Apa Dampak Positif Dan Negatif Pokemon Go

Apa Dampak Positif Dan Negatif Pokemon Go - Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasi dan artikel yang lagi banyak diperbincangkan dikalangan orang banyak mengenai Apa Dampak Positif Dan Negatif Pokemon Go. Pokemon Go adalah salah satu game yang banyak disukai baik dikalangan orang dewasa maupun dikalangan anak-anak, bahkan pengunjungnya pun mengalahkan jejaring sosial Facebook. Sungguh luar biasa game Pokemon Go ini.
Apa Dampak Positif Dan Negatif Pokemon Go
Apa Dampak Positif Dan Negatif Pokemon Go

Seharusnya dengan adanya Pokemon Go ini, Indonesia lebih termotivasi lagi untuk menciptakan game-game yang bermanfaat buat anak-anak Indonesia terutama di dunia pendidikan dan paling utama adalah karakter pendidikan akhlak yang baik.

Menurut ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, (LPA) Seto Mulyadi, permainan Pokemon Go sama seperti permainan lain tentu memiliki sisi positif dan negatif. Tinggal bagaimana masyarakat menilai itu.

Menurut pemerhati anak biasa di sapa kak Seto ini, Pokemon Go mampu meningkatkan rangsangan terhadap gerak motorik dan sosialisasi anak.

Di mana  anak-anak dapat bermain di alam bebas, dan berkumpul bersama teman-temannya. Tapi ada yang lebih penting dari itu semua, yakni harus ada peran orangtua.

"‎Sama saja seperti mainan lain, kalau sudah berlebihan dan ‎tidak kenal waktu, tidak seimbang dengan aktifitas lain, lupa belajar, ibadah, kegiatan keluarga di rumah, itu bahaya. Jadi mohon ada pengawalan dan kontrol dari orangtua dan masyarakat,"ujar Seto.

Seto menambahkan orangtua juga tidak bisa melarang untuk anaknya menikmati apa yang anak itu suka, termasuk game tersebut. Bagi Seto orangtua harus bekerjasama dengan masyarakat di lingkungannya agar dapat mengawasi anak-anaknya. Selain itu, orangtua harus memastikan tempat bermain ini aman bagi mereka.

"Perlu orangtua ikut serta, Ketika sudah keluar rumah ‎mencari (pokemon), mohon agar tempat-tempat ini dipastikan aman. Misalnya di dalam komplek, bekerjasama dengan masyarakat, pengurus RT, RW untuk memastikan bahwa komplek ini aman,"ujar Seto.

"Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan, anak yang bermain justru terpancing menjadi korban kekerasan, kecelakaan," dia.

Kak Seto menekankan agar anak-anak tidak sepenuhnya dikuasi oleh game Pokemon Go, karena game ini hanya sebuag alat. Jangan sampai kita diperalat oleh permainan tersebut.

"Kita yang menguasai permainan ini, sehingga kalau betul-betul dikendalikan dengan tepat justru akan berdampak positif bagi anak. Tapi kalau lepas dari pengawasan orangtua, pendidik, itu bisa berbahaya bagi anak," ujar dia.

Sebagai Kesimpulan : Setiap Game baik itu Pokemon Go atau game lainnya, sebenarnya itu tergantung dari individu masing-masing. Tinggal bagaimana cara mereka menggunakan game itu dengan sebaik mungkin atau jutsru membuat dirinya celakah.

Demikianlah informasi dan artikel pada kali ini yang membahas tentang Game Pokemon Go. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel ini, kita lebih berfikir bijak dalam menentukan baik atau tidak baiknya sesuatu.

0 Response to "Apa Dampak Positif Dan Negatif Pokemon Go"

Post a Comment