25 Teknologi Terbaru Dan Tercanggih Masa Depan Buatan Manusia

25 Teknologi Terbaru Dan Tercanggih Masa Depan Buatan Manusia - Teknologi terbaru dan tercanggih adalah teknologi yang memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dibandingkan dengan teknologi alat canggih sebelumnya yang sudah ada. Maka dari itu, teknologi terbaru ini harus kita gunakan dengan sebaik-baiknya dan tidak menggunakannya secara berlebihan, karena akan berdampak negatif buat penggunanya nanti.
25 Teknologi Terbaru Dan Tercanggih Masa Depan Buatan Manusia
25 Teknologi Terbaru Dan Tercanggih Masa Depan Buatan Manusia

Pada kesempatan yang sangat berharga ini, Bukucatatan.net akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel bermanfaat yang membahas tentang 25 Teknologi Terbaru Dan Tercanggih Masa Depan Buatan Manusia. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :

1. Mobil Terbang

Mobil terbang menjadi teknologi terbaru dan tercanggih di dunia lainnya yang sudah mulai digunakan oleh manusia. Mungkin awalnya mobil terbang merupaan sebuah imajinasi namun kemudian menjadi nyata dan terus dikembangkan untuk mengurangi kemacetan yang ada di dunia.

2. Digital Technology Platforms

Digital Technology Platforms ibaratnya pondasi bangunan dalam bisnis digital. Setiap organisasi pasti memiliki 5 fokus utama, yakni information systems, customer experience, analytics and intelligence, IoT, dan business ecosystems. Perusahaan harus mengidentifikasi bagaimana platform industri akan berkembang dan merencanakan cara untuk mengembangkan platform mereka guna memenuhi tantangan bisnis digital.

3. Mesh App and Service Architecture

Tim aplikasi harus membuat arsitektur modern yang baru untuk memberikan kinerja aplikasi yang gesit, fleksibel, dan dinamis untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Dalam hal ini, Mesh App and Service Architecture ada untuk menyeimbangkan permintaan dan stabilitas layanan.

4. Conversational System

Di masa depan, Chatbot akan semakin banyak diadopsi. Chatbot sendiri adalah sebuah program komputer yang dirancang untuk menyimulasi sebuah percakapan atau komunikasi yang interaktif kepada pengguna (manusia) melalui bentuk teks, suara, dan visual.

5. Blockchain

Blockchain adalah sebuah buku besar yang dapat diakses oleh publik. Blockchain menunjukkan semua data transaksi yang pernah terjadi di dalam jaringan Bitcoin. Ke depannya Blockchain akan menggabungkan proses yang beragam, mencakup konsep middleware, database, keamanan, analisis/AI, manajemen moneter, dan identitas.

6. Digital Twin

Digital Twin mengacu pada software yang lebih dinamis, baik dari hal fisik maupun sistemnya. Digital Twin akan menggunakan data yang disediakan oleh sensor untuk memahami keadaan, merespon perubahan, meningkatkan operasi, dan menambah nilai. Mereka akan digunakan untuk perencanaan jasa dan memperbaiki peralatan untuk operasi pabrik, dan meningkatkan efisiensi. Mereka akan menggantikan kombinasi sumber daya manusia yang terampil dan perangkat monitoring tradisional.

7. VR dan AR

Sekarang ini, teknologi VR dan AR ibaratnya baru terlahir. Jadi wajar saja, jika pengalaman menggunakan teknologi Virtual Reality maupun Augmented Reality belum maksimal. Gartner memperkirakan bahwa kedua teknologi tersebut akan terus berkembang dan puncaknya tahun 2021 mendatang.

8. Intelligent Things

Intelligent Things umumnya akan diterapkan di perangkat seperti drone, kendaraan mandiri, dan smart appliances. Seperti halnya Intelligent Apps, Intelligent Things juga mengandalkan AI dan Advanced Machine Learning. Berbagai perangkat dan peralatan cerdas bakal terus bermunculan dan semakin populer.

