Insya Allah Almarhumah Nurlindah, Hadrasari Dan Multazam Akan Mendapatkan Pahala Orang Yang Mati Sahid

Insya Allah Almarhumah Nurlindah, Hadrasari Dan Multazam Akan Mendapatkan Pahala Orang Yang Mati Sahid – Alhamdulillah tak pernah ada henti-hentinya kita mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah Swt yang masih memberikan kita umur yang panjang dan keimanan serta ketakwaan sampai saat ini kita masih dapat melantungkan kalimat dzikrullah.
Insya Allah Almarhumah Nurlindah, Hadrasari Dan Multazam Akan Mendapatkan Pahala Orang Yang Mati Sahid
Insya Allah Almarhumah Nurlindah, Hadrasari Dan Multazam Akan Mendapatkan Pahala Orang Yang Mati Sahid

Pada kesempatan yang penuh dengan hikmah dan berkah ini, saya pribadi sengaja membuat artikel dan informasi sekaligus sebagai pembelajaran dalam hidup ini. Karena mengingat untuk saat ini khususnya di Belawa sungguh banyak yang terjadi yang namanya kecelakaan kendaraan bermotor. Tapi kali ini yang terjadi sungguh sangat membuat kita bertanya-tanya dan rasanya seperti mimpi saja antara percaya dan tidak percaya. Tapi itulah kenyataan yang terjadi.
Artikel Terkait : Tragedi Kecelakaan Yang Membuat Air Mata Menetes
Berikut di bawah ini, kami akan memberikan penjelasan yang berkaitan dengan Kecelakaan Yang Terjadi Di Tugu Macero Yang Mengakibatkan Siswi Man Wajo 3 Orang Meninggal Dunia. Perhatikan dan simaklah penjelasannya dengan baik.

Sering kita mendengar berita tabrakan bus atau truk atau mobil maut yang dalam sekejab merenggut nyawa dari penumpangnya. Mereka mendapatkan pahala mati syahid insyaAllah. Sebagaimana dalam hadits.
Rasulullah shallallahu ‘alahi wa sallambersabda,

الشُّهَدَاءُ خَمْسَةٌ: الْمَطْعُوْنُ وَالْمَبْطُوْنُ وَالْغَرِقُ وَصاَحِبُ الْهَدْمِ وَالشَّهِيْدُ فِي سَبِيْلِ اللهِ

“Syuhada itu ada lima, yaitu orang yang meninggal karena penyakit tha’un, orang yang meninggal karena penyakit perut, orang yang mati tenggelam, orang yang meninggal karena benturan keras/tbarakan/ tertimpa reruntuhan, dan orang yang gugur di jalan Allah.” [1] HR. Al-Bukhari dan Muslim dari hadits Abu Hurairah

Akan tetapi perlu dibedakan dengan mereka yang benar-benar mati syahid di peperangan. Korban tabrakan maut akan mendapat pahalanya saja adapun hukum-hukum yang berkaitan dengan mati syahid mereka tidak mendapatkannya. Sebagaimana dalam Fatwa berikut.

Pertanyaannya :

كان أحد إخوتي يقود السيارة بسرعة شديدة، وأخي الثاني جالس إلى جوار حائط المنزل، فقدر الله أن تندفع السيارة تجاهه، وقد أحدث ذلك إصابات بليغة توفي على إثرها في الحال دون أن ينطق بأي كلمة، وعندما قدم المعزون ذكر العديد منهم أنه يعتبر شهيداً، وأخبروا بأن العلماء قد أجمعوا على ذلك؛ لأن الوفاة في حادث سيارة يدخل في حكم الهدم، فهل صحيح أنه شهيد؟


Salah seorang saudara saya menyetir bus dengan kecepatan tinggi dan saudara saya duduk di samping tembok rumah. Qadarullah bus tersebut menabraknya dan tabrakan tersebut keras, maka ia meninggal seketika tanpa mengucapakan sepatah kalimatpun. Ketika peziarah datang, banyak dari mereka yang mengatakan bahwa ia dianggap syahid, mereka mengatakan bahwa ulama telah bersepakat dalam hal ini, karena meninggal akibat tabrakan bus dianggap sebagai “hadam” (meninggal karena benturan keras/hantaman/runtuhan), apakah benar ia syahid ?

