Ciri-Ciri Seorang Anak Yang Memiliki Kecerdasan Luar Biasa

Ciri-Ciri Seorang Anak Yang Memiliki Kecerdasan Luar BiasaKecerdasan adalah perihal cerdas, kesempurnaan akal budi manusia. Kata kecerdasan ini diambil dari akar kata cerdas. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia cerdas berarti sempurna perkembangan akal budi seseorang manusia untuk berfikir, mengerti, tajam pikiran dan sempurna pertumbuhan tubuhnya.
Ciri-Ciri Seorang Anak Yang Memiliki Kecerdasan Luar Biasa
Ciri-Ciri Seorang Anak Yang Memiliki Kecerdasan Luar Biasa

Langsung saja, pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasi dan artikel yang membahas tentang Ciri-Ciri Seorang Anak Yang Memiliki Kecerdasan Luar Biasa.
Disamping itu anda juga bisa mengetahui Jenis-Jenis Kecerdasan baik kepada orang dewasa maupun seorang anak. Karena kecerdasan ini universal (umum) dan hanya orang-orang tertentu saja yang dapat memilikinya.

Ciri-Ciri Seorang Anak Yang Memiliki Kecerdasan Luar Biasa :

  • Kemampuan bahasa yang sangat baik

Kecerdasan pada anak juga dapat dilihat dari cara anak berbicara, apakah ia mampu berbicara dengan kalimat lengkap lebih awal dari anak-anak sebayanya. Mereka juga mampu mendeskripsikan apa yang dirasakan dan setidaknya mampu menyampaikan apa yang mereka mau dengan struktur kata yang jelas.

  • Anak dapat dikategorikan sangat aktif

Sangat aktif disini bukan hiperaktif. Anak hiperaktif tidak memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi, sedangkan mereka yang aktif dan cerdas mampu berkonsentrasi pada satu hal untuk waktu yang lama dan memiliki keinginan kuat untuk menyelesaikan sesuatu.

  • Terkadang memiliki teman imajiner

Anak dengan kondisi kecerdasan yang tinggi, akan mampu berimajinasi dengan sangat jelas. Oleh karena itu, biasanya mereka dapat menciptakan teman imajiner untuk menemaninya bermain.

  • Kemampuan mengingat dan menceritakan suatu hal dengan baik

Mereka akan mudah menyerap apa yang telah dilihat dan didengarnya. Mereka juga mampu menceritakan kembali apa yang telah mereka tonton sebelumnya dengan runut.

  • Memiliki ketertarikan khusus pada suatu hal

Anak balita yang memiliki ketertarikan pada suatu hal kemudian ia menjadi fokus dan merasa tertantang dengan hal yang lebih sulit dalam bidang tersebut menjadi salah satu tanda kecerdasan.

Misalnya anak sangat suka dan cenderung bertalenta pada hal artistik. Ia akan senang menggambar dan mencampurkan berbagai macam warna, mampu menggambar dengan jelas dan lain sebagainya.

Selain itu ada juga anak yang lebih mudah menghafal dan mengingat angka atau huruf, gambar-gambar hewan dan lain sebagainya.

  • Memiliki tingkat keingintahuan yang tinggi

Biasanya anak yang berpotensi memiliki kecerdasan akan melontarkan banyak pertanyaan. Terkadang pertanyaan-pertanyaan yang mereka ungkapkan membutuhkan penjelasan yang cukup panjang sehingga membuat orang dewasa kewalahan. Bahkan beberapa diantaranya malah menyuruh anaknya diam.

Anak-anak yang kritis dan mampu berpikir lebih cepat, biasanya akan bertanya terus menerus tentang apa yang ia lihat dilingkungannya.

  • Mengajukan banyak pertanyaan

Anak jenius secara alami selalu ingin tahu, jadi jangan kaget jika Anda ditantang dengan pertanyaan “Bagaimana”, “Apa”, “Di mana”, “Mengapa”, dan “Kapan” setiap hari.

Jenis-Jenis Kecerdasan :

  • Kecerdasan Linguistik


Kecerdasan linguistik adalah kecerdasan dalam mengolah kata yaitu kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif, baik secara lisan maupun tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme dan intonasi dari kata yang di ucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi. Kecerdasan Linguistik merupakan kecerdasan para jurnalis, juru cerita, penyair, dan pengacara.

