Manfaat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw

Manfaat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw - Puji syukur alhamdulillah kita ucapkan kepada Allah Swt. Karena pada kesempatan yang penuh dengan berkah ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang membahas tentang Manfaat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw. Baiklah, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :  
Manfaat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw
Manfaat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw


Nabi Muhammad SAW adalah nabi ummat Islam di seluruh dunia. Beliau adalah nabi akhir zaman. penutup para Nabi. Khotamun Nabiyyin. Tidak akan ada nabi yang akan diutus oleh Allah untuk menyampaikan risalahNya setelah Nabi Muhammad. Jabir pernah bertanya kepada Nabi Muhammad, ” Ya Rosulallah, Demi Ayah dan Ibuku, sampaikan pada saya tentang sesuatu yang pertama kali diciptakan oleh Allah SWT sebelum menciptkan yang lain”.

Nabi Menjawab, wahai Jabir, sesungguhnya Allah menciptkan Nur Nabimu Muhammad SAW sebelum menciptakan segala sesuatu di alam semesta ini. Dan segala sesuatu di alam semesta ini adalah dari cahaya Nabi Muhammad SAW. Dan Nabi pernah bersabda, saya adalah Nabi yang diciptakan pertama kali dan diutus paling akhir.

Pada tanggal 12 Robiul Awwal 1423 H tepatnya hari ini tanggal 12 Desember 2016 kita memperingati hari kelahiran beliau. Nabi Muhammad lahir di kota Mekkah dan wafat di kota Madinah. Beliau lahir dengan penuh keajaiban-keajaiban. Di antara yang saya ketahui ketika lahirnya Nabi Muhammad seluruh pepohonan yang tidak pernah berbuah waktu itu langsung berbuah, api yang tak pernah padam dan menjadi sesembahan warga Majusi, ketika lahir nabi apa itu langsung padam. Ketika beliau lahir langsung sujud kepada Allah SWT. Ada lagi ketika beliau lahir sang ibu tak merasakan sakit sedikitpun. Tidak ada darah bercecer bekas melahirkan.

Makna Peringatan Maulid Nabi

Peringatan maulid adalah upaya mengenang hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tentu saja tidak hanya mengingat hari lahir beliau. Tapi juga mengingat jasa-jasa beliau yang telah menyebarkan agama Islam ke seluruh dunia termasuk kepada kita. Ingat juga pada sifat-sifatnya yang luhur budi, penyabar, rendah hati dan lain – lain. Sikapnya yang tegas menyebarkan dakwah Islam patut kita teladani. Makna peringatan maulid adalah menyegarkan kembali ingatan kita akan ajaran Nabi dan kita harus siap untuk melaksanakannya.

Memperingati hari lahir tidak boleh hanya sebagai kegiatan ritual semata. Tapi harus diaplikasikan atau diwujudkan dalam aktivitas nyata kita di kehidupan sehari-hari. Jika ada yang memperingati maulid dengan menyediakan makanan dan buah-buahan itu oke – oke saja dan tentu saja halal. Yang paling penting adalah niatnya. Karena segala sesuatu itu tergantung pada niat kita. Menyiapkan makanan dan buah-buahan untuk memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW tentu sangat baik. Niatnya tentu saja adalah untuk memperbanyak sedekah kepada orang yang kita undang untuk peringatan maulid. Jika kita mampu mengapa kita tidak ajak orang berkumpul sambil membaca shalawat setelah itu menghidangkan makanan ala kadarnya sesuai dengan kemampuan.

Dengan Peringatan Maulid Nabi bisa mengingatkan kita untuk selalu membaca shalawat ( doa keselamatan untuk Nabi ) karena membaca shalawat mengandung manfaat dan keutamaan. Silahkan baca-baca lagi posting saya sebelumnya tentang keutamaan membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Manfaat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW

  • Menjauhkan dari musibah. Sebenarnya semua musibah datangnya dari Allah SWT. Tapi karena kita selalu bersholawat, kita akan terrlindung. Tapi ingat, selalu mintalah kepada Allah, jangan kepada yang lain. Seperti pada Q.S Al-fatihah ayat 5 yang artinya : ''Hanya kepada-Mu lah kami menyemabah, dan hanya kepada-Mu lah kemi memohon pertolongan
  • Peringatan Maulid Nabi SAW mendorong orang untuk membaca shalawat, dan shalawat itu diperintahkan oleh Allah Ta’ala, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya.” (QS Al-Ahzab: 56).
  • Menjalin ikatan persaudaraan yang kokoh dan membangun ikatan ukhwuah Islamiya antara sesama muslim lainnya yang beraga Islam. 
  • Allah Swt senantiasa selalu menolong hamba-hamba-Nya dalam kesulitan bagi mereka yang percaya akan kekuasaan dan kebesaran Allah Swt.
  • Menjadikan kita sebagai manusia yang berakhlak mulia dan menjauhi apa yang dilarang-Nya serta melakukan semua apa yang diperintahkan-Nya.
  • Dengan memperingati hari maulid Nabi Besar Muhammad Saw, kita semakin mengetahui lebih mendalam sosok pribadi pemimpin dunia yang tak pernah tergantikan hingga akhir zaman, yaitu Nabi Muhammad Saw.

Demikianlah informasi dan penjelasan artikel pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel tersebut, kita semakin memperbanyak shalawat agar mendapatkan syafa'atnya nanti Insya Allah pada hari akhirat. Amiin Ya Rabbal Aalaamiin. 

0 Response to "Manfaat Memperingati Maulid Nabi Muhammad Saw"

Post a Comment