20 Cara Meningkatkan Dan Mempertahankan Prestasi Di Sekolah

20 Cara Meningkatkan Dan  Mempertahankan Prestasi Di Sekolah - Meningkatkan dan mempertahankan prestasi di sekolah adalah dua kata yang berbeda tapi arti dan maknanya saling menunjang antara yang satu dengan yang lain. Maka dari itu antara kata meningkatkan dan kata mempertahankan tidak bisa terpisahkan dengan apapun.
20 Cara Meningkatkan Dan Mempertahankan Prestasi Di Sekolah
20 Cara Meningkatkan Dan Mempertahankan Prestasi Di Sekolah

Pada kesempatan yang sama-sama berbharga ini, kami akan membagikan informasi dan artikel bermanfaat buat anda semua khususnya buat yang masih duduk di bangku sekolah maupun perkuliahan yang membahas mengenai 20 Cara Meningkatkan Dan  Mempertahankan Prestasi Di Sekolah. Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :
  1. Belajar terus, dan berusaha mempunyai keahlian khusus
  2. Menyusun visi, target, dan jadwal pencapaian
  3. Meningkatkan daya ingat dan spiritual anda
  4. Yakin dan percaya pada kemampuan sendiri
  5. Berbagi atas keberhasilan yang bisa diraih
  6. Temukan kegembiraan dalam setiap langkah
  7. Cari Model dan Mentor yang professional
  8. Kerja Keras dengan sungguh-sungguh
  9.  Membaca buku pengembang diri 
  10. Membangun Kebiasaan Sukses
  11. Tidak bersedih atas kegagalan
  12. Jangan menyia-nyiakan peluang
  13. Melakukan apa yang anda sukai
  14. Memiliki niat yang baik 
  15. Kenali Potensi dalam dirimu
  16. Tumbuhkan dan Miliki Passion
  17. Memiliki Tujuan yang Jelas
  18. Memiliki Skill Belajar
  19. Belajar Mengendalikan Diri
  20. Jadilah diri anda sendiri

Dari ke 20 cara di atas, pasti sudah ada bayangan di benak pikiran anda masing-masing. Bahwa apa yang menjadi kekurangan selama ini dalam meningkatkan dan mempertahankan prestasi di sekolah anda, anda sudah bisa mengetahui apa-apa saja yang perlu anda lakukan lagi untuk menunjang prestasi belajar anda.

Penyebab Utama Prestasi Anak Menurun :

Perubahan dalam performa akademis, seperti prestasi menurun, adalah sesuatu yang wajar dialami setiap anak dalam proses pertumbuhannya.

Penyebab hal tersebut bisa ditinjau dari dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah hal-hal yang datang dari dalam diri anak sendiri, seperti kurang istirahat, tidak cukup tidur, atau sedang sakit.

Perbedaan jam belajar antara jenjang TK dan SD juga seringkali menjadi penyebab munculnya masalah baru dalam keseharian anak. Apalagi, selain jam belajar yang lebih panjang, di SD juga sudah ada ujian, PR, dan lain-lain, yang sebelumnya tidak ditemukan anak di bangku TK.

Cara setiap anak menghadapi perubahan tersebut tidak selalu sama. Ada yang mulus melaluinya, namun ada pula yang membutuhkan proses adaptasi lebih lama.

Mama bisa membantu anak beradaptasi dengan cara membimbingnya agar bisa mengikuti jadwal kegiatan barunya secara lebih efektif. Misalnya, memberlakukan rutinitas mengerjakan PR pada jam yang sama setiap hari, serta memberlakukan jam tidur malam lebih awal agar anak cukup beristirahat di malam hari.

Apabila tidurnya cukup, anak akan bangun dalam kondisi segar keesokan paginya dan siap menangkap pelajaran yang diberikan di sekolah.

Faktor eksternal yang bisa mempengaruhi performa anak adalah tentunya lingkungan tempatnya berkegiatan sehari-hari, baik itu di rumah maupun di sekolah. Coba lakukan introspeksi, kira-kira apakah anak merasa terbebani oleh harapan-harapan yang Anda tanamkan pada dirinya?

Tuntutan dari orangtua agar anaknya selalu berprestasi bisa menjadi beban bagi anak, yang malah berisiko membuat performanya di sekolah merosot.

Lakukan cross check dengan guru anak di sekolah, apakah anak Anda memiliki masalah di kelas. Misalnya, kesulitan dalam bersosialisasi ataupun dalam memahami instruksi dari guru. Biasakan pula ngobrol dengan anak tentang kesehariannya di sekolah.


Apa saja yang dilakukannya, siapa saja yang bermain dengannya tadi, dan apakah dia senang atau tidak dengan kegiatannya sepanjang hari itu. Setelah mengetahui akar permasalahannya, akan lebih mudah bagi Anda untuk melakukan sesuatu guna memperbaikinya.

Sebagai catatan penting :

Hal yang paling utama dan sangat berpengaruh sehingga menurunnya prestasi dan peringkat anak di sekolah adalah masalah percintaan atau sudah berani yang namanya pacar-pacaran. Hal yang satu ini jugalah yang akan menghancurkan masa depan dan kebahagiaan buat anak sekolah. Karena kapan hal yang satu ini menjerat/menghampiri anda, yakin dan percaya suatu saat anda tidak akan bisa melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi karena akibat dari pacaran/percintaan,


Demikianlah infomrasi dan artikel pada kesempatan yang sama berbharga ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda semakin meningkatkan dan mempertahankan prestasi belajar anda di sekolah. Karena keberhasilan dan kesuksesan dalam belajar hanya bisa di raih kepada orang yang bersungguh-sungguh dalam belajar. 

0 Response to "20 Cara Meningkatkan Dan Mempertahankan Prestasi Di Sekolah"

Posting Komentar