3 Kesalahan Mendasar Yang Dilakukaan Saat Servis Kendaraan

3 Kesalahan Mendasar Yang Dilakukaan Saat Servis Kendaraan - Pengertian Servis adalah pukulan permulaan suatu permainan. Namun dari segi taktik, servis merupakan suatu serangan awal. Hal tersebut didukung oleh teknik servis yang dapat langsung mematikan lawan. Servis dengan ayunan tangan dari bawah disebut juga underhand service.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi dan artikel terbaru yang membahas mengenai 3 Kesalahan Mendasar Yang Dilakukaan Saat Servis Kendaraan. Baca dan simaklah penjelasan berikut di bawah ini :

1. Tidak Menanyakan Ketersediaan Suku Cadang

Hal ini juga kerap dilakukan oleh para pemilik mobil. Mereka tidak pernah bertanya mengenai stok suku cadang yang ada di bengkel tersebut sehingga saat ada kerusakan pada mobil, kerusakan tersebut tidak bisa langsung ditangani. Hal ini jelas akan merugikan si pemilik mobil. Oleh karena itu tanyakan terlebih dahulu mengenai stok suku cadang baik baru maupun bekas yang ada di bengkel tersebut.
3 Kesalahan Mendasar Yang Dilakukaan Saat Servis Kendaraan
3 Kesalahan Mendasar Yang Dilakukaan Saat Servis Kendaraan

2. Berganti-Ganti Bengkel

Kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pemilik mobil adalah berganti-ganti bengkel setiap kali akan melakukan servis. Hal ini kurang baik karena kamu tak akan memiliki montir langganan. Guna dari montir langganan adalah kamu lebih mengenali mereka dan mereka lebih mengenali mobilmu sehingga pengerjaan mobilmu bisa menjadi lebih baik.

3. Tidak Menanyakan Harga Komponen dan Jasa

Hal ini kerap menjadi persoalan tersendiri ketika setelah melakukan servis ternyata biaya yang harus dikeluarkan sangat banyak. Kamu tak mau kan jika biaya servismu membengkak hingga kamu akan kesulitan keuangan nantinya. Lebih baik tanyakan terlebih dahulu harga komponen dan jasa yang ada di bengkel tersebut agar kegiatan servis mobilmu menjadi transparan.

Tujuan servis kendaraan bermotor

Terdapat beberapa keuntungan servis rutin yang di dapat bila ini dilakukan berikut di bawah ini :
  • Kendaraan selalu dalam kondisi optimal dan selalu siap dioperasikan. Dengan kondisi selalu siap, kendaraan merupakan faktor yang menguntungkan, bukan merugikan. Apalagi kalau dikaitkan dengan kepentingan bisnis, kendaraan sangat berpengaruh terhadap kelancaran bisnis.
  • Biaya operasional yang hemat. Semakin lengkap dan teliti servisnya, semakin panjang umur kendaraan dan akhirnya semakin rendah biaya operasional kendaraan tersebut.
  • Keamanan dan Keselamatan. Perlu diketahui bahwa kekurangan pekerjaan pengontrolan dan ketelitian pada saat servis kendaraan dapat mengakibatkan kecelakaan yang serius, minimal kendaraan bisa mogok di tengah perjalanan.
  • Kenyamanan yang optimal. Hanya kendaraan yang dirawat dengan baik yang dapat menampilkan unjuk kerja dan kenyamanan yang optimal.

Jangka Waktu Servis rutin Kendaraan

Perhatikan spesifikasi kendaraan dari pabrik pembuatnya. Hal ini dapat diketahui dari Buku manual yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat kendaraan. Buku manual kendaraan ini berisi petunjuk cara mempersiapkan menggunakan dan merawat kendaraan. Secara umum, kendaraan akan diservis berdasarkan beberapa persyaratan berikut :

  • Berdasarkan operasional kendaraan yang normal

Servis kecil; dilakukan setelah kendaraan menempuh perjalanan,  setiap 5.000 s.d  10.000 km. Servis besar; dilakukan setelah kendaraan menempuh perjalanan,  setiap 10.000  s.d  20.000 km atau minimal sekali pertahun.

  • Berdasarkan operasi yang khusus/ kondisi berat

Jika kendaraan dioperasikan pada kondisi yang berat, misalnya pada daerah yang berdebu, berlumpur, jalan yang kasar, daerah pegunungan atau pantai laut, maka jangka waktu pemeliharaan/perawatan/ servis berkala menjadi lebih pendek dibandingkan dengan pemeliharaan/perawatan/servis berkala kendaraan yang dioperasikan dalam kondisi normal.

Demikianlah informasi dan artikel dari Bukucatatan.net pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih bisa merawat dan menjaga kestabilan kendaraan anda, baik itu kendaraan mobil ataukah kendaraan motor dan kendaraan sejenisnya. Sekian dan terima kasih atas perhatiannya. Salam sukses dari saya pribadi (y)

Baca juga :

0 Response to "3 Kesalahan Mendasar Yang Dilakukaan Saat Servis Kendaraan"

Posting Komentar