanlah bulan ini kepada kami dengan penuh kebajikan, iman, selamat dan Islam. Rabb-ku dan Robb-mu (bulan) adalah Allah." (HR. al-Tirmidzi, beliau berkata: ini adalah hadits hasan gharib. Syaikh Al-Albani berkata: Shahih)

Dalam sebagian riwayat lain, Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam membaca :


اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالأَمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ ، رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ



Artinya : "Allahu Akbar, Ya Allah perjalankanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keamanan dan keimanan, kesematan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (hai bulan) adalah Allah." (HR. Al-Tirmidzi: 9/142 dari hadits Thalhah bin Ubaidillah Radhiyallahu 'Anhu dengan yang serupa. 

Dikutip dari sumber berikut :

  • Lihat juga Musnad Imam Ahmad: 1/162 dari hadits Bilal bin Yahya bin Thalhah bin Ubaidillah, dari ayahnya, dari kakeknya.
  • Lihat juga Musnad al-Daarimi: 2/7, dari hadits Ibnu Umar Radhiyallahu 'Anhu. Lihat pula Kitab al-Sunnah milik Abi 'Ashim: 1/165 dari hadits Bilal bin Yahya bin Thalhah bin Ubaidillah, dari ayahnya, dari kakeknya.
  • Lihat pula Mu'jam al-Thabrani al-Kabir: 12/357 dari hadits Ibnu Umar. Lihat pula al-Mustadrak milik Al-Hakim: 4/285 dari hadits Bilal bin Yahya.
  • Lihat juga Majma' al-Zawaid wa Mamba' al-Fawaid: 10/139. Lihat Tuhfah al-Dzakirin, hal. 176 dan 177. Lihat Faidh al-Qadiir: 5/136 dan 137, dan Shahih al-Waabil al-Shayyib, hal. 220)

Subhanallah (Maha Suci Engkau Ya Allah. Semoga dengan adanya artikel di atas, kita semua lebih mempersiapkan diri kita dengan kedatangan Bulan Suci Ramadhan ini, tinggal hitungan hari lagi. Semoga kita semua termasuk orang yang berungtung dan memiliki kesempatan menghidupkan berbagai macam amalan-amalan di bulan suci ramadhan ini. Aamiin

0 Response to "Doa Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan"

Post a Comment