9. Intelligent Apps

Contoh dari Intelligent Apps adalah virtual asisten yang akan membuat hidup kita lebih mudah. Bahkan Gartner memperkirakan bahwa asisten masa depan berpotensi mengubah keadaan kantor dengan kemampuannya membantu mengerjakan tugas sehari-hari. Dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, setiap aplikasi dan layanan akan menggunakan beberapa jenis AI.

10. AI dan Advanced Machine Learning

Machine Learning adalah cabang lanjutan Artificial Intelligent (AI), yang mencakup sistem lebih canggih seperti mampu memahami, mempelajari, memprediksi, beradaptasi, dan berpotensi beroperasi secara mandiri. Machine learning ini diprediksi mampu mengubah perilaku masa depan, yang mengarah pada penciptaan perangkat dan program yang lebih cerdas. Gartner memprediksi AI dan Machine Learning akan lebih banyak digunakan pada robot, kendaraan mandiri, elektronik untuk konsumen, virtual personal assistants, dan smart advisors.

11. iMac Baru

Meskipun iMac telah diperbaharui dengan layar resolusi tinggi dalam beberapa tahun terakhir, tapi telah cukup sejak Apple memperbaharui komputer mereka secara signifikan. Gurman di Bloomberg melaporkan bahwa Apple telah mempertimbangkn untuk menambahkan port USB-C ke lini iMac, dan itu cukup masuk akal karena perusahaan komputer lain juga mengadaptasi standar baru juga. Akan tetapi, belum ada laporan pasti mengenai perilisan iMac yang baru ini.

12. iPhone 8

iPhone selanjutnya akan menjadi penyegaran baru dalam produk Apple. Menurut berbagai laporan dan rumor, iPhone 8 dikatakan akan memiliki desain all-glass, layar organik LED untuk gambar yang lebih baik, tanpa tombol home, ukuran layar baru, dan banyak lagi. Dilaporkan juga bahwa Apple sedang bekerja untuk menambahkan fitur augmented reality built-in, tapi mungkin itu belum juga hadir di ponsel selanjutnya.

13. Laptop Baru dari Google

Google berencana untuk melakukan perombakan secara besar-besaran pada sistem operasi Chrome dan Android supaya dapat bekerja di lebih banyak perangkat. Menurut Android Police, sistem operasi yang akan diusung laptop baru Google adalah Andromeda OS (Android). Laptop tersebut diharapkan akan dirilis pada pertengahan 2017 dan memamerkan visi Google untuk masa depan Chromebooks. Laptop Google tersebut dikatakan merupakan laptop hybrid 2-in-1.

14. Jam Tangan Pintar (Smartwatch) Buatan Google

Google telah menunda pembaharuan besar untuk Android Wear sampai 2017, dan Google diharapkan untuk merilis smartwatchnya sendiri. Smartwatch berbentuk bundar akan menjadi kesempatan Google untuk menyuntikkan ketertarikan bagi banyak orang ke komputer wearable, dimana katergori tersebut sekarang telah didominasi oleh Apple.

15. Mobil Transparan Untuk Melihat Pemandangan

Teknologi mobil masa depan ini adalah mobil yang di rancang untuk melihat pemandangan saat berkendara. Untuk orang yang ingin mempunyai mobil pribadi tapi tidak ingin menyetir sendiri, mungkin ini adalah kendaraan yang tepat. Karena dengan mobil ini pengendara cukup duduk di kursi dan mobil ini akan berjalan senndiri secara otomatis sesuai arah tujuan yang sudah di tentukan. Dengan ruang yang mampu menampung lebih dari 4 penumpang, dan dinding yang di buat transparan yang dapat melihat pemandangan dengan bebas. Para designer ini memperkirakan mobil canggih ini akan keluar di tahun 2040.

16. Transportasi Monorail Manusia

Sebuah monorail manual yang dapat dikendalikan kemanapun kita mau. alat transportasi ini sudah dioperasikan yaitu di sebuah taman hiburan new zealand atau Selandia Baru. monorel pedal ini terdiri dari rel panjang dengan 'pod' individu yang bentuknya tergantung ke bawah, dan monorail ini bisa naik sampai 30 mil per jam.

