Dapodik Versi 2017 Akan Segera Di Rilis

Dapodik Versi 2017 Akan Segera Di Rilis - Pada kesempatan yang sama-sama berharga ini, Bukucatatan.net akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel bermanfaat buat semua operator sekolah yang membahas tentang Dapodik Versi Telah Di Rilis 2017. Untuk lebih jelasnya dan lengkapnya, silahkan anda menyimak penjelasan artikel berikut :
Dapodik Versi 2017 Akan Segera Di Rilis
Dapodik Versi 2017 Akan Segera Di Rilis

Data Pokok Pendidikan atau Dapodik adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu, dan merupakan sumber data utama pendidikan nasional, yang merupakan bagian dari Program perancanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Akhirnya Dapodik versi 2017 telah di rilis. Langsung saja anda Klik Donwload Dapodik Versi 2017

Pembaruan pada Aplikasi Dapodik 2017 selain dilakukan di sisi  front-end, juga dilakukan pembaruan pada database, yang telah menggunakan database versi 2.61. Maka secara teknis Aplikasi Dapodik versi sebelumnya (Dapodik 2016a, 2016b, 2016c) tidak dapat langsung di-upgrade ke Dapodik 2017, akan tetapi harus melakukan install ulang. Oleh karenanya Aplikasi Dapodik 2017 dirilis hanya dalam bentuk INSTALLER Dapodik 2017 (tidak ada versi UPDATER).

Berikut ini merupakan daftar perubahan pada Aplikasi Dapodik 2017:

[Pembaruan] Penambahan atribut Terima fisik kartu (KIP) pada entitas Peserta Didik
[Pembaruan] Penambahan fitur peran Peserta Didik dapat login ke aplikasi Dapodikdasmen
[Pembaruan] Penambahan fitur peran GTK dapat login ke aplikasi Dapodikdasmen
[Pembaruan] Penambahan kolom baru Sekolah Asal pada registrasi peserta didik
[Pembaruan] Penambahan JJM yang diakui pada tugas tambahan Pembina Pramuka sebanyak 2 jam
[Pembaruan] Penambahan aturan validasi untuk memperketat kewajaran dan kelengkapan data pada GTK
[Pembaruan] Penambahan persetujuan oleh Kepala Sekolah pada saat akan melakukan sinkronisasi
[Pembaruan] Penambahan fitur salin sarana dan buku/alat hanya untuk Prasarana yang telah hapus buku
[Pembaruan] Penambahan pemicu/trigger untuk mengecek Rwy.Sertifikasi dan Rwy.Pendidikan Formal pada saat penambahan Kompetensi pada Rincian GTK
[Pembaruan] Penambahan unduhan profil detail khusus untuk SMK
[Pembaruan] Penambahan Menu baru Validasi Pusat yang berguna untuk merangkum semua data yang dianggap bermasalah oleh Pusat
[Pembaruan] Pemisahan antara Guru dan Tenaga Kependidikan (Tendik)
[Pembaruan] Penonaktifkan penulisan angka, copy/paste dan klik kanan mouse pada kolom pilihan mata pelajaran di pembelajaran
[Pembaruan] Penonaktifkan penulisan angka, copy/paste dan klik kanan mouse pada kolom pilihan kurikulum di rombongan belajar
[Pembaruan] Pengaktifan atribut data Peserta Didik berupa NISN/Nama/Tanggal Lahir/Nama Ibu Kandung pada entitas data Peserta Didik jika status validasi pada VervalPD(PDSPK) dinyatakan invalid (sesuai dengan field yang invalid)
[Pembaruan] Pengaktifan atribut data GTK berupa NUPTK/Nama/Tanggal Lahir/Nama Ibu Kandung pada entitas data GTK jika status validasi pada Vervalptk (PDSPK) dinyatakan invalid (sesuai dengan field yang invalid)
[pembaruan] Penambahan Referensi Kepercayaan Kepada Tuhan YME dan perubahan label menjadai agama dan kepercayaan.

