Sejarah Singkat Lahirnya Teh Teko

Sejarah Singkat Lahirnya Teh Teko - Pengertian Teko adalah suatu wadah yang digunakan untuk menjerang daun teh atau campuran herbal dengan air yang hampir mendidih. Teh dapat ditempatkan dalam kantung teh celup atau dibiarkan tersebar. Jika dibiarkan tersebar, diperlukan saringan teh untuk menangkap daun-daun teh di dalam poci sewaktu akan menuang. Poci biasanya memiliki tutup di bagian atasnya untuk tempat memasukkan teh dan air, gagang untung memegangnya, serta cerat untuk menyajikan teh tersebut. 
Sejarah Singkat Lahirnya Teh Teko
Sejarah Singkat Lahirnya Teh Teko

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan kepada anda semua informsi dan artikel bermanfaat. Untuk lebih lengkap dan jelasnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :

Tips Memilih Teko Teh yang Asli :

Sebelum Anda menyajikan teh di rumah Anda, sebaiknya Anda membaca tips memilih teko teh yang asli berikut di bawah ini.

1. Material yang Cocok untuk Jenis Teh


Setelah anda mengetahui beberapa macam material yang digunakan untuk teko teh, sekarang waktunya mengetahui material apa saja yang cocok untuk berbagai macam varian teh.

Kaca :

Bagi Anda yang suka minum teh herbal, maka teko teh yang paling tepat untuk menyajikannya adalah teko teh kaca. Mengapa kaca? Kaca memiliki struktur yang sangat solid, sehingga senyawa yang berada pada teh tidak akan terserap ataupun hilang. Hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang dalam masa pengobatan. Anda bisa menikmati secangkir teh yang disajikan pada teko teh kaca saat sore hari, memandang keluar jendela dan melihat bunga-bunga di taman. Dari semua material teko teh, kaca merupakan material yang paling ideal. Teko teh kaca dapat menghidangkan semua jenis teh dengan baik. Selain itu presentasi dari teh kelihatan dengan jelas saat dihidangkan pada teko teh kaca.

Tanah Liat :

Selain kaca, material paling cocok lainnya untuk menyajikan teh adalah tanah liat. Teh yang disajikan dengan menggunakan tanah liat memiki rasa yang lebih kuat dan eksotis. Tidak seperti bahan logam, tanah liat seperti porselen dan keramik merupakan isolator yang sangat baik. Oleh karena itu teko teh dengan bahan tanah liat mampu menahan panas lebih lama daripada teko teh berbahan logam. Salah satu jenis tanah liat yang paling cocok untuk teko teh adalah bone Cina. Tidak heran karena bone Cina merupakan material yang digunakan oleh orang-orang Cina untuk menyajikan teh. Bone Cina mampu menahan panas lebih lama lagi, cocok digunakan untuk lingkungan dengan cuaca rendah.

Terbuat dari Logam :

Bahan lainnya yang sering digunakan untuk teko teh adalah logam. Jenis logam seperti perak berlapis dan perak sterlling terlihat sangat elegan dan mewah. Kesan glamour yang diberikan teko teh berbahan perak memang merupakan satu-satunya keuntungan yang Anda peroleh. Namun dari segi rasa, teko teh berbahan dasar logam menyerap rasa dari teh tersebut, sehingga rasa teh pun tidak terlalu kuat. Selain itu, setelah berbulan-bulan dipakai, teko teh berbahan logam akan mengeluarkan kerak yang dapat menyatu dengan teh saat disajikan. Hal inilah yang membuat teko teh berbahan logam kurang kami rekomendasikan. Namun banyak juga produk teko teh berbahan logam yang memiliki kualitas yang baik, dan terjaga dari zat-zat berbahaya. Presentasinya yang ciamik membuat teko teh berbahan logam cocok untuk acara-acara formal seperti resepsi pernikahan, pesta, seminar dan lain-lain.

2. Material Teko Teh

Sebelum anda membeli teko teh di pasaran, sebaiknya mengetahui material apa saja yang sering digunakan untuk membuat teko teh, berikut beberapa jenis material teko teh.

Tanah liat :

  • Porselen
  • Stoneware
  • Keramik
  • Bone

Logam :

  • Besi tuang
  • Perak berlapis
  • Perak starling
  • Timah

Kaca :

  • Kaca
  • Pyrex

Sejarah Singkat Lahirnya Teko :

Orang yang berasal dari daerah yang berbeda mungkin menggunakan beberapa perlengkapan minum teh yang berbeda untuk menyajikan minuman teh. Teko-teko teh besar lebih digemari di Tiongkok utara, sementara teko-teko seperti itu umumnya dulu dipakai di Tiongkok selatan, khususnya di propinsi Fujian dan Kanton. Tapi saat ini, teko-teko teh yang merepa pakai berukuran kecil, bahkan kadang-kadang sangat kecil, sebesar kepalan tangan saja.

Tak masalah, mau jenis teko apa yang mereka gunakan, tapi kebanyakan warga Tiongkok mungkin lebih menyukai teko teh yang diproduksi di Yixing, terjamin kualitasnya yang paling baik. Dikatakan, bahwa, jika anda menggunakan teko teh Yixing selama beberapa dasawarsa, anda dapat membuat teh yang enak hanya dengan menuangkan air mendidih ke dalam teko tersebut. Ini karena 'zisha' atau tanah liat yang memiliki penyerap khusus sehingga dapat menyerap kandungan cita rasa dari teh tersebut, dan teh akan semakin terasa kelezatannya, setelah bertahun-tahun teko ini digunakan. Jadi, orang-orang sering direkomendasikan untuk menyiapkan satu macam teh saja ke dalam pot itu, karena jika dicampur dengan jenis teh yang lain, maka efeknya akan mempengaruhi rasa teh tadi.

Penyerap alami ini memberikan julukan lainnya terhadap teko teh Yixing : yaitu kemampuannya untuk menahan panas. Dengan keuntungan ini, seorang pemimpin upacara jamuan the dapat menyajikan rasa teh istimewa dari jenis-jenis teh tertentu.

Juga ada beberapa keuntungan lain dengan menggunakan teko ini. Bebas dari elemen yang mengandung racun, yang mana sering ditemukan di beberapa barang lain yang terbuat dari tanah liat, juga memiliki tekstur yang kuat, tingkat penyerapan yang sesuai, serta rendahnya konduktivitas arus panas.

Sejarah teko teh Yixing bisa dilihat pada masa Dinasti Song (960-1279). Yang kemudian lambat laun menjadi terkenal di antara warga Tiongkok, pada masa itu, banyak kaum ningrat dan orang berpendidikan mengumpulkan teko-teko Yixing yang dibuat dengan indah. Dari dahulu hingga sekarang, para pembuat barang dari tembikar ini telah menambahkan kreasi yang lebih artistik untuk lebih memperindah penampilannya, di samping itu, mengembangkan tradisi hasil buatan tangan. Kebanyakan dari teko-teko the saat ini adalah berbentuk kecil, hanya mampu melayani satu orang saja, bagi para pembuat barang tembikar ini percaya, bahwa siapapun dapat menemukan satu buah teko yang sesuai dengannya.


Demikianlah informasi dan artikel yang kami bagikan kepada anda semua. Semoga bermanfaat dan dengana adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda semakin bertambah. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Sejarah Singkat Lahirnya Teh Teko"

Post a Comment