11 Metode Belajar Secara Efisien Dan Berkualitas

11 Metode Belajar Secara Efisien Dan Berkualitas - Belajar adalah sebuah proses perubahan di dalam kepribadian manusia dan perubahan tersebut ditampakkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku seperti peningkatan kecakapan, pengetahuan, sikap, kebiasaan, pemahaman, ketrampilan, daya pikir, dan kemampuan-kemampuan yang lain.

11 Metode Belajar Secara Efisien Dan Berkualitas
11 Metode Belajar Secara Efisien Dan Berkualitas 

Pada kesempatan kali ini, kami dari admin akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel yang membahas tentang 11 Metode Belajar Secara Efisien Dan Berkualitas. Simak dan perhatikanlah secara baik ya.

1. Mengerti Bukan Menghafal

Hal yang paling sering dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya tidak salah cuman kurang efektif. Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya maka dengan sendiri akan kita ingat ketika ujian. Kalau anda masih dalam metode belajar dengan menghafal, sangat disarankan untuk pindah ke metode mengerti materi.

2. Belajar dengan Praktik

Pasti udah tahu semua dong sama ini, belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Cara belajar ini juga akan membuat Anda tak merasa bosan, bisa menyebabkan jenuh, cobain deh untuk melakukannya praktik langsung. Misalnya pelajaran IPA seperti Botani atau Avertebrata, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan itu kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi lebih asyik.

 3. Belajar rutin tapi jangan lama

Dengan rutin belajar anda akan semakin mudah untuk mengingat hal yang sudah Anda pelajari. yang perlu anda lakukan adalah "belajar rutin" bukan "Terlalu lama belajar". Seperti belajar saat pagi 45 menit, siang 25 menit, sore 50 menit, malam 1 jam. Cara ini sangat efetif dan pikiran juga akan tetap dalam keadaan rileks dari pada harus belajar terlalu lama.

4. Belajar pada waktu yang tepat

Aktivitas belajar membutuhkan konsentrasi sehingga mudah menyerap materi belajar. Ini berarti kegiatan belajar tidak bisa diselingi dengan kegiatan lain. Oleh sebab itu belajar di rumah dilakukan pada waktu yang memungkinkan untuk belajar. 

Cari waktu belajar yang membuat siswa bisa konsentrasi penuh. Biasanya setiap siswa mempunyai waktu berbeda dalam belajar.

5. Belajar dilengkapi bahan dan sumber belajar

Buku catatan sekolah perlu dilengkapi dengan buku sumber belajar yang relevan. Begitu pula gadget yang mempunyai koneksi internet dapat digunakan untuk mencari tahu sesuatu yang berkaitan dengan materi pelajaran.

6. Belajar secara rutin

Kebiasaan siswa adalah menumpuk atau menunda-nunda belajar sehingga materi pelajaran yang dipelajari menjadi banyak. Atau hanya belajar ketika ada ulangan di sekolah. Ini kebiasaan yang kurang baik dan bisa menimbulkan kemalasan untuk belajar. Sebaiknya biasakan belajar secara rutin walaupun hanya beberapa menit saja.

7. Belajar secara berkelompok


Belajar berkelompok lebih efektif daripada sendirian. Dengan berkelompok dapat saling berdiskusi atau bertukar pikiran mengenai bahan pelajaran yang didiskusikan. Selain itu dapat saling berbagi ilmu pengetahuan dengan anggota kelompoknya.

8. Buat Suasana Belajar yang Nyaman

Yang perlu anda lakukan pertama adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantara : anda bisa belajar sambil mendengarkan music, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman atau dipinggir danau, atau diruangan ber-AC

 9. Merangkum Pokok Pembelajaran

Mencatat pokok-pokok pembelajaran. Kenapa? Karena jika anda membaca 1 buku maka akan butuh waktu yang sangat lama untuk menyelesaikan. Ambilah intisari dari pelajar tersebut. Kalau yang sering saya lakukan, mencatat ulang materinya, disamping kita akan mudah mengingatnya juga mudah untuk memahami inti dari pembelajaran tersebut

10. Belajar Bersama

Metode ini seringkali di katakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran / materi yang akan di serap. Selain itu hal - hal yang belum di ketahui akan lebih mudah di selesaikan dengan bekerja sama. Maka sangat dianjurkan untuk belajar bersama untuk menghadapi ujian.

11. Metode mempersingkat atau memodifikasi menyerupai nama sesuatu

Metode ini yang paling sering saya gunakan saat menjelang ujian. karena saya tidak terlalu bisa dalam menghafal, jadi saya tekniki dengan menggunakan nama-nama yang hampir mirip untuk mengingat materi. Ini sangat efektif digunakan dan otak sangat mudah mengingatnya.

Sekian dan terima kasih atas kunjugan dan partisipasinya. Semoga artikel kali ini sangat bermanfaat buat anda semua khususnya masih duduk di bangku sekolah dan di bangku perkuliahan. Semoga sukses selalu.

0 Response to "11 Metode Belajar Secara Efisien Dan Berkualitas "

Posting Komentar