15 Tips Mengatasi Stres Dalam Hitungan Detik

15 Tips Mengatasi Stres Dalam Hitungan Detik - Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stres adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Sebagai contoh, banyak profesional memandang tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka.

15 Tips Mengatasi Stres Dalam Hitungan Detik
15 Tips Mengatasi Stres Dalam Hitungan Detik


Stres bisa positif dan bisa negatif. Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan. Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

Baiklah, langsung saja pada kesempatan yang sama berbahagia ini, Bukucatatan.net akan memberikan informasi dan artikel yang membahas tentang 15 Tips Mengatasi Stres Dalam Hitungan Detik. Baca dan simaklah dengan baik.

1. Olahraga

Olahraga ternyata mampu meredakan emosi negatif seperti stres pada diri seseorang. Hal ini dapat terjadi karena olahraga mampu melepaskan hormon serotonin yang bisa membuat seseorang merasa senang. Bahkan, Mental Health Foundation yang merupaka organisasi kesehatan non-profit di Inggris sudah membuktikan bahwa olahraga sangat baik untuk mengobati depresi. Beberapa olahraga yang ampuh untuk meredakan stres itu diantaranya:
  • Berenang, dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang. Emosi positif ini bisa bertambah besar apabila turut mengajak orang-orang terdekat untuk berenang bersama, sambil menikmati permainan voli air atau yang lainnya. Bahkan, berenang juga sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru.
  • Menari, merupakan hal yang sangat efektif untuk membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik. Kegiatan ini bisa dilakukan sesuka hati dengan memilih musik dan tarian yang diminati. Namun jika bingung, tarian salsa bisa menjadi pilihan karena tarian tersebut merupakan tarian favorit yang ampuh untuk melepaskan stres.
  • Olahraga outdoor, juga bisa menjadi pilihan bagi seseorang yang ingin menghilangkan stresnya. Sebab, olahraga ini mampu memacu adrenalin sehingga sangat cocok untuk melepaskan stres. Adapun jenis-jenis olahraga outdoor ini diantaranya adalah bungee jumping, surfing, jumping rope, naik gunung hingga panjat tebing.
  • Jalan sehat, mampu memberikan waktu baik kepada seseorang untuk merasakan ketenangan. Jalan sehat yang dilakukan secara rutin ampuh untuk menjernihkan pikiran dan menjadikannya lebih rileks dari sebelumnya sehingga mood seseorang menjadi lebih baik.
  • Lompat tali, ternyata mampu menjadi olahraga alternatif yang dapat menimbulkan perasaan senang. 
Hal ini terjadi karena lompat tali merupakan olahraga intens yang mampu melepaskan hormon endorphin untuk memberikan perasaan senang.

2. Yakin, fokus, dan berpikir positif

Setelah melakukan hal-hal di atas untuk membuat pikiran dan hati lebih tenang, maka langkah yang harus diambil dan paling penting dalam cara mengatasi stress berat adalah dengan bertempur melawannya. Cari berbagai solusi untuk move on. Cobalah untuk fokus membangun hidup ke arah yang lebih baik dengan membuat berbagai target tertentu.  Jangan lupa untuk berpikir positif.

Teruslah untuk memotivasi diri, bahwa anda mampu menjadi sosok yang sukses.  Stress hanyalah batu rintangan kecil untuk meraih keberhasilan yang gemilang di masa depan. Percayalah bahwa anda adalah sosok yang kuat, tegar, dan memiliki masa depan yang cerah.

3. Seks

Melakukan seks atau berhubungan intim terhadap pasangan, ternyata efektif untuk mengurangi stres. Sebab, seks dapat menyeimbangkan kesehatan emosi dengan kesehatan mental sehingga sangat baik untuk menghilangkan stres. Bahkan, berhubungan seks dapat mengeluarkan endorfin sehingga tubuh menjadi lebih rileks dan dan segar. Selain itu, seks ternyata juga memiliki manfaat lain yang sangat baik untuk kesehatan seperti:
  • Dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penyumbatan pembuluh darah.
  • Mampu memperbaiki tonus otot sehingga dapat membuat bagian tersebut bekerja lebih baik.
  • Dapat membakar kalori hingga 420 kalori setiap melakukan aktifitas seks.
  • Menguatkan sistem imun karena seks memproduksi senyawa kimia yang ampuh untuk melawan virus.
  • Menjaga kesehatan jantung sehingga tidak rentan terhadap penyakit jantung.

