Bagaimana Hukum Makan Gaji PNS Yang Suka Bermalas-Malasan

Bagaimana Hukum Makan Gaji PNS Yang Suka Bermalas-Malasan -Dalam agama Islam tidak membolehkan seseorang dipekerjakan tidak sesuai dengan gaji atau upahnya. Jika berbicara masalah PNS lain juga pembahasannya karena sudah ditentukan berapa gaji yang mereka terima bahkan mendapatkan berbagai macam tunjangan atau bonus.
Bagaimana Hukum Makan Gaji PNS Yang Suka Bermalas-Malasan

Bagaimana Hukum Makan Gaji PNS Yang Suka Bermalas-Malasan



Maka dari itu, Bukucatatan.net akan memberikan beberapa penjelasan dan gambaran tentang Bagaimana Hukum Makan Gaji PNS Yang Suka Bermalas-Malasan. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :

Baca juga :  

Menurut As Syaikh Abdul Aziz bin Baz Rahimahullah berkata : Adapun para pegawai yang tidak melaksanakan pekerjaan dengan amanah atau tidak saling menasihati untuk kebaikan pekerjaan mereka, maka kalian telah mendengar bahwasannya diantara ciri dan sifat iman itu adalah ; melaksanakan amanah, dan memelihara amanah sebagaimana firman Allah Ta’ala :

( إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا ) النساء/ 58

Artinya : (Sesungguhnya Allah memerintahkan kalian agar melaksanakan amanah kepada yang  berhak mendapatkannya ) An Nisaa’/58.

Maka amanah merupakan sifat dan ciri keimanan yang paling agung dan utama, dan khianat merupakan sifat nifak yang paling utama, sebagaimana firman Allah Subhanahu wa Ta’ala yang memberikan sifat bagi orang-orang yang beriman dalam surat Al Mukminun/ 8 :

وَالَّذِينَ هُمْ لِأَمَانَاتِهِمْ وَعَهْدِهِمْ رَاعُونَ ) المؤمنون/ 8  )

Artinya : (Dan orang-orang yang memelihara amanah-amanah yang dipikulnya dan janjinya ) Al Mukminun/8.

Dan Allah juga berfirman :

( يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَخُونُوا اللَّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُوا أَمَانَاتِكُمْ وَأَنْتُمْ تَعْلَمُونَ )

Artinya : (Wahai orang-orang yang beriman janganlah kalian menghianati Allah dan Utusan-Nya, dan jangan pula kalian menghianati amanah-amanah yang dibebankan kepada kalian sedang kalian mengetahui) Al Anfal/27.

Maka yang wajib dilakukan oleh seorang pegawai adalah hendaknya dia melaksanakan amanah yang dibebankan kepadanya dengan penuh kejujuran, ikhlash, memperhatikan waktu mulai kerja dan jam pulang kerja, senantiasa memohon pertolongan kepada Allah untuk kelancaran pekerjaannya, sehingga terbebas dari beban tanggungan pekerjaannya, mendapatkan kebaikan dalam penghasilannya, dan diridloi oleh Tuhannya.

Dengan demikian dia ikut andil dalam kebaikan negaranya, perusahaan di mana dia bekerja atau di manapun instansi dia bekerja akan mendapatkan sifat positif yang dia tonjolkan, hal seperti inilah yang patut dilaksanakan oleh para pegawai ; senantiasa bertaqwa kepada Allah, melaksanakan amanah dengan tujuan profesional dalam pekerjaannya, mengharap pahala dari Allah dan takut akan segala siksanya dan beraktifitas sesuai dengan firman Allah:

 ( إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا )

Atinya : (Sesungguhnhya Allah memerintahkan kalian agar melaksanakan amanah kepada yang  berhak mendapatkannya ) An Nisaa’/58.

Dan diantara ciri-ciri orang-orang Munafik adalah : khianat terhadap amanah yang dibebankan kepadanya sebagaimana sabda Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam :

 آية المنافق ثلاث : إذا حدَّث كذب ، وإذا وعد أخلف ، وإذا اؤتمن خان ) متفق عليه )

Artinya : (Tanda-tanda orang munafik itu ada tiga : Apabila dia berkata dia dusta, apabila dia membuat janji dia mengingkarinya, dan apabila dia dipercaya dia berkhianat ) HR. Bukhari dan Muslim.

Dari beberapa ayat dan hadist di atas, sudah jelas bahwa PNS yang suka bermalas-malasan haram baginya untuk mengambil gaji yang mereka terima. Karena tidak sesuai dengan apa yang mereka kerjakan, apalagi sekarang pemerintah sudah memberikan beberapa gaji dan tunjangan yang pantastis bagi para PNS. Jadi, tidak ada lagi alasan buat anda yang berstatus PNS untuk bermalas-malasan.


Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan yang sama berkah ini. Semoga bemanfaat dan dengan adanya artikel di atas, bagi anda yang PNS berhati-hatilah dalam mengembang tugas yang sudah diberikan kepada anda. Bisa jadi anda mencari uang halal tapi uang haram yang anda kasih makan kepada keluarga dan anak-anak anda karena akibat dari bermalas-malasan. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Bagaimana Hukum Makan Gaji PNS Yang Suka Bermalas-Malasan"

Post a Comment