Penyebab Utama Seseorang Putus Asa Dalam Hidupnya

Penyebab Utama Seseorang Putus Asa Dalam Hidupnya - Putus asa adalah salah satu sifat yang sangat dibenci oleh Allah Swt. Tapi terkadang bahkan hampir kita sebagai umat manusia selalu mengalami permasalahan har seperti ini, karena sesuatu hal yang sangat berat untuk kita hadapi.
Penyebab Utama Seseorang Putus Asa Dalam Hidupnya

Penyebab Utama Seseorang Putus Asa Dalam Hidupnya


Maka dari itu, Bukucatatan.net akan membagikan artikel yang sangat erat hubungannya dengan Penyebab Utama Seseorang Putus Asa Dalam Hidupnya. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja anda menyimak artikel di bawah ini :

Sebelum kami membagikan artikel tesebut, alangkah baiknya jika anda membaca pesan singkat yang akan membuat hidup anda tidak akan pernah putus asa :

➤ Pikirkan dengan sebaik-baiknya, kita hidup di dunia ini, hanyalah sekali saja dan bukan dua kali. Jadi ini mengibaratkan bahwa tidak ada gunanya kita sama sekali meratapi nasib dan berputus asa dalam hidup ini. Karena kesempatan untuk hidup bukan untuk selama-lamanya. Jadi lakukanlah yang terbaik dalam hidup anda masing-masing.

➤ Mulai dari sekaang, buanglah jauh-jauh rasa putus asa dalam hidup anda selama ini. Karena itu hanya akan menghancurkan dan membuat hidup anda semakin terpuruk saja.

Penyebab Utama Seseorang Putus Asa Dalam Hidupnya :


1. Iman dan takwa yang rapuh


Iman yang ada dalam hati kita bisa naik bisa turun. Disaat iman turun bisa menyebabkan kita putus asa. maka dari itu menjadi kewajiban kita untuk meningkatkan keimanan kita, minimal mempertahankan iman kita. dengan cara menambah ketaatan kita pada Allah dan menjauhi yang haram. dengan iman yang kuat insyaAllah hati kita akan tegar dalam menghadapi berbagi kesulitan.

2. Kurang mensyukuri apa yang selama ini anda punya


Sebetulnya manusia itu punya keistimewaan. namun manusia seringkali tidak melihat itu dalam dirinya. yang dilihat hanyalah kekurangan semata. padahal kalau mau mengaca dan mau melihat lebih dekat keadaan sekelilingnya, sebetulnya kita lihat masih banyak orang yang kondisinya di bawah kita. bila kita mampu melihat ke bawah insyaAllah kita akan menemukan banyak hal yang lebih dalam diri kita. dengan demikian kita tidak mudah putus ada bila dihadapkan pada kesulitan.


3. Keadaan lingkungan yang tidak mendukung/tidak sehat


ini banyak menjadi penyebab orang menjadi patah arang, walaupun sebetulnya kita tidak bijak kalau menyalahkan lingkungan. bagaimanapun kita harus menyadari bahwa lingkungan itu tetap ada entah kita salahkan atau tidak. yang hanya kita lakukan hanyalah berusaha, berusaha mengubah lingkungan agar sesuai dan sejalan dengan keinginan dan cita-cita kita. kalaupun lingkungan tidak berpihak, maka kita bisa pindah ke lingkungan yang baru atau hijrah.


4. Pendidikan masa kecil yang terlalu dimanja


Anak yang terlalu dimanja saat kecil dan remaja bisa membuat anak rapuh dan tidak kuat bila suatu saat menghadapi sedikit rintangan dalam hidupnya. ia sudah terbiasa hidup enak dan dilayani sehingga kurang punya kreativitas bisa menemui kesulitan. tapi hal ini bisa diubah bisa lingkungan selanjutnya (misal lingkungan kuliah) bisa mendukung dia untuk dewasa dan mandiri.

5. Trauma dengan masa lalu


Semua manusia punya masa lalu dan seringkali masa lalu itu adalah hal yang pahit dan sulit dilupakan dalam hati. ada manusia yang bisa memaafkan masa lalu, tapi ada yang sulit untuk memaafkan dan selalu saja membekas dalam hatinya. seolah luka itu sulit untuk sembuh. nah, trauma atau kegagalan masa lalu ini bisa menjadi penyebab seseorang untuk putus asa. namun hal ini bisa diatasi dengan selalu menanamkan pikiran positif dalam dirinya. juga selalu menanamkan iman dalam hati, sehingga bisa menatap masa depan dengan lebih bercahaya.


Demikianlah penjelasan artikel pada kesempatan kali ini yang berhubungan dengan Penyebab Utama Seseorang Putus Asa Dalam Hidupnya.  Semoga bemanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda tidak ada perasaan sama sekali untuk putus asa apapun jalan hidup anda saat ini. Karena rahmat dan pertolongan Allah Swt sungguh sangat begitu luas. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Penyebab Utama Seseorang Putus Asa Dalam Hidupnya"

Posting Komentar