4. Makanan Sehat

Makanan yang mengandung vitamin B, omega 3, asam folat, magnesium dan vitamin C merupakan makanan yang dapat meredakan stres. Selain itu, makanan yang mengandung antioksidan juga baik untuk dikonsumsi karena mampu memperlancar fungsi memori. Adapun beberapa makanan dan minuman sehat yang mampu meredakan stres adalah:
  • Makanan yang mengandung vitamin B: Buah alpukat, buah pisang, ikan salmon, ikan tuna, ikan sardin, yoghurt dan susu.
  • Makanan mengandung asam folat: Oatmeal, jeruk atau asparagus.
  • Makanan mengandung magnesium: Kacang almond, tofu dan sayur bayam.
  • Makanan mengandung vitamin C: Buah-buahan seperti jeruk, kiwi, stroberi atau jambu biji.
  • Minuman air putih, dikonsumsi 2 liter per hari.
  • Minuman teh herbal atau teh rasa buah.

5. Jangan menunda pekerjaan

Menghilangkan stres dengan jangan menunda pekerjaan. Janganlah Anda sekali-kali menunda pekerjaan, semakin sering Anda menunda pekerjaan, maka pekerjaan Anda akan semakin menumpuk. Hal ini merupakan salah satu penyebab stres yang sedang Anda alami. Alangkah baiknya Anda tidak menunda-nunda pekerjaan sehingga tentu tidak ada kata pekerjaan menumpuk dan Anda dapat terhindar dari stres.

6. Melakukan yoga

Ketika Anda terdapat waktu kosong, alangkah baiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk melakukan yoga. Ada beberapa pose yoga yang berfokus pada bagian dada dan pundak sehingga dapat melepaskan beban mental maupun fisik. Postur ini dapat membantu melepaskan tekanan emosional serta dapat menghilangkan efek negatif duduk terlalu lama di dalam kantor.

7. Melakukan aktivitas menyehatkan

Menghilangkan stres dengan melakukan aktivitas menyehatkanAnda dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyehatkan seperti berolahraga ringan, misalnya bersepeda ataupun berjalan santai. Aktivitas yang Anda lakukan tersebut dapat membuat tubuh Anda merasa lebih rileks dan dapat menurunkan tekanan darah serta dapat menghilangkan stres yang sedang Anda alami tersebut.

8. Belajarlah tegas untuk berkata tidak

Mungkin Anda akan sangat sulit untuk mengatakan 'tidak' dalam kehidupan, karena Anda akan berpikir bahwa dengan menolak tersebut, orang lain akan merasa jengkel terhadap diri Anda. Cobalah untuk bersikap tegas mulai dari sekarang, fokus terhadap tujuan Anda dan beranikan diri untuk mengatakan tidak yang dapat memberikan Anda ketenangan. Hal ini tentunya dapat mencegah Anda terbawa beban stres daripada Anda terpaksa untuk berkata iya, namun sementara Anda tidak mampu melaksanakannya dan pada akhirnya dapat memicu stres.

9. Berusaha menerima diri sendiri

Menghilangkan stres dengan menerima diri sendiriSelalu berusaha menerima diri sendiri dalam segala kondisi yang sedang dialami entah itu terkait dalam segala nikmat ataupun dalam segala cobaan yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa terhadap diri kita. Untuk orang muslim seperti saya, obat untuk menghilangkan stres adalah dengan senantiasa mengingat Allah.