17. Bepergian lima kali lebih cepat dibandingkan kecepatan suara

Ide untuk menciptakan hypersonic space travel bukanlah suatu hal yang baru. Istilah tersebut telah muncul sekitar tahun 70-an, dimana para ilmuwan menggadang-gadang akan menciptakan alat tersebut dengan kecepatan lima kali lebih cepat dibandingkan kecepatan suara.

Ada beberapa usaha yang berbau komersil yang siap untuk menciptakan alat hypersonic. Salah satunya yaitu German Project yang tengah mengembangkan Hypersonic SpaceLiner yang dapat digunakan untuk alat transportasi dari Eropa ke Amerika dengan waktu tempuh hanya 90 menit dan dikabarkan sistem tersebut akan siap digunakan pada tahun (2030). Ada juga Lockheed Martin yang sedang mengembangkan sistem yang 20 kali lebih cepat dari kecepatan suara, dengan jarak tempuh lebih dari 15.000 mil per jam sehingga nantinya kita dapat melakukan penerbangan dari UK ke Australia hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

19. Breathalyser car

Badan keamanan lalu lintas jalan raya Amerika Serikat telah mengembangkan perangkat yang dapat memonitor tingkat alkohol dengan menghirup atau membaca darah pada ujung jari melalui setir mobil. Lalu apabila kadar alkohol dari si pengemudi terlalu tinggi maka otomatis mobil akan berhenti. Para pengemudi yang menggunakan sistem ini dapat menikmati premi asuransi yang lebih rendah.

20. Self-driving truck

Kita telah terbiasa dengan ide penciptaan mobil yang dapat dikemudiakn tanpa supir, bahkan kita juga telah melihatnya satu contoh mobil yang seperti itu di jalanan, yah meskipun bukan di Indonesia. Mobil tersebut adalah buatan dari perusahaan mesin pencari yaitu Google. Memang mobil tersebut belum digunakan secara masal karena masih dalam tahap uji coba, namun kedepannya Google berharap bisa mematenkannya dan dapat berfungsi dengan sempurna sehingga dapat digunakan oleh semua orang.

Ternyata tidak hanya mobil yang akan tampil tanpa supir, truk juga akan memiliki sistem seperti itu. Kedepannya kita akan dapat melihat banyak truk tanpa supir di jalanan, hal itu terilhami oleh banyaknya perusahaan logistic yang menjamur di seluruh dunia dan membuat dunia ini berputar. Truk-truk tanpa supir tersebut nantinya akan menjadi lebih murah dalam pengoperasiannya dibandingkan mesin yang biasa digunakan pada truk, berjalan dengan lancar dan hemat bahan bakar. Sistem yang dikendalikan oleh komputer akan selalu berjalan karena komputer tidak pernah merasa lelah dan membutuhkan istirahat. Hal tersebut membuat truk tanpa supir dapat bergerak dalam rute jalan yang lebih panjang.

Bahkan truk-truk tersebut juga dapat berjalan beriringan atau konvoy seperti membentuk dari ujung hidung ke ekor untuk memperkecil terjangan angin. Beberapa perusahaan seperti Mercedes dan Peloton telah meneliti kemungkinan tersebut. Jika hal tersebut menjadi kenyataan maka perusahaan kargo dapat meningkatkan armadanya untuk satu malam. Namun sisi buruknya yaitu para supir akan kehilangan pekerjaannya, namun pihak perusahaan telah mengatakan bahwa truk masih membutuhkan penumpang manusia untuk memastikan barang muatan mereka aman.

21. Lahan pertanian mengapung

PBB memprediksi akan ada lebih dari dua juta orang di dunia pada tahun 2050, hal tersebut menuntut kita untuk membuat bahan pangan 70 persen lebih banyak dari sekarang. Pada saat itu, 80 persen penduduk dunia lebih banyak tinggal di kota  sehingga kebanyakan bahan makanan yang ditanam di wilayah urban akan dibawa masuk ke kota. Namun bagaimana nasib para penduduk yang tinggal di daerah pantai atau dekat laut dan orang-orang yang tinggal di daerah danau pedalaman? Tentunya mereka akan kekurangan bahan makanan.