[Perbaikan] Validasi untuk NIK, NIK Ibu, NIK Ayah, NIK Wali pada entitas data PD dengan menggunakan vtype numberonly
[Perbaikan] Validasi untuk Nama, Nama Ibu Kandung, Nama Ayah, Nama Wali pada entitas data PD dengan menggunakan vtype namaspecialchar
[Perbaikan] Validasi untuk Nama dan Nama Ibu Kandung pada entitas data GTK dengan menggunakan vtype namaspecialchar
[Perbaikan] Perbaikan label Riwayat pekerjaan menjadi Riwayat Karir Guru pada rincian GTK dan pengaturan pengisian hanya untuk Guru
[Perbaikan] Perbaikan bugs security pada aplikasi
[Perbaikan] Perbaikan pada Formulir Sekolah
[Perbaikan] Perbaikan pada Formulir GTK
[Perbaikan] Perbaikan pada Formulir Peserta Didik
[Perbaikan] Perbaikan bugs ketika mengganti foto profil operator sekolah
[Perbaikan] Perbaikan bugs pada kurikulum SLB

Aplikasi Dapodik akan senantiasa dilakukan pembenahan, penyempurnaan dan update seiring perkembangan dan tuntutan serta penyesuaian terhadap perubahan dan perkembangan regulasi. Untuk itu, kami senantiasa mengingatkan agar sekolah terus meningkatkan kualitas data Dapodik baik secara kuantitas maupun kualitas.

Dapodik Versi 2017 Akan Segera Di Rilis

1. Sinkronisasi Aplikasi Dapodik versi 2016c dilakukan pada tanggal 20 s.d. 31 Desember  2016

Operator Sekolah yang masih menggunakan aplikasi Dapodik 2016b agar segera melakukan pembaruan aplikasi Dapodik ke versi Dapodik 2016c. Mengingat periode semester ganjil tahun 2016-2017 akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2016, kami berharap Operator Sekolah melakukan sinkronisasi sebelum tanggal 31 Desember 2016 pukul 23.59 WIB.

Informasi batas pengiriman data agar disampaikan kepada Operator Sekolah lain mengingat aplikasi terbaru tanpa rilis aplikasi “Updater” dan langsung menggunakan aplikasi “Installer” Dapodik 2017 Ditjen Dikdasmen.

2. Pemeliharaan Server pada tanggal 1 s.d. 15 Januari 2017

Pada tanggal tersebut, server Dapodikdasmen akan down dan dilakukan pemasangan server Baru dan upgrade database Dapodik Ditjen Dikdasmen. Sekolah tidak diizinkan melakukan sinkronisasi.

3. Uji Coba Aplikasi Dapodik 2017 tanggal 16 s.d. 28 Januari 2017

Pengujian aplikasi secara terbatas ini dilakukan untuk memastikan Aplikasi Dapodik 2017 layak digunakan oleh Operator Sekolah, baik dari proses entri, pengiriman data, hingga manajemen Dapodik di server pusat.

4. Rilis Aplikasi Tanggal 29 Januari 2017

Setelah dilakukan uji coba, diharapkan aplikasi bisa rilis sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan dan tidak membuat operator sekolah bingung dalam menggunakan aplikasi versi 2017.

Sebagai Catatan Tambahan :

Semoga di tahun ini, Operator Sekolah semakin berjaya dan diakui akan kerja nyata yang dilakukannya. Karena berkat ops tunjagan dan sertifikasi guru bisa diterima, begitu juga dengan dana bos dan bsm/PIP dan lain sebagainya. Jika bukan berkat tangan ajaib operator sekolah maka semua itu tidak akan bisa terealisasi dengan baik. Dan patutlah kita mengancungkan jempol buat Operatos Sekolah dan kalau bisa diberikan tunjangan khusus buat Ops tercinta kita. Aminn. Semangat terus buat Oeparor Sekolah.

Demikianlah penjelasan artikel pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, kita semakin meningkatkan kinerja kita dengan sebaik-baiknya. Karena tugas operator sekolah adalah termasuk pekerjaan yang sangat mulia karena mengutamakan kepentingan orang banyak terutama bagi tenaga pendidik PNS/Non PNS dan staff-staff lainnya. Sekian dan terima kasih. Baca juga Muliakan, Hormati Dan Hargailah Operator Sekolah

0 Response to "Dapodik Versi 2017 Akan Segera Di Rilis"

Posting Komentar