Manfaat Buat Pisang Untuk Mencegah Kram

Manfaat Buat Pisang Untuk Mencegah KramPisang merupakan tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. × paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah ini tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari, yang disebut sisir. 
Manfaat Buat Pisang Untuk Mencegah Kram
Manfaat Buat Pisang Untuk Mencegah Kram

Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Baiklah, langsung saja anda menyimak pembahasan tentang Manfaat Buat Pisang Untuk Mencegah Kram. Baca dan simaklah dengan sebaik-baiknya.

Gejala kram semua orang pasti merasakan, termasuk Anda. Entah itu bagian otot kaki, lengan atau jari-jemari serta tubuh Anda lainnya.

Apalagi, jika kram tersebut membuat Anda sakit. Tentunya sangat menyakitkan dan membuat Anda tak nyaman. Apalagi, gejalanya yang suka datang tiba-tiba.

Asal Anda tahu, penyebab kram bisa terjadi karena pola hidup yang tak sehat. Benarkah demikian? Berdasarkan ahli terapi fisik, dan pemilik Rye Physical Therapy dan Rehabilitation Matthew Hyland menyebutkan, timbulnya kram dibagian tubuh Anda banyak faktor.

“Banyak pemicunya. Mulai dari sekadar dehidrasi, bahkan sampai yang serius seperti penyakit ginjal,” 

Ada juga, lanjut dia, penyebab kram terjadi karena efek dari latihan yang berlebihan, yang menyebabkan trauma otot.

Menurut dia, sistem otot memiliki batas yaitu puncaknya pada usia 20 tahun. Meski bisa dipertahankan, faktanya dalam usia 40 tahun kekuatannya sudah mulai melemah.

Untuk mencegah melemahnya otot, kata dia, Anda bisa memulainya dengan banyak minum air mineral, karena dehidrasi juga bisa menjadi pemicu kram.

Anda juga sangat dianjurkan banyak makan buah dan sayur. Salah satunya yang bisa dimanfaatkan adalah pisang. Buah ini kaya akan kalium (elektrolit yang membantu mengontrol keseimbangan cairan dalam sel tubuh).

Tubuh dapat kehilangan keseimbangan cairan akibat keluarnya air melalui keringat, yang dapat memicu penyusutan otot dan kram. Maka, pisang bisa mengatasi hal ini.

Maka dari itu konsumsilah sedikitnya satu buah pisang yang dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan kalium sebanyak 15 persen. Ini juga baik dalam menjaga fungsi jantung, kontraksi otot rangka, pencernaan, hipertensi, keropos tulang, bahkan kanker.

Di samping itu, ternyata Buah Pisang memiliki manfaat yang lain bukan hanya pada mencegah kram saja. Berikut ini adalah :

  • Meningkatkan mood


Buah pisang bermanfaat membantu meningatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil dan supaya tidak stres.

  • Kaya kandungan vitamin dan serat


Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali kandungan vitamin A dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan kandungan potasium dengan kadar potasium mencapai 400mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap dapat menjaga kesehatan jantung.

  • Meningkatkan kesehatan otak


Dengan mengkonsumsinya secara rutin dan sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan pencuci mulut.

  • Mengobati jerawat


Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

  • Menghaluskan kulit wajah


Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

  • Mengatasi diabetes


Bagi untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas daerah Gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

  • Menyeimbangkan jumlah cairan


Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

  • Mengobati sakit maag


Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

  • Mengatasi anemia


Buah pisang memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya secara rutin. Manfaat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

  • Menyehatkan tulang


Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

  • Menyembuhkan luka bakar


Anda dapat menggunakan salah satu bagian tanaman pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya, ambil abu daun pisang dan kemudian tambahkan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

  • Mencegah penyakit jantung


Buah pisang ini dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang mengandung kandungan vitamin C dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta dapat mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.


  • Memperlancar sistem pencernaan


Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan tubuh secara optimal.

  • Mengatasi gatal akibat terkena gigitan nyamuk


Gigitan nyamuk yang menganggu dan rasa gatal yang diakibatkannya dapat dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

  • Melancarkan peredaran darah


Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

  • Mengurangi rasa sakit ketika haid


Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

  • Mengurangi pembengkakan


Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

  • Mengobati sembelit


Pisang dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

  • Sumber energi


Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.

  • Menurunkan berat badan


Manfaat buah pisang untuk menurunkan berat badan. Bagi yang bermasalah dengan kondisi berat badan, maka dengan rutin mengkonsumsi buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, buah pisang memiliki kandungan kalori yang relatif kecil.


Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan yang sama berbahagia ini, membahas mengenai Manfaat Buah Pisang. Semoga bermanfaat dan artikel di atas bisa membuat kesehatan anda tetap prima dan jauh dari yang namanya penyakit. 

0 Response to "Manfaat Buat Pisang Untuk Mencegah Kram"

Post a Comment