  • Kecerdasan Logika - Matematika


Kecerdasan logika – matematika ialah kecerdasan dalam hal angka dan logika yaitu  kemampuan seseorang dalam memecahkan masalah. Ia mampu memikirkan dan menyusun solusi (jalan keluar) dengan urutan yang logis (masuk akal). Ia suka angka, urutan, logika dan keteraturan. Ia mengerti pola hubungan, ia mampu melakukan proses berpikir deduktif dan induktif. 

Proses berpikir deduktif artinya cara berpikir dari hal-hal yang besar kepada hal-hal yang kecil. Proses berpikir induktif artinya cara berpikir dari hal-hal yang kecil kepada hal – hal yang besar. Kecerdasan logika-matematika merupakan kercerdasan yang dimiliki para ilmuwan, akuntan, dan pemogram komputer.

  • Kecerdasan Visual - Spasial


Kecerdasan visual dan spasial adalah kemampuan untuk melihat dan mengamati dunia visual dan spasial secara akurat (cermat). Visual artinya gambar, spasial yaitu hal-hal yang berkenaan dengan ruang atau tempat. Kecerdasan ini melibatkan kesadaran akan warna, garis, bentuk, ruang, ukuran dan juga hubungan di antara elemen-elemen tersebut. Kecerdasan ini juga melibatkan kemampuan untuk melihat obyek dari berbagai sudut pandang. Kecerdasan visual-spasial merupakan kecerdasan para arsitek, fotografer, artis, pilot, dan insinyur mesin.

  • Kecerdasan Musikal


Kecerdasan musik adalah kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan bentuk-bentuk musik.Kecerdasan ini meliputi kepekaan terhadap ritme, melodi dan timbre dari musik yang didengar. Musik mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap  perkembangan kemampuan matematika dan ilmu sains dalam diri seseorang.

  • Kecerdasan Intrapersonal


Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan yang berhubungan dengan kesadaran dan pengetahuan tentang diri sendiri. Dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Mampu memotivasi dirinya sendiri dan melakukan disiplin diri. Orang yang memilki kecerdasan ini sangat menghargai nilai (aturan-aturan) etika (sopan santun) dan moral. Contoh orang yang mempunyai kecerdasan ini, yaitu konselor, ahli teologi, dan wirausahaan.

  • Kecerdasan Interpersonal


Kecerdasan interpersonal ialah kemampuan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain, kemampuan untuk mengamati dan mengerti maksud, motivasi dan perasaan orang lain. Peka pada ekpresi wajah, suara dan gerakan tubuh orang lain dan ia mampu memberikan respon secara efektif dalam berkomunikasi. Kecerdasan ini juga mampu untuk masuk ke dalam diri orang lain, mengerti dunia orang lain, mengerti pandangan, sikap orang lain dan umumnya dapat memimpin kelompok. Contoh orang yang mempunyai kecerdasan interpersonal adalah direktur dan pimpinan sebuah perusahaan.

  • Kecerdasan Kinestetik


Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan dalam menggunakan tubuh kita secara terampil untuk mengungkapkan ide, pemikiran dan perasaan. Kecerdasan ini juga meliputi keterampilan fisik dalam bidang koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan, kelenturan dan kecepatan. Kecerdasan ini mencakup bakat dalam mengendalikan gerak tubuh dan keterampilan dalam menangani benda. Atlet, pengrajin, montir, dan ahli bedah mempunyai kecerdasan kinestetik tingkat tinggi.

  • Kecerdasan Naturalis


Kecerdasan naturalis adalah kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat kategori terhadap apa yang di jumpai di alam maupun lingkungan. Intinya adalah kemampuan manusia untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari alam semesta. 


Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan kali ini, yang berkaitan dengan Kecerdasan Luar Biasa Yang Dimiliki Oleh Seorang Anak. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda semakin memperhatikan buah hati anda dengan baik dan tepat, khususnya pada perkembangan psikis (Menta, kejiawaan) dan perkembanagan di dunia pendidikan. 

0 Response to "Ciri-Ciri Seorang Anak Yang Memiliki Kecerdasan Luar Biasa"

Post a Comment