Cara Paling Gampang Membuat Terong Balado

Cara Paling Gampang Membuat Terong Balado - Sebelum kita membahas artikel pada kesempatan yang berhubungan Terong Balado. Alangkah baiknya jika anda mengetahui pengertian, asal usul dan sejarah terong balado teresebut.

Terung (Solanum melongena, di Pulau Jawa lebih dikenal sebagai terong) adalah tumbuhan penghasil buah yang dijadikan sayur-sayuran. Asalnya adalah India dan Sri Lanka. Terung berkerabat dekat dengan kentang dan leunca, dan agak jauh dari tomat.

Cara Paling Gampang Membuat Terong Balado
Cara Paling Gampang Membuat Terong Balado

Terung ialah terna yang sering ditanam secara tahunan. Tanaman ini tumbuh hingga 40–150 cm (16-57 inci) tingginya. Daunnya besar, dengan lobus yang kasar. Ukurannya 10–20 cm (4-8 inci) panjangnya dan 5–10 cm (2-4 inci) lebarnya.
Jenis-jenis setengah liar lebih besar dan tumbuh hingga setinggi 225 cm (7 kaki), dengan daun yang melebihi 30 cm (12 inci) dan 15 cm (6 inci) panjangnya. Batangnya biasanya berduri. Warna bunganya antara putih hingga ungu, dengan mahkota yang memiliki lima lobus. Benang sarinya berwarna kuning. Buah tepung berisi, dengan diameter yang kurang dari 3 cm untuk yang liar, dan lebih besar lagi untuk jenis yang ditanam.

Dari segi botani, buah yang dikelaskan sebagai beri memiliki banyak biji yang kecil dan lembut. Biji itu dapat dimakan tetapi rasanya pahit karena mengandung nikotin, sejenis alkaloid yang banyak dikandung tembakau.

Sejarah Terong

Terung ialah tumbuhan pangan yang ditanam untuk buahnya. Asal-usul budidayanya berada di bagian selatan dan timur Asia sejak zaman prasejarah, tetapi baru dikenal di dunia Barat tidak lebih awal dari sekitar tahun 1500. 

Buahnya mempunyai berbagai warna, terutama ungu, hijau, dan putih. Catatan tertulis yang pertama tentang terung dijumpai dalam Qí mín yào shù, sebuah karya pertanian Tiongkok kuno yang ditulis pada tahun 544. 

Banyaknya nama bahasa Arab dan Afrika Utara untuk terong serta kurangnya nama Yunani dan Romawi menunjukkan bahwa pohon ini dibawa masuk ke dunia Barat melewati kawasan Laut Tengah oleh bangsa Arab pada awal Abad Pertengahan. Nama ilmiahnya, Solanum melongena, berasal dari istilah Arab abad ke-16 untuk sejenis tanaman terung.

Karena terung merupakan anggota Solanaceae, buah terung pernah dianggap beracun, sebagaimana buah beberapa varietas leunca dan kentang. Sementara buah terung dapat dimakan tanpa dampak buruk apa pun bagi kebanyakan orang, sebagian orang yang lain, memakan buah terung (serupa dengan memakan buah terkait seperti tomat, kentang, dan merica hijau atau lada) bisa berpengaruh pada kesehatan. 

Sebagian buah terung agak pahit dan mengiritasi perut serta mengakibatkan gastritis. Karena itulah, sebagian sumber, khususnya dari kalangan kesehatan alami, mengatakan bahwa terung dan genus terkait dapat mengakibatkan atau memperburuk artritis dengan kentara dan justru itu, harus dijauhi oleh mereka yang peka terhadapnya.

Itulah penjelasan secara singkat mengenai pengertian, asal usul dan sejarah singkat dari terong menurut Buku Catatan.

Selanjutnya, perhatikan dan simaklah di bawah ini :

Bahan-bahan yang digunakan :

  • 1/4 Terong Ungu
  • 3 butir kemiri
  • 5 siung bawang merah
  • 2 siungbawang putih
  • Secukupnya cabe merah
  • 1 buah tomat uk.kecil
  • 3 cmlengkuas
  • 1 lb rdaun salam
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya mecin
  • Secukupnya kecap manis (secukupnya, saya ngga pake gula)
  • 3 sdmminyak sayur
  • Secukupnya air 

Langkah/proses pembuatannya :

  • Goreng terong terlebih dahulu (setengah matang saja)
  • Haluskan semua bahan-bahan
  • Panaskan minyak goreng lalu tumis bahan yang sudah di haluskan, tambahkan air, beri garam mecin dan kecap manis
  • Cicipi rasa, jika sudah pas masukan terongnya diamkan supaya bumbu agak meresap
  • Siap disajikan dan disantap bersama keluarga, teman, sahabat ataukah orang spesial anda.

