Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel

Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft ExcelPengertian Penelolan yaitu bukan hanya melaksanakan suatu kegiatan, yang meliputi fungsi-fungsi manajemen, seperti perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. 

Mencetak merupakan suatu cara memperbanyak gambar dengan alat cetak atau acuan atau klise. Alat cetak dapat diperoleh secara sederhana atau di rencana.

Lembar Kerja adalah berisi tugas yang harus dikerjakan oleh seseorang. LKS biasanya berupa petunjuk, langkah untuk menyelesaikan suatu tugas, suatu tugas yang diperintahkan dalam lembar kegiatan harus jelas yang ingin diselesaikan.
Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel
Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel

Pada kesempatan kali ini, sebelumnya admin telah memberikan artikel yang berhubungan dengan Lookup Dan Grafik Pada Microsoft Excel. Dan untuk lebih memperjelasan dan memperlengkap pembahasan kita pada kali ini, lansgung saja anda menyimak artikel di bawah ini, yang membahas tentang Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel.

1. Mengganti Nama Lembar Kerja Dalam Workbook

Untuk mengganti nama lembar kerja (worksheet) di dalam workbook yang sedang Anda gunakan, perhatikan langkah berikut. Click ganda (double click) sheet pilihan Anda, misalnya sheet 2. Ketik nama sheet baru, misalnya Nilai Matakuliah, lalu tekan tombol ENTER. Perhatikan, nama sheet yang Anda isikan tidak boleh lebih dari 31 karakter, dan jangan sekali-kali memasukkan karakter asterisk (*), backslash (\), slash (/), tanda tanya (?), dan tanda titik dua (:). Atau dengan click kanan mouse pada sheet kemudian pilih rename. Ketik nama sheet baru, misalnya Nilai Mata Kuliah, lalu tekan tombol ENTER.
Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel

2. Menyisipkan Lembar Kerja Dalam Workbook

Langkah mudah untuk menambahkan atau menyisipkan lembar kerja baru di dalam workbook yang sedang Anda aktifkan adalah dengan menekan tombol SHIFT dan tombol F11. Cara lain yang yang dapat anda lakukan adalah, click kanan mouse pada tabulasi sheet 4 misalnya, lalu pilih Insert, lalu excel akan memunculkan kotak dialog Insert.
Menyisipkan lembar kerja


Mencetak Lembar Kerja

 3. Mencetak Lembar Kerja

Sebelum Anda memutuskan untuk mencetak lembar kerja Anda, pastikan dulu tata letak (layout) lembar kerja tersebut melalui fasilitas Print Preview. Fasilitas ini ada pada Office Button – Print – Print Preview. Tujuan melakukan ini melalui print preview adalah agar laporan dan presentasi Anda dicetak bersih dan rapi sesuai dengan harapan Anda. 

4. Menata Halaman Cetak

Penampilan pada Print Preview berawal dari Page Setup karena fasilitas ini mengatur segala sesuatu tentang hasil cetakan laporan Anda di kertas. Untuk mengetahui keberadaan fasilitas ini, click Tab Page Layout, click expand button pada group Page Setup.
Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel


Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel

5. Mengatur Margin Cetakan

Kemudian kita melihat tabulasi Margin. Pada tabulasi ini, Anda dapat menentukan besar margin atas (top), margin bawah (bottom), margin kiri (left), margin kanan (right), header n footer.
Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel

6. Menambah Atau Mengubah Header Dan Footer

Melalui tabulasi Header / Footer, Anda dapat menentukan format header dan footer melalui kotak daftar Header dan Footer. Jika Anda ingin menambah atau mengubah isi Header dan Footer, Anda dapat meng-click tombol Custom Footer. Untuk menambah Header, click Custom Header, click Custom Header. Excel menampilkan kotak dialog Header. Lalu ketikkan isi Header seperti pada gambar berikut ini :
Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel

Untuk memberikan format print header pada setiap halaman yang akan kita cetak, pelajari tab Sheet diatas.

Latihan Soal/Uji Coba :

Buatlah contoh format Rekapitulasi Kehadiran Pegawai Negeri Sipil/Calon Pegawai Negeri Sipil Per Bulan seperti di bawah ini, ketik dan edit di Microsoft excel. Print dan cetakan serta lihat hasilnya apa sudah bagus atau tidak.


Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel



Demikianlah informasi dan artikel yang kami bagikan kepada anda semua. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih mahir lagi dalam mengelola dan mencetak lembar kerja khususnya pada microsoft excel ini. Sekian dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya. Good luck.

0 Response to "Mengelola Dan Mencetak Lembar Kerja Pada Microsoft Excel"

Post a Comment