Resep Tempura Ikan Tongkol

Resep Tempura Ikan Tongkol - Pada kesempatan kali ini, kami kembali akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel resep makanan yang membahas tentang Resep Tempura Ikan Tongkol. Tapi untuk lebih melengkapi artikel di atas, alangkah baiknya jika anda membaca artikel terkait sebelumnya mengenai Cara Membuat Tempura Sayur Ala Jepang. Simak dan perhatikanlah penjelasannya berikut ini :

Makanan tempura adalah makanan cemilan enak, makanan ini berasal dari negeri sakura yaitu Jepang, konon katanya pada jaman dahulu kala pada zaman Nara-Heinan, masa itu makanan tempura sudah ada dan sudah di kenal banyak oleh masyarakat Jepang. Makanan tempura memang terkenal di Jepang, namun uniknya nama tempura bukan berasal dari bahasa Jepang, melainkan kata / cetusan dari bahasa Portugal. 
Resep Tempura Ikan Tongkol
Resep Tempura Ikan Tongkol

Pada masa itu, banyak orang barat atau orang Eropa yang sedang melakukan perjalanan perdagangan dunia salah satunya bangsa Portugal, kala itu mungkin makanan cemilan ini di suguhkan dan dihidangkan untuk menyambut orang barat, sehingga koperatif dari dua bangsa menghasilkan sebuah kata dari bahasa asing yang menamai makanan Tempura. 

Makanan cemilan yang satu ini terbuat dari bahan ikan yang di balut dengan adonan tepung kemudian di goreng rasanya enak gurih dan renyah, di Indonesia pun kini sudah banyak yang mengenal makanan tempura dan ternyata masyarakat pun menyukai kelezatan sajian tempura. 

Bahan Tempura Ikan Tenggiri yang digunakan :

  • 150 gram ikan tenggiri dihaluskan
  • 3 sendok makan tepung bumbu
  • 1 butir putih telur dikocok
  • 1 batang daun bawang diiris halus
  • 1 siung bawang putih dicincang halus
  • 50 ml air es
  • 100 gram tepung roti

Bahan Pelengkap Tempura Ikan Tenggiri

  • Saus mayonaise
  • Saus sambal
  • Seladah
  • Kentang goreng

Resep Tempura Ikan Tongkol

  • Biasanya waktu yang digunakan untuk mempersiapkan bahan dan memasaknya adalah sekitar 70-75 menit.
  • Langkah pertama ikan tenggiri yang sudah dibersihkan kemudian difillet dan dihaluskan
  • Masukan tepung bumbu dengan tambahan daun bawang, air es dan juga bawang putih hingga tercampur merata
  • Lalu bentuk adonan menyerupai kelingking, kukus sebentar , dinginkan
  • Setelah adonan dingin lalu celupkan diatas putih telur dan gulingkan diatas tepung roti
  • Panaskan minyak didalam wajan anti lengket hingga matang
  • Siap disajikan dengan bahan pelengkap,kentang , seladah saus mayonaise dan saus sambal.
  • Tips untuk anda yang akan menggoreng tempura ikan tenggiri, gunakan wajan anti lengket dengan minyak yang lebih banyak. Hal ini untuk membuat adonan terendam sempurna dengan minyak dan hasilnya lebih kuning keemasan.
Sedangkan untuk mengurangi minyak ketika disajikan, gunakan tissue penyerap minyak sebelum disajikan. Tempura ikan tenggiri dapat dibekukan dan disimpan beberapa hari sehingga bagi anda dapat membuatnya dalam jumlah yang banyak, kemudian menggoreng ketika akan disajikan.

Khasiat dan manfaat Ikan Tongkol untuk mengobati berbagai macam penyakit :

1. Mencegah Ejakulasi Dini

Jika kehidupan pasutri anda sedang menurun, mungkin saja disebabkan oleh berbagai faktor. Di sini apotek laut akan membantu anda dalam menghindarkan ejakulasi dini dan bisa tahan lama .

Caranya : ambil insang pada tongkol segar, rebus dengan daun jeruk purut 2 – 3 lembar dan sedikit garam hingga mendidih. Minum ramuan ini 1 – 2 jam sebelum berhubungan. Sedangkan bagi wanita cukup mengkonsumsi dagingnya secara teratur, akan meningkatkan vitalitas, termasuk di dalam urusan pasutri anda.
 

2. Rheumatic dan Linu Tulang

Anda dapat memperoleh khasiat ikan tongkol yang ini dengan menjadikannya sebagai menu utama sehari-hari. Anda bisa merebus atau menggorangnya, tergantung selera. Karena khasiatnya terletak pada daging, akan sangat baik jika kita mengolah ikan tongkol segar. Untuk terapi Rheumatic yang serius, sebaiknya dikonsumsikan tiap hari dengan porsi yang cukup. 

Sedangkan untuk terapi ringan, cukup 2-3 kali dalam seminggu. Selam pengobatan ini, hindari mandi malam, hawa dingin, atau olah raga berlebihan. Sebab jika melalui proses penggorengan, beberapa jenis protein akan rusak. Sebagai pengobatan, biasakan 3-4 kali dalam seminggu untuk mengkonsumsinya.

3. Kulit Kusam

Kulit dibagian tertentu seperti betis, lutut, lengan, dan siku sering terasa kasar dan kusam. Bagi kaum wanita hal ini sangat mengganggu penampilan dan kecantikan. Resep berikut bisa dicoba. Ambil kulit ikan tongkol dengan cara disayat-sayat, khusunya di sekitar sirip punggung sampai ekor. Rebus dengan batang serai yang dimemarkan dan tambahkan garam secukupnya. Makan sekaligus kuahnya secara rutin 2 – 3 kali seminggu. Sisik pada permukaan kulit tersebut perlahan-lahan akan mengelupas dan kulit menjadi halus kembali.

4. Anemia atau Lesu Darah

Tanda-tanda anemia adalah cepat capek, pegal-pegal dipersendian , pucat, kuku dan kelopak mata pucat, dan terdapat garis-garis hitam dibawah mata. Jika anemia menyerang, segera, segera atasi. Pada kondisi tubuh yang demikian, virus mudah menyerang karena kekebalan tubuh sangat menurun. Yang harus dilakukan oleh tubuh adalah segera membentuk sel-sel darah merah agar sistem kekebalan menguat kembali. Kandungan alami dalam ikan tongkol sangat baik untuk merangsang pembentukan sel darah merah. Namun pengolahannya harus direbus, dan dimakan dengan kuahnya sekaligus.


Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan kali ini berkaitan dengan Resep Tempura Ikan Tongkol. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda semakin mengetahui berbagai macam jenis resep makanan tempura lainnya. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Resep Tempura Ikan Tongkol"

Post a Comment