5 Keistimewaan Yang Terkandung Dalam Bulan Ramadhan

5 Keistimewaan Yang Terkandung Dalam Bulan Ramadhan - Bulan Ramadhan adalah bulan yang selalu dinanti oleh seluruh umat Muslim. Di bulan ini, seluruh umat Muslim di dunia menjalankan ibadah puasa satu bulan penuh.  Selain berpuasa, bulan Ramadhan juga menjadi momen untuk umat Muslim berlomba-lomba menjalankan kebaikan di bulan ini. Dari semua hal tersebut, dapat kita lihat bahwa bulan Ramadhan ini sangatlah istimewa untuk kita semua. Lalu, apa saja keistimewaan bulan Ramadhan?

5 Keistimewaan Yang Terkandung Dalam Bulan Ramadhan
5 Keistimewaan Yang Terkandung Dalam Bulan Ramadhan 


Maka dari itu, mengingat bulan ramadhan tinggal hitungan beberapa lagi. Saya sengaja membuat artikel ini, supaya pembaca setia mengetahui terlebih dahulu keutamaan dan keisimewaan bulan ramdhan, agar ibadah kia lebih khusyu dan lebih berkah. Amin.

1. Bulan Pengampunan Dosa

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa-dosa nya yang telah lalu” (HR Bukhari dan Muslim).

Di bulan ini kita harus perbanyak taubat dan memperbanyak menjalankan ibadah untuk memperkuat iman kita. Karena hanya di bulan ini apabila kita memperbanyak ibadah hanya mengharap pahala dan ridho dari-Nya Insya Allah dosa-dosa kita sebelumnya akan diampuni oleh-Nya.

2. Dilipatgandakan Pahala di Bulan Ramadhan

Selain beribadah, di bulan ini kita juga harus memperbanyak melakukan kebaikan untuk menambah pahala. Hanya di bulan ini Allah melipatgandakan pahala yang kita dapat. Perbanyak sedekah, memberi makanan berbuka untuk orang yang berpuasa, dan jangan lupa membayar zakat fitrah.

3. Bulan Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

Allah membuka pintu surga dan menutup pintu neraka untuk memudahkan hamba-Nya mentaati kewajiban mereka seperti puasa dan shalat malam sehingga orang-orang akan lebih sibuk beribadah sekaligus memperbanyak melakukan kebaikan dan semakin mudah menjauhi keburukan.

4. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu.”

(QS. Al Baqarah: 185)


شهر رمضان الذي أنزل فيه القرآن هدى للناس وبينات من الهدى والفرقان فمن شهد منكم الشهر فليصمه ومن كان مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر يريد الله بكم اليسر ولا يريد بكم العسر ولتكملوا العدة ولتكبروا الله على ما هداكم ولعلكم تشكرون

Artinya: (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang Mulia sehingga dipilih Allah SWT untuk menurunkan semua kitab suci kepada para Nabi. Al-Qur’an juga diturunkan oleh Allah kepada Rasulullah pada bulan Ramadhan. Oleh karena itu, kita harus perbanyak membaca kitab suci suci Al-Qur’an di bulan ini.

5. Terdapat Lailatul Qadr di Bulan Ramadhan

”Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qadar (malam kemuliaan). Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.”

(QS. Al Qadr: 1-3)

إنا أنزلناه في ليلة القدر , وما أدراك ما ليلة القدر , ليلة القدر خير من ألف شهر

Artinya : Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Malam lailatul qadr merupakan malam yang sangat mulia. Malam ini datang diantara malam-malam ganjil di 10 malam terakhir bulan Ramadhan. Pada malam-malam tersebut kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah pada malam hari. Kita harus itikaf di masjid melakukan berbagai macam amal ibadah seperti sholat malam, membaca Al-Qur’an, berdzikir, dan bertaubat meminta ampunan-Nya. 

Demikianlah artikel yang pernuh berkah ini tentang 5 Keistimewaan Yang Terkandung Dalam Bulan Ramadhan. Semoga Allah Swt menerima semua amal kebaikan kita di bulan ramadhan yang penuh berkah dan penuh pengampunan ini. Semoga Allah Swt, mengampuni semua kesalahan dan dosa kita selama ini. Amin Ya Rabbal Alamin.

0 Response to "5 Keistimewaan Yang Terkandung Dalam Bulan Ramadhan "

Posting Komentar