8 Tips Paling Praktis Mengganti Oli Mobil Anda Dengan Cepat

8 Tips Paling Praktis Mengganti Oli Mobil Anda Dengan Cepat - Mengganti oli dan saringan oli mesin adalah salah satu hal terpenting yang harus Anda lakukan untuk menjaga kondisi mobil Anda. Seiring waktu, oli mesin akan menurun kualitasnya dan saringan oli akan penuh dengan kotoran. Tergantung pada kebiasaan menyetir dan tipe mesin mobil Anda, jangka waktunya bisa berkisar dari 3 bulan atau sekitar 5000 km sampai pada 24 bulan atau sekitar 32.000 km (pastikan sesuai dengan petunjuk penggunaan kendaraan Anda untuk jangka waktu servis). Untungnya, mengganti oli adalah pekerjaan yang mudah dan murah. Jadi, lebih cepat Anda mengganti oli Anda saat dibutuhkan, lebih baik.
8 Tips Paling Praktis Mengganti Oli Mobil Anda Dengan Cepat
8 Tips Paling Praktis Mengganti Oli Mobil Anda Dengan Cepat

Tidak semua orang bisa mengganti oli mobil dan tahu teknik mengganti oli mobil yang benar. Padahal, jika Anda mengetahui, mengganti oli mobil adalah teknik yang sangat mudah untuk dipelajari. Jika Anda bisa menguasai teknik ini, Anda pun bisa berhemat tidak perlu ke bengkel saat mobil Anda harus segera diganti olinya.
Periode penggantian oli mesin dapat diketahui dari beberapa faktor, yaitu jarak tempuh, kualitas oli yang dipakai, dan bagaimana cara anda mengemudikan mobil anda. Tapi pada umumnya penggantian oli mesin diganti pada setiap kelipatan kilometer 5000, sedangkan penggantian oli filter diganti pada setiap kelipatan 10.000 kilometer.

Baiklah, langsung saja anda menyimak informasi dan artikel yang  berhubungan dengan 8 Tips Paling Praktis Mengganti Oli Mobil Anda Dengan Cepat. Baca dan perhatikanlah dengan sebaik-baiknya :

  • Posisikan kendaraan Anda pada tempat yang lebih tinggi dan pastikan sejajar antara depan dan belakang (tidak boleh miring).
  • Buka penutup kap mesin dan lepaskan penutup pengisian oli agar saat oli dibuang atau dikeluarkan, oli bekas dapat mengalir dengan lancar.
  • Siapkan sebuah wadah untuk menampung oli bekas, lepaskan baut penutup di mesin bagian bawah mesin dengan menggunakan kunci offside. Yang perlu diperhatikan adalah pada baut tersebut terdapat sebuah ring atau gasket, pastikan kondisinya dalam keadaan baik, jika rusak sebaiknya diganti dengan yang baru.
  • Pasang kembali baut jangan sampai miring untuk menghindari kebocoran oli.
  • Tuang oli baru yang sesuai dengan spesifikasi mobil.
  • Untuk mengetahui jumlah oli mesin yang baru tersebut jumlahnya sudah cukup atau tidak, hidupkan mobil anda beberapa saat lalu matikan, cabut stik oli yang ada di sebelah kiri mesin bagian atas, apabila cairan oli menyentuh titik bagian atas berarti jumlahnya cukup dan sebaliknya.
  • Setelah mesin di hidupkan, periksa bagian bawah mesin, pastikan tidak ada oli mesin yang menetes di bagian baut tempat pembuangan oli atau pengurasan.
  • Satu hal yang perlu kita garis bawahi adalah pekerjaan ini sebaiknya dilakukan saat kondisi mesin dalam keadaan panas, karena pada saat panas oli mesin dalam keadaan lebih encer dibandingkan dengan kondisi dingin, sehingga kotoran yang terlarut pada oli mudah mengalir keluar.

Demikianlah beberapa tips otomotif yang bisa admin bagikan kepada anda sekalian. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda semakin mampu dan bisa merawat mobil anda dengan tetap awet muda. 

0 Response to "8 Tips Paling Praktis Mengganti Oli Mobil Anda Dengan Cepat"

Post a Comment