Nasehat Itu Adalah Perintah Allah Dan Bukan Perintah Manusia

Nasehat Itu Adalah Perintah Allah Dan Bukan Perintah Manusia - Nasehat itu adalah ibarat Allah dengan hamba-hamba-Nya. Dalam artian Allah Swt menyuruh kepada ciptaan-Nya untuk selalu memberikan nasehat untuk kepada siapa saja. Karena siapa yang memberikan nasehat dan membuat orang itu terjaga/terhindar dari perbuatan maksiat. Maka Allah akan menjadikan hidup orang itu penuh dengan keberkahan.
Nasehat  Itu Adalah Perintah Allah Dan Bukan Perintah Manusia
Nasehat  Itu Adalah Perintah Allah Dan Bukan Perintah Manusia


Maka dari itu, khususnya buat para kaum remaja yang tidak suka dinasehati dan ditegur hanya untuk masa depan dan kebahagiaanya kelak. Berikut di bawah ini adalah ayat-ayat memerintahkan buat kita semua untuk menanam yang namanya nasehat dan kebaikan kepada siapa saja terutama kepada keturunan dan keluarga kita.

Ayat-ayat Al Qur’an tentang Nasehat dan Pengajaran Orang Tua Terhadap Anaknya

  • “Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.” (Q.S Yusuf, 12:87)
  • “Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: “Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.” (Q.S Luqman, 31:13)
  • “(Luqman berkata): “Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui”. (Q.S Luqman, 31:16)
  • ”Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (Q.S Luqman, 31:18)
  • “Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai”. (Q.S Luqman, 31:19)
  • “Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (Q.S Al Baqarah, 2:132)
  • “Adakah kamu hadir ketika Ya’qub kedatangan (tanda-tanda) maut, ketika ia berkata kepada anak-anaknya: “Apa yang kamu sembah sepeninggalku?” Mereka menjawab: “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”. (Q.S Al Baqarah, 2:133)
  • “Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya, sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil: “Hai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang yang kafir.” (Q.S Huud, 11:42)
  • “Anaknya menjawab: “Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!” Nuh berkata: “Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang.” Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan”. (Q.S Huud, 11:43)
  • “Ayahnya berkata: “Hai anakku, janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar (untuk membinasakan) mu. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.” (Q.S Yusuf, 12:5)
  • “Dan Ya’qub berkata: “Hai anak-anakku janganlah kamu (bersama-sama) masuk dari satu pintu gerbang, dan masuklah dari pintu-pintu gerbang yang berlain-lain; namun demikian aku tiada dapat melepaskan kamu barang sedikitpun dari pada (takdir) Allah. Keputusan menetapkan (sesuatu) hanyalah hak Allah; kepada-Nya-lah aku bertawakkal dan hendaklah kepada-Nya saja orang-orang yang bertawakkal berserah diri.” (Q.S Yusuf, 12:67)

Perintah Pengajaran Pada anak

  • “Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah). (Q.S Luqman, 31:17)
  • ”Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; …. (Q.S At Tahrim, 66:6)
  • “Dan (ingatlah kisah) Daud dan Sulaiman, di waktu keduanya memberikan keputusan mengenai tanaman, karena tanaman itu dirusak oleh kambing-kambing kepunyaan kaumnya. Dan adalah Kami menyaksikan keputusan yang diberikan oleh mereka itu,” (Q.S Al Anbiyaa’, 21:78)
  • “maka Kami telah memberikan pengertian kepada Sulaiman tentang hukum (yang lebih tepat); dan kepada masing-masing mereka telah Kami berikan hikmah dan ilmu dan telah Kami tundukkan gunung-gunung dan burung-burung, semua bertasbih bersama Daud. Dan kamilah yang melakukannya. (Q.S Al Anbiyaa’, 21:79)
  • “… “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”. (Q.S Al Baqarah, 2:132)
  • “… “Kami akan menyembah Tuhanmu dan Tuhan nenek moyangmu, Ibrahim, Ismail dan Ishaq, (yaitu) Tuhan Yang Maha Esa dan kami hanya tunduk patuh kepada-Nya”. (Q.S Al Baqarah, 2:133)

Jadi Sebagai Kesimpulan : 

  • Jangan pernah anda menolak yang namanya kebaikan dan nasehat karena kebaikan itu datangnya dari Allah dan Allah akan murkah kepada anda yang enggan untuk menerima kebaikan dan nasehat.
  • Jangan pernah anda takabbur dalam hidup ini. Dalam artian begitu banyak orang dan kaum remaja yang angkuh dan sombong ketika mereka diberikan nasehat dan masukan serta mereka mengatakan : Aku tak butuh nasehat dan masukan itu. Sungguh orang dan kaum remaja seperti itu akan merasakan yang namanya penyesalan seumur hidupnya.
  • Dan yang terakhir terakhir adalah jangan pernah menganggap orang yang menasehatimu selama ini begitu sungguh jahat kepadamu hanya dengan perkataannya saja. Tapi semua itu hanya dilakukan untuk masa depan dan kebahagiaan anda kelak. 

Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan yang penuh berkah ini yang berkaitan dengan Nasehat. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, tidak ada lagi alasan buat anda untuk menolak namanya kebaikan dan nasehat, khususnya buat kaum remaja yang tidak ingin dinasehati untuk kebaikan dan kebahagiaanya sndiri di masa yang mendatanng. Sekian dan terima kasih. Semoga Allah selalu menjaga dan membukakan pintu hidayah kepada kita semua. Amin

0 Response to "Nasehat Itu Adalah Perintah Allah Dan Bukan Perintah Manusia"

Post a Comment