Jawabannya :

نرجو ذلك، الأقرب -والله أعلم- أنه في حكم الشهيد؛ لأن ضرب السيارة له، أو انقلابها به، أو المصادمة كل هذه في حكم الهدم، فهو -إن شاء الله- شهيد، إذا دفعته السيارة أو انقلبت به السيارة، أو صدمته السيارة من الإمام أو من الخلف كله في حكم الهدم -إن شاء الله- حكمه حكم الشهداء -إن شاء الله- يعني من جهة الأجر، لكنه يغسل ويصلى عليه، لكن من جهة الأجر، أما الشهداء الذين لا يغسلون ولا يصلى عليهم هؤلاء شهداء المعركةم.

Kami berharap demikian, pendapat yang lebih tepat, wallahu a’lam- ia (korban tabrakan maut) dihukumi  mati syahid, karena merupakan korban tabrakan bus atau bus terbalik atau kecelakaan, semuanya termasuk hukum “hadam” (meninggal karena benturan keras/hantaman/runtuhan). Dia insya Allah syahid.

Jika ia tertabrak bus, atau bus terbalik maka sopir dan penumpangnya dihukumi mati syahid insya Allah- yaitu dari sisi pahala. Ia tetap dimandikan dan dishalatkan.

Adapun orang mati syahid yang tidak dimandikan dan tidak dishalatkan mereka adalah yang mati syahid di peperangan. [2] Fatwa syaikh Abdul Aziz bin Baz Sumber: http://www.binbaz.org.sa/mat/17382.

Pertanyaan dan jawaban di bawah adalah saya bangdingkan dengan kejadian yang terjadi menimpah adik-adik siswi Man Wajo dan salah satu warga masyarakat Belawa. Inysa Allah akan mendapatkan pahala orang yang mati sahid.

Perlu dicamkan juga hendaknya setiap muslim berangan-angan agar selalu ingin mendapatkan kemuliaan mati syahid dengan niat yang benar dan sungguh-sungguh, karena besarnya keutamaan yang diperoleh oleh syahid. Nabishallallahu alaihi wasallam bersabda,

مَنْ طَلَبَ الشَّهَادَةَ صَادِقًا أُعْطِيَهَا وَلَوْ لَمْ تُصِبْهُ

“Barangsiapa yang memohon syahadah (mati syahid) dengan jujur, maka dia akan diberikan (pahala) syahadah meskipun dia tidak mati syahid.” [3] HR. Muslim no. 3531


Itulah beberapa penjelasan di atas mengenai Korban Tabrakan Maut, Mendapat Pahala Mati Syahid. Semoga dengan adanya informasi dan artikel pada kesempatan kali ini mengajarkan kepada kita semua bahwa hidup itu hanyalah sementara saja dan hidup dan mati sudah ditentukan oleh Allah Swt sebelum kita dilahirkan di dunia ini.

Saya pribadi mengajak kepada anda semua para hadirin dan para hadirat. Marilah kita menundukkan hati dan pikiran kita untuk merenungi persitiwa tabrakan maut yang terjadi pada hari/tanggal 13/08/2016 yang sangat banyak menyita perhatian orang banyak. Selanjutnya, marilah kita bermunajat dan meminta ampunkan semua kesalahan dan dosa ketiga korban kecelakaan tersebut. Semoga Allah Swt  memberikan tempat yang tertinggi disisinya dan keluarga yang ditingalkannya semakin sabar, tabah dalam menghadapi cobaan hidup ini. 

Mungkin kita semua menyayangi ketiga korban kecelakaan tersebut tapi Allah lebih menyayangi mereka bertiga. Sungguh sangatlah beruntung hamba Allah yang meninggal d umur yang masih muda dan amal kebaikannya melebihi orang yang sudah berumur tua. Subhanallah (Maha Suci Engkau Ya Allah).

