Hari Ibu Tanggal Berapa 2017

Hari Ibu Tanggal Berapa 2017 - Pengertian Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya. Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional.
Hari Ibu Tanggal Berapa 2017
Hari Ibu Tanggal Berapa 2017

Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother's Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Alhadulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Swt yang mana telah memberikan umur yang panjang dan kesehatan, sehingga pada kesempatan kali ini Bukucatatan.net akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel bermanfaat yang membahas tentang Hari Ibu Tanggal Berapa 2017. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda menyimak penjelasan artikel berikut :

Sejarah Dan Makna Peringatan Hari Ibu 22 Desember

Mari kita kembali ke masa lalu tepatnya pada tanggal 22 s/d 25 Desember 1928 bertempat di Yogyakarta, para pejuang wanita Indonesia dari Jawa dan Sumatera pada saat itu berkumpul untuk mengadakan Konggres Perempuan Indonesia I (yang pertama). 

Kalau melihat kembali sejarah, sebenarnya sejak tahun 1912 sudah ada organisasi perempuan. Pejuang-pejuang wanita pada abad ke 19 seperti M. Christina Tiahahu, Cut Nya Dien, Cut Mutiah, R.A. Kartini, Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Achmad Dahlan, Rangkayo Rasuna Said dan lain-lain secara tidak langsung telah merintis organisasi perempuan melalui gerakan-gerakan perjuangan.

Pada Konggres Perempuan Indonesia I yang menjadi agenda utama adalah mengenai persatuan perempuan Nusantara; peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan; peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa; perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita; pernikahan usia dini bagi perempuan, dan lain sebagainya.

Secara resmi tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu adalah setelah Presiden Soekarno melalui melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959 menetapkan bahwa tanggal 22 Desember adalah Hari Ibu dan dirayakan secara nasional hingga saat ini.

Pada awalnya peringatan Hari Ibu adalah untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini. Misi itulah yang tercermin menjadi semangat kaum perempuan dari berbagai latar belakang untuk bersatu dan bekerja bersama.

Kalau kita melihat sejarah betapa heroiknya kaum perempuan (kaum Ibu) pada saat itu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, apakah sepadan dengan peringatan Hari Ibu saat ini yang hanya ditunjukkan dengan peran perempuan dalam ranah domestik. Misalnya dalam sebuah keluarga pada tanggal tersebut seorang ayah dan anak-anaknya berganti melakukan tindakan domestik seperti masak, mencuci, belanja, bersih-bersih, dan kemudian memberikan hadiah-hadiah untuk sang ibu. 

Peringatan Hari Ibu di Indonesia saat ini lebih kepada ungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji keibuan para ibu. Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa, penyuntingan bunga, pesta kejutan bagi para ibu, aneka lomba masak dan berkebaya, atau membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik sehari-hari.  

Sebagai catatan :

  • Semoga pada hari kamis tanggal 22 bulan desember 2016 bertepatan dengan hari Ibu ini. Kita semakin mencintai dan menyayangi Ibu kita masing-masing serta menjaga amanah yang diberikan selama ini.
  • Perkataan seorang Ibu adalah seperti perkataan Allah. Karena ridho-Nya Allah adalah ridho-Nya kedua orang tua. Jadi jangan pernah anda lebih memilih perkataan orang lain ketimbang dengan perkataan dari Ibu/keduanya.
  • Mulai dari sekarang, doakan Ibu dan kedua orang tua anda. Karena dari andalah Ibu dan kedua orang tua anda mengharap kebahagiaan dari ana-anaknya. Jadi jangan pernah membohongi dan menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan kepada kita semua. Karena kapan anda melakukan perbuatan seperti itu, sampai kapanpun hidup anda tidak akan pernah berkah walaupun harta dan uang yang anda miliki melimpah.
  • Buat seorang anak, jadilah anak yang selalu senantiasa berbuat baik dan berbakti kepada keduanya. Karena ridho-Nya orang tua adalah ridho-Nya Allah Swt.
  • Jadlah anak yang sholeh/sholehah yang selalu mendoakan keduanya baik di kala mereka berdua sakit lebih-lebih ketika mereka sudah tiada.

Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan kali ini tentang Memperingati Hari Ibu. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, bahwa penting dan berharganya seorang Ibu dalam kehidupan ini. Karena seorang Ibulah sehingga sampai saat ini kita bisa hidup dan tumbuh menjadi sedewasa ini. Sekian dan terima kasih atas perhatian dan partisipasinya.

0 Response to "Hari Ibu Tanggal Berapa 2017"

Post a Comment