10 Tips Paling Jitu Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Interior Mobil Anda

10 Tips Paling Jitu Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Interior Mobil Anda - Dunia otomotif memang berkembang dengan pesat, kemajuan teknologi membawa perubahan khususnya pada kendaraan seperti mobil dan sepeda motor, dari sistem konvensional menjadi sistem elektrik dengan segala kemudahan yang dihasilkan. Dan perubahan tersebut tentunya membuat kita -mau tidak mau- harus mengetahui pengertian dan istilah-istilah baru pada bidang otomotif, 
10 Tips Paling Jitu Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Interior Mobil Anda
10 Tips Paling Jitu Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Interior Mobil Anda


Baiklah, langsung saja anda menyimak informasi dan artikel terbaru pada kali ini yang berhubungan dengan 10 Tips Paling Jitu Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Interior Mobil Anda. Perhatikan dan simaklah penjelasannya berikut di bawah ini :

1. Tambahkan Pengharum Khusus Mobil

Kenapa di awal proses mobil sebaiknya ditempatkan di tempat yang teduh? Hal ini dikarenakan sinar panas matahari bisa menyebabkan bau tersebut semakin lengket di permukaan interior mobil sehingga baunya semakin menusuk. Setelah semua proses selesai, buka semua pintu mobil Anda selama lebih kurang 30 menit agar terjadi sirkulasi udara di dalam interior mobil Anda.

Dan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan sebelum menutup semua pintu mobil adalah dengan menambahkan pengharum khusus mobil yang bisa Anda letakkan dengan cara menggantungnya untuk memberikan keharuman dan menjaga kesegaran intrior mobil Anda dalam jangka panjang. Atau Anda juga bisa menyemprotkan pengharum khusus mobil ke seluruh interior mobil Anda agar lebih mudah terserap.

2. Gosok Seluruh Permukaan Interior Mobil

Sebelum menghilangkan bau tak sedap pada interior mobil Anda, parkir mobil Anda di tempat yang teduh dan alangkah baiknya jika Anda mencuci terlebih dahulu seluruh bagian mobil agar nantinya mobil Anda menjadi bersih luar dalam. Setelah bagian luar mobil dirasa sudah bersih dan kering, saatnya Anda beralih ke bagian dalam mobil (interior). Pastikan semua kotoran yang terdapat di dalam interior mobil sudah Anda bersihkan sehingga tidak ada satupun kotoran yang masih tertinggal. Bersihkan juga karpet karet mobil.

Setelah itu ambil kain bersih lalu basahi dengan air dan gunakan untuk menggosok seluruh permukaan dashboard dan permukaan interior mobil lainnya. Perhatikan secara detail kotoran-kotoran yang menempel di sudut-sudut permukaan dashboard dan interior lainnya sudah benar-benar bersih.

Kemudian buka laci dashboard dan keluarkan semua barang-barang yang tersimpan disana. Buang barang yang sudah tidak diperlukan lagi dan jika masih ada yang hendak dimasukkan ke laci dashboard kembali, pastikan barang tersebut tidak akan menyebabkan bau tak sedap di kemudian hari.

3. Sikat Bagian yang Berbahan Kain dan Kulit pada Interior Mobil

Sikat secara lembut bagian yang dibalut perpaduan kain dan kulit pada jok mobil. Saat menggosok, usahakan jangan menekan terlalu keras karena bisa merusak permukaan bagian-bagian tersebut. Selain itu, hal ini bertujuan untuk membuka pori-pori pada permukaan bagian-bagian tersebut, sehingga akan memudahkan langkah selanjutnya saat penggunaan vacuum cleaner.

4. Sedot dengan Vacuum Cleaner

Saatnya menggunakan vacuum cleaner untuk menyedot kotoran-kotoran yang mungkin masih melekat di pori-pori permukaan kain pada interior mobil Anda. Sedot bagian dasboard, karpet, jok dan interior mobil lainnya, pastikan jangan sampai ada bagian interior yang terlewatkan. Sampai dengan tahap ini Anda bisa melakukannya jika interior mobil Anda sudah mulai tercium bau tak sedap atau dua minggu sekali.

5. Mencuci karpet

Anda juga perlu mencuci karpet atap pelapis di bagian bagasi serta dibagian interior karena biasanya sumber bau yang tak sedap paling besar berada pada bagian ini. jangan lupa untuk mengeringkan sampai tuntas.

6. Membuka Kaca Mobil

Membuka sedikit kaca selama satu malam. Cara ini dapat menyirkulasikan udara lama dengan yang baru. Namun anda juga harus mencari sumber penyebab bau tak sedap. Lakukan cara ini di dalam garasi serta aman dari hujan. Pastikan juga tempatnya aman dari tangan jahil karena cara ini membutuhkan waktu semalaman.

7. Mencuci karpet

Anda juga perlu mencuci karpet atap pelapis di bagian bagasi serta dibagian interior karena biasanya sumber bau yang tak sedap paling besar berada pada bagian ini. jangan lupa untuk mengeringkan sampai tuntas.

8. Baking Soda

Baking soda, caranya percikkan di beberapa bagian spot dan kemudian diamkan selama satu malam. Kemudian keesokan harinya,anda perlu membersihkannya dengan menyedot memakai vacuum cleaner.

9. Cuka apel

Anda juga bisa memakai resep lain dengan menggunakan cuka apel untuk disemprotkan di beberapa bagian kabin mobil termasuk pada karpet.

10. Menggunakan Bubuk

Anda juga bisa menggunakan bahan yang alami yaitu bubuk kopi. Letakkan bubuk kopi dibagian sudut kabin dan kemudian diamkan selama semalam. Perlu diketahui bubuk kopi yang dimaksud bukanlah bubuk kopi khusus melainkan semua jenis bubuk kopi sekalipun berharga murah.


Itulah beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada kabin mobil anda. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda dalam merawat dan membersihkan mobil anda dengan baik dan tepat. Terima kasih atas perhatian dan kunjugan di blo tercinta kami, yaitu Bukucatatan.net. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

0 Response to "10 Tips Paling Jitu Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Interior Mobil Anda"

Posting Komentar