Tips Paling Mudah Merawat Motor Agar Performanya Tetap Terjaga

Tips Paling Mudah Merawat Motor Agar Performanya Tetap Terjaga - Alhamdulillah, pada kali ini Buku Catatan akan membahas pembahasan utama kita pada hari mengenai Tips Paling Mudah Merawat Motor Agar Performanya Tetap Terjaga. Dan bahkan artikel dan tips ini sangat berguna buat yang ingin bepergian jauh apalagi yang ingin mudik kekampung halamannya.
Tips Paling Mudah Merawat Motor Agar Performanya Tetap Terjaga
Tips Paling Mudah Merawat Motor Agar Performanya Tetap Terjaga

Berikut di bawah ini adalah beberapa penjelasan dan tips yang bisa Bukucatatan.net berikan kepada anda semua. Semoga bermanfaat dan selamat menyimak ya...

Sepeda motor saat ini telah menjadi barang kebutuhan primer, baik di kota maupun di desa hampir memiliki sepeda motor di setiap rumahnya, bahkan telah banyak yang memiliki sepeda motor lebih dari satu dalam satu rumah. Karena sepeda motor seolah-olah sudah menyatu dengan orang, tidak sedikit orang yang ketika pergi selalu memakai sepeda motor, hanya sekedar membeli makan yang jaraknya kurang dari 100 meter saja memakai sepeda motor. Itulah kenapa jumlah populasi sepeda motor setiap saat semakin banyak hingga jalanan penuh dengan motor.

Dengan meningkatnya penggunaan sepeda motor di dalam aktivitas kita, maka jangan lupakan perawatan sepeda motor agar performa sepeda motor dapat terjaga. Perawatan sepeda motor harus dilakukan secara rutin, jikalau tidak performa mesin sepeda motor dapat menurun dan dapat memperpendek usia pemakaian sepeda motor, karena sepeda motor memiliki umur pemakaian dan umur pemakaian sepeda motor sangat pada perawatannya. 

Dengan melakukan perawatan rutin maka dapat mencegah kerusakan yang semakin parah terhadap komponen-komponen sepeda motor. Karena ketika dilakukan perawatan rutin akan ketahuan jika ada komponen yang rusak dan dapat langsung diperbaiki atau diganti tanpa menunggu kerusakan tersebut semakin parah bahkan merembet pada rusaknya komponen yang lain.

Dalam melakukan perawatan rutin, ada cara mudah dalam merawat sepeda motor agar performa mesin sepeda motor dapat terjaga. Hal-hal sederhana berikut ini termasuk dalam perawatan rutin sepeda motor yang bisa kita lakukan. Apa sajakah itu?

1. Menggunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Cara mudah merawat sepeda motor yang pertama adalah dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas, dan usahakan jangan membeli bahan bakar atau bensin campuran, sebaiknya membeli bahan bakar langsung di SPBU atau boleh mengecer asalkan bahan bakar tersebut bukan campuran. 

Kemudian gunakan bahan bakar yang sesuai atau yang direkomendasikan oleh mesin atau motor itu sendiri, jangan coba-coba mengganti bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi dari spesifikasi mesin. 

Karena memakai bahan bakar yang tidak sesuai dengan spek mesin tersebut dapat mempengaruhi kerja mesin, misalnya dapat terjadi detonasi pada mesin akibat penggunaan bahan bakar yang beroktan lebih tinggi. Sehingga alangkah lebih baik sesuaikan bahan bakar dengan rekomendasi dari pabrik motor tersebut.

2. Ganti Oli Secara Teratur

Mengganti oli secara teratur adalah hal mudah yang dapat kita lakukan untuk menjaga performa mesin. Oli mempunyai fungsi yang penting bagi motor seperti melumasi komponen mesin yang bergesekan sehingga mengurangi keausan pada komponen tersebut, selain itu oli juga mengangkut kotoran pada komponen mesin, dan juga mendinginkan komponen mesin yang dilumasi oli. 

Jika oli berkurang atau bahkan habis dapat menyebabkan komponen-komponen mesin cepat aus bahkan rontok akibat tidak mendapatkan pelumasan, kemudian mesin cepat panas karena tidak ada pendinginan dari oli. Selain dengan mengganti oli secara rutin, pastikan oli yang digunakan sesuai dengan spesifikasi mesin atau ketentuan pabrik motor tersebut.

3. Pakai Suku Cadang Asli

Dengan alasan modifikasi biasanya para pemilik motor melakukan penggantian suku cadangnya dengan yang tidak asli sesuai standar pabriknya, padahal hal itu dapat menyebabkan motor menjadi bekerja dengan tidak optimal. Apalagi yang menggunakan suku cadang KW yang notabene secara kualitas lebih rendah dari pada yang asli.

Itulah beberapa penjelasan secara singkat. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih atas perhatian dan kunjugannya semua di blog ini.

0 Response to "Tips Paling Mudah Merawat Motor Agar Performanya Tetap Terjaga"

Post a Comment