10. Bernafas dalam-dalam

Menghilangkan stres dengan bernafas dalam-dalamMenarik nafas dalam-dalam dapat mengurangi stres yang sedang Anda alami dan dapat membuat tubuh Anda rileks. Cobalah untuk menarik nafas dalam-dalam dan buang dengan perlahan. Lakukan cara ini berulang kali. Hal ini karena pada saat tubuh kita stres, maka kita condong bernafas lebih cepat dari biasanya.

11. Mendengarkan musik

Menghilangkan stres dengan mendengarkan musikDengan mendengarkan musik merupakan salah satu cara yang ampuh dan mudah untuk Anda lakukan dalam menghilangkan stres. Dengarkanlah lagu-lagu kesayangan Anda yang dapat membuat tubuh menjadi lebih tenang dan santai. Mendengarkan musik juga berdampak baik untuk otak kita.

12. Cukup tidur

Menghilangkan stres dengan cukup tidurTidur minimal selama 8 jam pada setiap harinya dapat meremajakan tubuh dan siap untuk beraktivitas pada hari selanjutnya. Apabila Anda kurang tidur, maka tubuh akan tetap lelah dan akhirnya tidak memiliki energi cukup untuk berkonsentrasi yang membuat tidak dapat melakukan pekerjaan dengan baik yang selanjutnya dapat mengarah ke stres.

13. Menghibur diri sendiri

Menghilangkan stres dengan menghibur diri sendiriMenghibur diri sendiri adalah cara yang cocok untuk Anda lakukan dalam menghilangkan stres dalam sekejap. Luangkan waktu Anda sebentar pada saat libur pada hari kerja dengan beraktivitas yang sifatnya menghibur diri sendiri, seperti : bermain game, mendengarkan musik seperti cara diatas, menonton film, atau kegiatan lainnya yang dapat menghibur diri Anda.

13. Tertawa

Menghilangkan stres dengan tertawaUntuk menghilangkan stres yang sedang dihadapi, alangkah baiknya mempertahankan selera humor, termasuk dapat menertawai diri sendiri. Berbagi cerita lucu dengan teman Anda atau aktivitas lainnya yang dapat membuat tertawa.

14. Buat perubahan-perubahan dalam hidup

Ganti suasana di sekitar anda dengan berbagai perubahan, mulai dari perubahan-perubahan kecil seperti mengganti gaya rambut, menata ulang kamar, atau mengambil berbagai kursus dan aktivitas yang baru.  Perubahan-perubahan kecil ini bisa membantu anda melupakan stress di pikiran sekaligus mensugesti diri untuk lebih siap membuka lembaran hidup baru.

Jika stress yang anda alami ternyata terlalu berat, jangan ragu untuk melakukan perubahan yang lebih besar, seperti pindah kos, pindah tempat kerja, atau pindah sekolah; tentunya keputusan ini harus diambil setelah mempertimbangkan berbagai untung-rugi dan faktor di dalamnya.

15. Ceritakan masalah anda ke orang lain

Carilah orang yang benar-benar anda percayai, seperti teman dekat, anggota keluarga, atau kekasih. Jangan ragu untuk meminta bantuannya untuk mendengarkan masalah anda.  Tumpahkanlah semua perasaan yang terpendam dalam hati.  Metode "curhat" ini bisa sangat membantu, terutama jika selama ini anda lebih banyak menyimpan masalah sendirian.

Ketika bercerita, cobalah pula untuk meminta pendapat dan nasihat dari orang tersebut.  Dengarkan baik-baik, dan coba pikirkan apakah nasihatnya bisa digunakan untuk menyelesaikan masalah anda. Satu hal terpenting, pilihlah orang yang benar-benar anda percaya.


Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan kali ini, yang berkaitan dengan 15 Tips Mengatasi Stres. Semoga bermanfaat dan artikel di atas dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjadikan hidup anda lebih bahagia dan jauh dari yang namanya stres/beban hidup. Sekian dan terima ksih atas perhatian dan kunjugan di blog tercinta kami.

0 Response to "15 Tips Mengatasi Stres Dalam Hitungan Detik"

Post a Comment