Namun hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan karena arsitek Javier Ponce dari Forward Thinking Architecture menunjukkan kreasinya akan sebuah lahan yang dibangun di atas perairan dengan tiang-tiang tinggi setinggi 24 meter dan menjulang struktur panel surya di atasnya sebagai penyedia energy matahari. Di deretan tengah lahan buatan tersebut akan ditanami sayuran dengan luas area 51.000 meter persegi. Untuk media tanamnya sendiri bukan menggunakan tanah melainkan nutrisi yang berbentuk cair. Nutrisi dan bibit tanaman akan dijatuhkan ke bawah lapisan untuk memberi makan ikan yang akan dibudidayakan dalam ruang tertutup. Hal tersebut menciptakan dua fungsi yaitu sebagai lahan pertanian sayuran dan peternakan ikan.

22. Jetpack

Jetpack adalah pakaian yang dapat membuat manusia terbang menggunakan kekuatan gas yang dipasang pada bagian belakang. Manusia dengan mudah bisa terbang seperti burung dengan menggunakan jetpack ini, namun penggunaannya masih terbatas karena manusia belum terbiasa dengan situasi udara sehingga perlu beradaptasi lebih lama.

23. Virtual Googles

Kacamata virtual googles akan memberikan kesan hidup terlihat seperti sebuah kehidupan virtual yang biasa di lihat di dalam komputer. Kacamata yang merupakan teknologi terbaru dan tercanggih di dunia dapat memberikan data secara otomatis untuk manusia ketika kaca mata tersebut digunakan. Segala yang dilihat akan ditampilkan datanya dan memudahkan untuk memberikan informasi secara jelas dan detail kepada pemakai.

24. Motion Sensor 

Beberapa vendor teknologi saat ini mulai mengembangkan teknologi motion sensor. Yakni, sistem teknologi berbasiskan gerak tubuh manusia. Artinya, kita bisa menyalakan televisi, ponsel pintar, ataupun pendingin ruangan tanpa menyentuh benda-benda tersebut. Sistem teknologi ini mulanya hanya muncul di film-film dan bacaan bergenre science fiction. 

25. Cermin Layar Sentuh

Saat ini berbagai macam peralatan elektronik dihadirkan dalam konsep layar sentuh, mulai dari ponsel pintar hingga televisi. Kini hadir suatu teknologi terbaru dan tercanggih dengan konsep yang sama, tapi lebih mengagumkan.

Pasalnya teknologi ini bukan merupakan alat elektronik, melainkan sebuah cermin pintar. Ya, cermin pintar bernama Cybertecture Mirror ini dilengkapi dengan teknologi super canggih. Cermin ini diproduksi oleh sebuah perusahaan di Hong Kong.

Perusahaan tersebut memperkenalkan produk teranyarnya, yaitu cermin revolusioner yang memiliki tampilan berupa program aplikasi digital. Bukan hanya itu, yang lebih mencengangkan lagi adalah cermin pintar ini dilengkapi fitur speaker stereo, WiFi, Waterproofing, IP41, dan berbagai fitur canggih lainnya.

Cermin pintar tersebut dapat digunakan dalam dua mode, yakni mode aktif dan pasif. Cybertecture Mirror ini dapat dikendalikan melalui remot kontrol atau ponsel pintar. Ya, cermin ajaib ini bisa disambungkan dengan ponsel pintar milik kita.

Cermin pintar ini bisa dimanfaatkan sebagai asisten pribadi Anda. Mengapa demikian? Karena, cermin ajaib ini mampu memberikan berbagai informasi penting, dapat digunakan sebagai alat komunikasi, serta mampu memantau kesehatan Anda melalui sebuah sensor otomatis.

Teknologi terbaru dan tercanggih ini sangat cocok digunakan di kantor, rumah sakit, rumah, atau pun di berbagai lingkungan public. Cermin pintar ini dibanderol HKD 60.000 ($ 7.733) atau sekitar Rp104.395.500.


Itulah beberapa informasi dan penjelasan kami pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, kita semakin bisa menghargai hasil karya dari buatan manusia itu sendiri serta menggunakan alat canggih teknologi terbaru sesuai dengan tujuan dan kegunaannya. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "25 Teknologi Terbaru Dan Tercanggih Masa Depan Buatan Manusia"

Posting Komentar