Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel

Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel Rumus adalah cara singkat untuk mencari informasi tertentu dengan cara menggunakan patokan, yang dilambangkan dengan huruf, angka, ataupun tanda. Rumus dapat juga diartikan sebagai pernyataan atau kesimpulan atas pendirian atau ketetapan yang disebut dengan kalimat ringkas dan tepat.

Sedangkan Range adalah sauatu daerah pada worksheet umumnya berbentuk segi empat yang merupakan kumpulan dari beberapa sel. Worksheet atau Spreadsheet atau Sheet, adalah merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar monitor. Worksheet terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris memuat sejumlah 4.194.304 sel.

Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016
Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel

Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel terupate yang membahas mengenai Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel. Untuk lebih jelasnya dan lengkapnya, silahkan anda membaca artikel sebelumnya tentang Cara Mengatur Lembar Kerja Pada Microsof Excel.

1. Menggunakan Rumus

Rumus yang digunakan pada Microsoft Excel 2007 merupakan instruksi matematika, rumus tersebut dapat Anda masukkan ke dalam suatu sel pada buku kerja. Operator hitung yang dapat digunakan pada Microsoft Excel 2007 untuk memasukkan instruksi matematika adalah sebagai berikut :

Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016

Proses penghitungan akan dilakukan sesuai dengan derajat urutan atau hirarki operator hitung sebagai berikut :

Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016

Jika akan menggunakan instruksi rumus yang cukup rumit, Anda dapat menggunakan tanda kurung “( )”, instruksi yang diapit oleh tanda kurung tersebut akan diproses terlebih dahulu karena memiliki urutan atau hirarki operator yang lebih tinggi.

Menulis Formula pada Excel 2016

Apa itu formula?

Formula merupakan ekspresi matematika untuk melakukan operasi pada data lembar kerja. Anda dapat menggunakan Excel 2016 formula untuk melakukan operasi matematika, seperti penjumlahan dan perkalian, atau kita dapat membandingkan nilai pada lembar kerja, menggabugnkan teks, mencari nilai statistic, dll.

Formula dapat mengacu pada cell-cell lain pada lembar kerja yang sama, cell-cell pada lembar lain dalam buku kerja yang sama, atau cell pada lembar dalam buku kerja lainnya. Selain itu jika anda mengubah data dalam spreadsheet anda, excel akan secara otomatis menghitung ulang jawaban tanpa anda harus memasukkan kembali formula.

Sebuah format formula dasar harus dimulai dengan tanda sama dengan (=) diikuti oleh satu atau lebih Operan, dipisahkan oleh satu atau lebih Operator. Operan bisa angka, teks, cell cell, range, atau nama fungsi. Operator adalah symbol yang digunakan untuk mewakili operasi aritmatika dan perbandingan yang anda terapkan pada Operan.

Bagaimana menulis formula?

Sebagai contoh sederhana, kita akan mencari hasil perkalian antara cell A1 dan B1, hasilnya ditampilkan pada cell C1.
Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016

  • Isi cell A1 dan B1 dengan sembarang angka, kemudian klik pada cell C1.
  • Tuliskan =A1*B1 pada cell C1. Untuk menuliskan alamat cell seperti A1 atau B1 pada formula, anda bisa mengetikkan manual atau dengan mengklik cell A1 atau B2 itu sendiri.
  • Tekan enter bila anda sudah selesai menulis formula. Maka pada cell C1 akan muncul hasil perkalian antara cell A1 dan B1.
Selain perkalian kita bisa menggunakan operator matematika lain seperti keterangan table diatas.

Bagaimana jika kita salah memasukkan formula?

Bila kita melakukan kesalahan dalam memasukkan formula, pada cell di mana kita menuliskan formula akan muncul pesan kesalahan seperti :

Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016

2. Range

Yang dimaksud dengan Range pada excel yaitu kumpulan dari beberapa cell. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut :
Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016

Perhatikan bahwa Cell C3 sampai dengan Cell C13 telah diarsir secara bersamaan. Kumpulan Cell tersebut disebut Range dan penulisan range pada gambar di atas untuk aplikasi rumus dalam lembar kerja ditulis dengan C3:C13 (C3 tanda titik dua C13). Apabila sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan cell dan range, maka untuk selanjutnya akan dijelaskan mengenai cara memasukkan data secara otomatis pada Excel.

3. Memasukkan data secara otomatis pada Excel

Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016

Dengan Microsoft excel, kita dapat memasukkan data secara otomatis pada lembar kerja. Data-data yang dimaksud yaitu No. Urut, Hari, Bulan serta Tahun.
Contoh : 
No urut : 1,2,3, …
Hari         : Sunday / Minggu, Monday / Senin, …
Bulan : January, February, …
Tahun : 2005,2006, …
Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
  • Ketiklah dua unit data secara berurutan secara vertical, misalnya : 1, 2.
  • Arsir / Blok data yang telah diketik.
  • Setelah data berhasil di blok, maka lepaskan mouse dan klik dan seret tanda hitam kecil, ke bawah (tanda hitam yang dimaksud telah diberikan tanda lingkaran)

Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016

Latihan Soal : 

Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016

Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel 2016



Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan yang sangat berharga ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda mengoperasikan Microsoft Excel khususnya mengenai cara menggunakan rumus dan range dengan tepat dan tak dapat diragukan lagi bahkan anda paptut diacungkan jempol (Y). Sekian dan sampai jumpa pada artikel berikutnya.

0 Response to "Rumus Dan Range Pada Microsoft Excel"

Post a Comment