Materi Lengkap Buku Catatan Tentang Guru Pembelajar

Materi Lengkap Buku Catatan Tentang Guru Pembelajar - Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel terbaru yang akan membahas mengenai Materi Lengkap Buku Catatan Tentang Guru Pembelajar. Untuk lebih lengkapnya dan lebih detailnya, silahkan anda menyimak artikel berikut di bawah ini :
Materi Lengkap Buku Catatan Tentang Guru Pembelajar
Materi Lengkap Buku Catatan Tentang Guru Pembelajar

Pengertian Guru pembelajar merupakan program diklat Kemdikbud pasca UKG 2015 lalu dimana masih banyak nilai UKG nya yang di bawah standar. Istilah Guru Pembelajar dicetuskan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan dengan menggambarkannya sebagai guru ideal yang terus menerus belajar dan mengembangkan diri di setiap saat dan di mana pun.

Melalui program Guru Pembelajar, Bapak/Ibu Guru akan mendapatkan materi pelatihan dan pendidikan sesuai dengan bidang mata pelajaran keahlian masing-masing yang dibina oleh para tenaga ahli dari P4TK (Pusat Pengembangan dan Pembedayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan).

Salah satu model program Guru Pembelajar adalah moda daring (online) yang memberdayakan teknologi informasi (internet) dalam proses pembelajarannya. Keuntungan dari Moda Daring (Online) bagi para Guru peserta, antara lain:
  • Tidak perlu meninggalkan tugas mengajar di sekolah.
  • Fleksibel, belajar kapan saja dan dari mana saja melalui PC/Laptop dan Perangkat Mobile.
  • Melatih pembelajar lebih mandiri dan meningkatkan literasi dan penguasaan teknologi informasi para Guru.
  • Mendapatkan Sertifikat resmi dari GTK Kemdikbud.

Jenis dan Model Pelatihan Guru Pembelajar 

Program guru pembelajar menggunakan 3 metode yakni
  1. Tatap Muka (TM) Guru Pembelajar
  2. Full Daring atau online penuh
  3. Campuran atau kombinasi antara tatap muka dan online (blended)
Syarat bagi Guru calon peserta program Guru Pembelajar Moda Daring sebagai berikut :
  • Memiliki kemampuan dasar menggunakan Internet.
  • Memiliki perangkat PC/Laptop atau Mobile Smartphone (Android)
  • Tercatat sebagai anggota aktif Komunitas GTK (GugusTK/KKG/MGMP)
  • Telah mengikuti UKG 2015

Tujuan Program Peningkatan Kompetensi Guru Pembelajar

  • Tujuan Umum 
Program peningkatan kompetensi guru pembelajar secara umum bertujuan untuk meningkatkan kompetensi  guru, baik pedagogik maupun profesional, serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya, menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme dan keceriaan bagi peserta didiknya, melalui berbagai moda dan media, di berbagai pusat belajar.
  • Tujuan Khusus 
Secara khusus, program peningkatan kompetensi guru pembelajar bertujuan agar peserta :
  1. mengusai kompetensi pedagogik dan profesional sesuai dengan modul yang dipelajari;
  2. memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya;
  3. menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme dan keceriaan bagi peserta didiknya; dan
  4. memiliki kemauan untuk terus belajar mengembangkan potensi dirinya.
Ada beberapa alasan mengapa seorang guru harus terus belajar selama dia berprofesi sebagai pendidik, sebagai berikut :
  • Profesi guru merupakan bidang pekerjaan khusus yang dilaksanakan berdasarkan prinsip profesionalitas memiliki kesempatan untuk mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan belajar sepanjang hayat.
  • Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menuntut guru untuk harus belajar beradaptasi dengan hal-hal baru yang berlaku saat ini. Dalam kondisi ini, seorang guru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang baru. Adapun kemampuan tersebut bisa diperoleh melalui pelatihan, seminar maupun melalui studi kepustakaan.
  • Karakter peserta didik yang senantiasa berbeda dari generasi ke generasi menjadi tantangan tersendiri bagi seorang guru. Metode pembelajaran yang digunakan pada peserta didik generasi terdahulu akan sulit diterapkan pada peserta didik generasi sekarang. Oleh karena itu, cara ataupun metode pembelajaran yang digunakan guru harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik saat ini.
Berdasarkan alasan tersebut di atas, guru pembelajar harus terus belajar, mampu beradaptasi dengan perubahan, dan dapat menginspirasi peserta didik menjadi subjek pembelajar mandiri yang bertanggungjawab, kreatif, dan inovatif.

Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda mengenai dunia pembelajar online semakin bertambah dan tidak diragukan lagi kualitas pengetahuan anda khususnya di bidang informasi dan teknologi (IT). Sekian dan terima kasih.

0 Response to "Materi Lengkap Buku Catatan Tentang Guru Pembelajar"

Post a Comment