7 Amalan Dianjurkan Nabi Muhammad Saw Di Bulan Ramadhan

7 Amalan Dianjurkan Nabi Muhammad Saw Di Bulan RamadhanMemasuki bulan suci Ramadhan, tak lengkap rasanya jika sebagai kaum muslimin tak mengamalkan berbagai amalan yang dapat menambah pahala. Tentu sangat disayangkan jika bulan Ramadhan hanya lewat begitu saja tanpa amalan-amalan yang menjadi bekal menuju hari kemenangan.

Berpuasa memang hal yang telah diwajibkan dalam menjalani bulan penuh makna tersebut, namun beberapa amalan pun perlu diterapkan. Hal tersebut bisa jadi sebagai bukti kekhusu’an kita ketika menjalani berbagai aktivitas pada bulan Ramadhan.

Beberapa amalan memang bukanlah suatu hal wajib, melainkan Rasulullah SAW menganjurkan agar seluruh kaum muslimin dapat mengamalkan amalan-amalan di bulan Ramadhan. Pasalnya, hal tersebut menjadi sebuah kesempatan emas untuk menggapi ridho sang pencipta, menyempurnakan pahala dan keimanan seseorang.

7 Amalan Dianjurkan Nabi Muhammad Saw Di Bulan Ramadhan
7 Amalan Dianjurkan Nabi Muhammad Saw Di Bulan Ramadhan



Berikut di bawah ini adalah merupakan amalan-amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw di bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah dan pengampunan ini:

1. Mendirikan shalat tarawih berjamaah

Meskipun dikategorikan sebagai ibadah yang sunnah, namun hampir seluruh kaum muslimin menjalankannya ketika waktu isya telah tiba. Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisya RA, menganjurkan untuk mendirikan sholat tarawih secara berjamaah.

2. Membaca Al-Qur’an

Selain tarawih, amalan lain yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW ketika menjalani bulan suci Ramadahan adalah membaca atau melakukan tadarus Al-Qur’an. Bacalah Al Quran sebanyak mungkin. Manfaatkan waktu luang untuk membacanya. Pasalnya, amalan ini mampu meningkatkan dan keimanan seorang hamba terhadap sang pencipta-Nya.

3. Memperbanyak sedekah

Menyedekahkan sebagian harta yang dimiliki dengan niatan mencari ridho Allah merupakan hal yang sangat mulia dan amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Tiap rezeki yang disedekahkan di bulan suci Ramadhan, akan mendapatkan balasan yang berlipat ganda si sisi-Nya. Dimana anjuran ini berdasarkan hadist nabi yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dari Ibnu Abbas RA.

4. Perbanyak I’tikaf

Menurut istilah syar’i, i’tikaf memiliki arti berdiam diri di masjid untuk beribadah kepada Allah SWT. Amalan ini sangat dianjutkan untuk diterapkan di bulan yang penuh berkah ini, dimana ia memiliki fungsi untuk meningkatkan keimanan dan menghindarkan dari perbuatan kemaksiatan. Hal ini sesuai hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muttafaqun alaih dari Aisyah RA.

5. Menghidupkan malam Lailatul Qadar

Malam yang ditunggu-tunggu pada bulan Ramadhan ialah malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih baik dari seribu bulan ini hendaknya dimanfaatkan dengan baik untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat, contohnya ialah mendirikan sholat malam, i’tikaf, dan memperbanyak doa, serta amalan-amalan lainnya. Malam Lailatul Qadar dipercaya terdapat pada malam ganjil dari 10 malam terakhir di bulan suci Ramadhan.

6. Perbanyak istighfar di malam akhir Ramadhan

Segera berakhirnya bulan suci ramadhan, hendaknya dimanfaatkan dengan baik untuk meminta pengampunan terhadap Allah SWT. Pasalnya, di malam tersebut, Allah akan memberikan banyak pengampunan terhadap dosa-dosa dari hamba-hamba yang meminta pengampunan kepada-Nya. Hadist ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Baihaqi dan Al-Bazzar.

7. Melaksanakan ibadah umroh

Amalan terakhir yang dianjurkan diterapkan di bulan penuh berkah ini ialah melaksanakan ibadah umroh di tanah suci. Adapun pahala yang diterima oleh kaum muslimin yang umroh ketika bulan Ramadhan sama besarnya dengan melaksanakan ibadah haji.


Demikianlah artikel dan 7 Amalan Dianjurkan Nabi Muhammad Saw Di Bulan Ramadhan. Jika dari beberapa poin yang di atas anda tidak bisa melakukan semuanya, cukup satu atau dua saja yang anda lakukan. Jikalau anda tidak bisa melakukan salah satunya cukup anda lakukan shalat wajib saja dan ingat tiak boleh terputus-putus.

Semoga artikel pada kali ini bermanfaat buat anda semua, semoga kita semua termasuk hamba Allah yang selalu berada dalam kesucian lahir dan bathin. Allahumma Amin.

0 Response to "7 Amalan Dianjurkan Nabi Muhammad Saw Di Bulan Ramadhan"

Posting Komentar