10 Ciri-Ciri Guru Yang Sudah Dianggap Profesional

10 Ciri-Ciri Guru Yang Sudah Dianggap Profesional - Guru Profesional merupakan salah satu komponen penting dalam proses belajar mengajar. Seorang guru ikut berperan serta dalam usaha membentuk sumber daya manusia yang potensial di bidang pembangunan. Pengertian guru profesional menurut para ahli adalah semua orang yang mempunyai kewenangan serta bertanggung jawab tentang pendidikan anak didiknya, baik secara individual atau klasikal, di sekolah atau di luar sekolah.
10 Ciri-Ciri Guru Yang Sudah Dianggap Profesional
10 Ciri-Ciri Guru Yang Sudah Dianggap Profesional

Guru adalah semua orang yang mempunyai wewenang serta mempunyai tanggung jawab untuk membimbing serta membina murid. Latar belakang pendidikan bagi guru dari guru lainnya tidak selalu sama dengan pengalaman pendidikan yang dimasuki dalam jangka waktu tertentu. Adanya perbedaan latar belakang pendidikan bisa mempengaruhi aktivitas seorang guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Namun, karena tidak sedikit guru yang diperlukan di madrasah maka latar belakang pendidikan seringkali tidak begitu dipedulikan.
Jika kompetensi mempunyai arti kecakapan atau kemampuan, hal ini erat kaitannya dengan pemilihan ilmu, kecakapan atau keterampilan menjadi seorang guru. Kompetensi adalah suatu tugas yang memiliki dan mempunyai kecakapan atas pengetahuan, keterampilan serta kemampuan yang dituntut karena jabatan seseorang.

Pengertian guru profesional adalah semua orang yang mempunyai kewenangan serta mempunyai tanggung jawab terhadap pendidikan siswa, baik individual atau klasikal. Hal ini berarti bahwa guru, harus memiliki minimal dasar kompetensi sebagai bentuk wewenang dan kemampuan di dalam menjalankan tugas-tugasnya. Kompetensi guru adalah suatu keahlian yang wajib dipunyai oleh guru, baik dari kemampuan segi pengetahuan, kemampuan dari segi keterampilan dan tanggung jawab pada murid-murid yang di didiknya, sehingga dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang pendidik bisa berjalan dengan baik.


Hal ini guru perlu untuk mengetahui dan memahami kompetensi sebagai seorang guru. Kompetensi guru menjadi modal penting di dalam pengelolaan pendidikan dan pengajaran yang begitu banyak macamnya. Dilihat secara garis besar ada dua segi yaitu dari segi kompetensi pribadi serta dari kompetensi guru professional. Dengan macam-macam kompetensi itu maka pengertian guru profesional harus mampu mengembangkan kepribadian, berinteraksi serta berkomunikasi, mampu melaksanakan bimbingan serta penyuluhan, melaksanakan administrasi sekolah, menjalankan penelitian sederhana sebagai keperluan pengajaran, menguasai landasan kependidikan, memahami bahan pengajaran, menyusun program pengajaran, melaksanakan program pengajaran, dan mengevaluasi hasil dan proses belajar mengajar yang telah dijalankan.

Guru yang sudah sertifikasi maka menjadi guru profesional adalah hal yang wajib. Berikut  di bawah ini merupakan 10 Ciri-Ciri Guru Yang Sudah Dianggap Profesional yang mungkin bisa menjadi panutan bagi yang ingin mengembangkan diri agar benar-benar menjadi guru profesional yang handal.

1. Memiliki Tujuan yang jelas dalam pelajaran

Seorang guru yang profesional selalu menetapkan tujuan yang jelas untuk setiap pelajaran dan selalu bekerja keras untuk memenuhi tujuan tertentu dalam setiap pelajaran. Jadi memiliki tujuan yang jelas sangat penting dalam proses belajar mengajar.

2. Selalu punya energi untuk siswanya

Ciri-ciri guru profesional yang pertama adalah bahwa seorang guru profesional selalu menaruh perhatian pada siswanya di setiap percakapan ataupun ketika dalam hal diskusi dengan siswanya. Guru yang baik dan profesional juga mempunyai kemampuam mendengar dengan seksama, mendengar apa yang dikeluhkan oleh anak didiknya, dan bisa menjadi motivator bagi semua anak didiknya. Selalu mempunyai energi positif untuk para siswanya.

3. Mempunyai hubungan yang berkualitas dengan siswa

Seorang guru yang profesioanl juga mengembangkan hubungan yang kuat dan saling hormat menghormati dengan siswa dan membangun hubungan yang dapat dipercaya.

4. Mempunyai keterampilan manajemen kelas yang baik

Seorang guru yang profesional memiliki keterampilan manajemen kelas yang baik, pengaturan kelas sangat diperhatikan oleh seorang guru profesional.

5. Mempunyai keterampilan mendisiplinkan yang efektif

Seorang guru yang profesional akan memiliki keterampilan disiplin yang efektif sehingga bisa  menunjukkan perubahan perilaku positif di dalam kelas.

6. Bisa berkomunikasi dengan baik bersama orang tua murid

Seorang guru yang profesional selalu menjaga komunikasi terbuka dengan para orang tua murid dan membuat mereka selalu update informasi tentang apa yang sedang terjadi di dalam kelas dalam hal kurikulum, disiplin, dan masalah lainnya. Mereka membuat diri mereka selalu bersedia memenuhi panggilan telepon, rapat, email dan sekarang, twitter.

7. Mempunyai harapan yang tinggi pada siswanya

Seorang guru yang profesional selalu memiliki harapan yang tinggi dari siswanya dan mendorong semua siswa dikelasnya untuk selalu bekerja dan mengerahkan potensi terbaik mereka.

8. Memahami tentang Kurikulum

Seorang guru yang profesional selalu memiliki pengetahuan mendalam tentang kurikulum sekolah dan standar-standar lainnya. Mereka dengan sekuat tenaga  memastikan pengajaran mereka memenuhi standar-standar itu.

9. Mengetahui tentang subyek yang diajarkan

Hal ini mungkin sudah jelas, tetapi kadang-kadang diabaikan. Seorang guru yang profesional memiliki pengetahuan yang luar biasa dan antusiasme untuk subyek yang mereka ajarkan. Mereka siap untuk menjawab pertanyaan dan menyimpan bahan menarik bagi para siswa, bahkan bekerja sama dengan bidang studi lain demi pembelajaran yang kolaboratif.

10. Memberikan yang terbaik untuk anak didik dalam proses pengajaran

Seorang guru yang profesional selalu bergairah mengajar dan bekerja dengan anak-anak didik. Mereka gembira bisa mempengaruhi siswa dalam kehidupan  mereka dan memahami dampak atau pengaruh yang mereka miliki dalam kehidupan siswanya, sekarang dan nanti ketika siswanya sudah beranjak dewasa.

Itulah 10 Ciri-Ciri Guru Yang Sudah Dianggap Profesional yang kami bagikan kepada anda semua. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih memperbanyak mengintropeksi diri anda dengan sebaik-baiknya. Apakah anda sudah layak menjadi guru profesional atau tidak. Karena sertifikat hanya sebagai tanda bukti saja tapi yang benar-benar menjadikan anda sebagai guru profesioanal adalah ketika anda mampu menerapkan pembelajaran yang efisien tanpa menggunakan waktu terlalu banyak. Sekian dan terima kasih.

0 Response to "10 Ciri-Ciri Guru Yang Sudah Dianggap Profesional"

Post a Comment