Memang berkata itu sangat mudah tapi semoga dengan adanya artikel ini, dapat mengobati rasa kesedihan yang tak pernah kita harapkan dan sangka-sangka yang akan menimpah saudari dan adek-adek kita tercinta dan terkasih.

Para teman, sahabat dan keluarganya yang sangat menyayangi dan mengasihi ketiga korban tersebut, semakin berusaha untuk mengikhlaskannya dank arena ketika orang meninggalkan dunia ini yang dibutuhkan hanyalah amal baik dari orang yang masih hidup.

Maka dari itu, marilah kita mempersiapakan diri kita dengan memperbanyak amal kebaikan untuk bekal hidup kita di akhirat nanti. Karena tua dan muda semuanya pasti merasakan yang namanya kematian.

Sebelum saya prbadi mengakhiri artikel ini, saya ingin mendoakan semoga dari lima korban tersebut, ada 3 siswi Man Wajo yang meninggal dunia dan satunya lagi berhasil diselamatkan dan masih dalam proses penyembuhan dan begitu juga dengan warga masyarakat yang mengalami korban kecelakaan mobil truk  dan masih dalam perawatan juga.

Aminkalah Doa Di bawah Ini :

  • Ya Allah jikalau engkau berkenang dan mengiajab doaku ya Allah. Sembuhkanlah dan angkatlah penyakit dari korban kecelakaan maut yang berhasil diselamatkan Ya Allah.
  • Ya Allah Ya Rabbi tak ada tempat untuk memohon petunjuk dan pertolongan-Mu hanyalah kepadamu saja Ya Allah.
  • Ya Allah tabahkanlah serta sabarkanlah para keluarga yang telah ditinggalkan karena ujian dan cobaanmu ini sungguh sangatlah berat. Semoga itu adalah bukti rasa kasih sayang dan cinta-Mu kepada hamba-Mu Ya Allah.
  • Ya Allah Ya Tuhan kami, semoga dengan kejadian dan pristiwa ini, kami yang menyaksikan kecelakaan tersebut semakin menjadi pribadi yang baik dan menjadi pribadi yang Engkau sukai selama ini Ya Allah.
  • Ya Allah masukkanlah kedalam syurga-Mu kepada saudari dan adik-adik kita tercinta ini. Karena hanya kepadamulah kami menyembah dan meminta pertolongan dan belas ksihanmu Ya Allah. Tempatkanlah mereka ditempat yang setinggi-tingginya Ya Allah.
  • Ya Allah kami memohon kepadamu, lapangkanlah dan sinarilah kuburan para adik-adik kami yang telah kembali di sisimu Ya Allah.
  • Ya Allah kami hanyalah manusia yang tak lupuk dari khilaf dari dosa. Ya Allah ampunilah semua kesalahan dan kelalaian kami terhadap jalan kebenaran dan jalan yang Engkau ridhoi selam ini Ya Allah.
  • Ya Allah jikalau engkau mengzinkan dan meridhoi hambamu ini, terimalah semua amal kebaikan saudari dan adik-adik kami dan ampunilah semua kesalahan dan dosa selama mereka hidup di dunia ini Ya Allah.
  • Ya Allah Ya Rabbi semoga peristiwa dan kejadian ini menjadi salah satu pelajaran berharga dalam hidup ini, agar kita semakin mendekatkan diri kita kepada Allah Swt.

Dengan akhir kata, hanya kepada Allah jualah kita akan dikembalikan dan semoga kita semua termasuk hamba Allah yang beriman dan bertakwa serta kita semua termasuk hamba Allah yang beruntung dan kembali pula kepada-Nya dalam keadaan suci pula.

0 Response to "Insya Allah Almarhumah Nurlindah, Hadrasari Dan Multazam Akan Mendapatkan Pahala Orang Yang Mati Sahid"

Post a Comment