Kandungan Terong Ungu :

Terong ungu ini banyak dimanfaatkan oleh orang- orang di Indonesia sebagai sayuran yang dapat diolah menjadi hidangan yang sangat lezat. Banyak rumah makan atau warung di Indonesia yang menyajikan terong  ungu sebagai salah satu menunya. Terong ungu biasanya diolah menjadi terong balado, terong krispi, hingga terong penyet. Namun, sebenarnya manfaat apakah yang bisa kita dapat dari terong ungu ini? Mengkonsumsi terong ungu dengan intensitas sering apakah dapat menimbulkan efek samping tertentu? Setidaknya ada berbagai zat yang terkandung di dalam terong ungu, yaitu :
  • Vitamin, terong mengandung banyak vitamin. Setidaknya ada enam vitamin yang terkandung di dalam terong yaitu manfaat vitamin A, manfaat vitamin B Kompleks, manfaat vitamin C, manfaat vitamin E, manfaat vitamin D dan manfaat vitamin K.
  • Zat besi
  • Antosianin
  • Ellagic Acid. Ellagic Acid ini merupakan salah satu komponen fenolik yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah rusaknya gen, serta mencegah menggumpalnya darah.
  • Phycocyanian. Phycocyanian dalam terong ini merupakan protein kompleks yang berperan sebagai pembentuk sel darah merah dan juga putih, menstimulasi kerja sel batang yang terdapat dalam sumsum tulang belakang, menyembuhkan pendarahan, serta melawan radikal bebas karena memiliki sifat antioksidan.

Manfaat terong bagi kesehatan :

1. Tinggi Antioksidan 

Terong mengandung fitonutrien yang beraktifitas sebagai antioksidan yang baik, seperti : caffeic, asam klorogenat nasunin dan flavonoid, nasunin. Nasunin adalah jenis antioksidan kuat yang telah terbukti untuk melawan aktivitas radikal bebas dalam tubuh. Penelitian pada hewan telah menemukan bahwa nasunin melindungi lipid (lemak) dalam membran sel otak. Asam klorogenik juga dianggap sebagai antioksidan kuat dengan banyak manfaat yang telah terbukti. 

2. Menjaga Kesehatan Jantung 

Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa terong dapat membantu menurunkan kolesterol LDL yang tinggi, sehingga membantu untuk meningkatkan sirkulasi darah. Senyawa antioksidan dalam terong membantu mencegah stres oksidatif pada sistem kardiovaskular,  dan dengan demikian mengurangi risiko serangan jantung dan penyakit jantung. Terong juga merupakan sumber serat yang baik, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. 

3. Menjaga Kesehatan Otak 

Selain mengandung nasunin, terong juga mengandung antosianin, yang dapat membantu untuk mempromosikan fungsi otak yang sehat. Nasunin melindungi lemak otak dengan cara mencegah radikal bebas yang menargetkan lipid otak. 

4. Kaya Serat 

Satu cangkir terong mengandung sekitar 8% DV serat makanan. Serat dapat membantu pencernaan dan juga penurunan berat badan, karena ini membantu untuk menyeimbangkan metabolisme. Serat dalam terong membantu mengurangi kolesterol dan membuat rileks pembuluh darah, yang menunjukkan terong memainkan peran produktif dalam menjaga kesehatan jantung yang baik.

5. Mengandung Vitamin B yang tinggi 

Terong kaya akan vitamin B1, B3, dan B6. Vitamin B berperan penting untuk fungsi yang tepat dari sistem saraf pusat, produksi energi, keseimbangan hormon dan fungsi hati yang sehat. Para ahli juga meyakini terong juga membantu untuk keseimbangan gula darah dan dapat mengurangi kolesterol. 

6. Berat Badan 

Memelihara DV yang tepat serat dan vitamin B bisa menjadi cara yang bagus untuk penurunan berat badan yang sehat. Serat akan mempromosikan metabolisme aktif,  dan vitamin B dapat membantu tubuh untuk memproses lemak. Terong juga kaya dengan nutrisi, namun sedikit kalori (hanya 19 per cangkir), hal ini semakin membuat terong menjadi tambahan yang bagus  program penurunan berat badan yang efektif. 

7. Kesehatan tulang 

Terong mengandung banyak mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kuat, tulang sehat: mangan, kalium, magnesium dan tembaga. 

8. Pencegahan Kanker 

Banyak dokter dan ilmuwan percaya bahwa senyawa dalam terong efektif dapat mengobati beberapa jenis kanker kulit. Adalah Fitokimia, yang dikenal sebagai BEC5, diyakini dapat membunuh sel kanker tanpa merusak sel yang sehat. krim BEC5 konon telah bekerja pada ribuan kasus, terutama di Australia dan Inggris,  dengan tingkat keberhasilan hampir 100% bila digunakan selama 12 minggu. Ada laporan yang bertentangan mengenai FDA dan efektivitas yang belum disetujui penggunaannya di AS. Hal ini masih belum diketahui secara pasti, apakah mendapatkan BEC5 dari makan terong dapat membantu untuk mencegah atau mengobati kanker.


Sekian informasi dan artikel resep makanan yang dapat kami sampaikan kepada anda semua yang membahas tentang Cara Membuat Terong Balado. Semoga bermanfaat dan artikel di atas, bisa menjadi salah satu bahan referensi buat anda, karena mengingat kandungan dan khasiatnya luar biasa.

0 Response to "Cara Paling Gampang Membuat Terong Balado"

Posting Komentar