Apakah Benar Air Putih Bisa Basi

Apakah Benar Air Putih Bisa BasiAir adalah senyawa yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di Bumi, tetapi tidak di planet lain. Air menutupi hampir 71% permukaan Bumi. Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) tersedia di Bumi. Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung), akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es. 

Air dalam objek-objek tersebut bergerak mengikuti suatu siklus air, yaitu: melalui penguapan, hujan, dan aliran air di atas permukaan tanah (runoff, meliputi mata air, sungai, muara) menuju laut. Air bersih penting bagi kehidupan manusia.
Apakah Benar Air Putih Bisa Basi
Apakah Benar Air Putih Bisa Basi

Untuk mendapatkan air tawar dari air laut bisa dilakukan dengan cara osmosis terbalik, yaitu suatu proses penyaringan air laut dengan menggunakan tekanan dialirkan melalui suatu membran saring. Sistem ini disebut SWRO (Seawater Reverse Osmosis) dan banyak digunakan pada kapal laut atau instalasi air bersih di pantai dengan bahan baku air laut.

Di banyak tempat di dunia terjadi kekurangan persediaan air. Selain di Bumi, sejumlah besar air juga diperkirakan terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air). 

Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat di permukaan Bumi dalam ketiga wujudnya tersebut. Pengelolaan sumber daya air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air, monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik. Indonesia telah memiliki undang-undang yang mengatur sumber daya air sejak tahun 2004, yakni Undang Undang nomor 7 tahun 2004 tentang Sumber Daya Air.

Langsung saja anda menyimak pembahasan pada kali ini dari Bukucatatan.net yang membahas tentang Apakah Benar Air Putih Bisa Basi. Baca dan simaklah dengan sebaik-baiknya.

Benarkah air putih biasa (air mineral) bisa basi? Jika tidak bisa, kenapa air mineral kemasan ada tanggal kedaluwarsanya?

Sekilas Penjelasannya :

Tidak benar bahwa air putih, yang biasa berasal dari tanah atau air pegunungan, bisa basi jika disimpan dalam jangka waktu yang lama. Namun jika kita menyimpan air putih di sebuah wadah dalam jangka waktu yang lama mungkin dapat berubah rasa, warna, dan bau, apalagi jika wadah tersebut tidak bersih dan berbau. Kondisi seperti ini tidak bisa dikatakan basi karena air putih memang tidak bisa basi.

Lantas mengapa di botol air mineral kemasan terdapat tanggal kedaluarsa air mineral yang bisa dikomsumsi ? Hal ini disebabkan karena :
  • Birokrasi pemerintah, air merupakan produk makanan konsumsi, dengan demikian air harus tunduk pada hukum yang membutuhkan tanggal kadaluwarsa pada semua bahan komsumsi.
  • Selain itu, tanggal kedaluwarsa pada air mineral dalam botol memiliki manfaat tertentu bagi produsen. Meskipun air di dalam botol tetap sama, botol plastik itulah yang mengandung kadaluwarsa, dan lama kelamaan akan mengeluarkan bahan kimia ke dalam air.
  • Hal ini tidak membuat air jadi beracun, tapi rasanya kurang dari “mata air pegunungan segar”. Biasanya tanggal kadaluwarsa hanyalah satu unsur dari kode cetak yang mengidentifikasi tanggal, dan informasi lainnya. Seperti dikutip dari lifeslittlemysteries, meski tanggal kadaluarsa tak ada artinya, informasi manufaktur dapat berguna dalam melacak kontaminasi, kesalahan pembotolan atau pengingat produk.

Penjelasan Lain :

Apakah Anda termasuk orang yang selalu membawa segelas air putih menjelang tidur dan menyimpannya di nakas samping tempat tidur Anda? Apakah Anda merasakan perbedaan rasa saat meminumnya di pagi hari? Apakah airnya basi?

Ketika Anda terbangun dari tidur di pagi hari dan langsung mengonsumsi segelas air putih yang sudah Anda siapkan sejak semalam, Anda mungkin akan merasakan adanya perubahan rasa. Faktanya, ini bukan hanya perasaan Anda. Air memang dapat berubah ketika kita mendiamkannya dalam waktu yang lama, tapi kabar baiknya Anda tak perlu terlalu mengkhawatirkan hal ini.

Discovery News telah mempublikasikan secara rinci apa yang terjadi pada air ketika didiamkan dalam waktu lama. Hasilnya menunjukkan bahwa air menyerap karbon dioksida, yang menyebabkan menurunnya pH air dan membuatnya terasa agak asam. Peneliti menyatakan, perubahan ini tak perlu dikhawatirkan.

Namun, ada satu hal yang tak boleh dilupakan, semakin lama Anda mendiamkan segelas air di suatu tempat, entah itu di kamar tidur ataupun di meja kerja Anda, semakin besar kesempatan bakteri yang lebih berbahaya masuk ke dalamnya. Apalagi, jika Anda membiarkan gelas dalam keadaan terbuka.

Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan kali ini, yang membahas tentang Air Putih. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda semakin bertambah lagi.

0 Response to "Apakah Benar Air Putih Bisa Basi"

Post a Comment