Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Insyirah

Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Insyirah - Surat Al-Insyirah adalah Surah ke-94 di dalam Kitab Al-Quran. Surah ini diturunkan di Mekah, mengandungi 8 ayat. Dinamakan surah “Al-lnsyirah ( Melapangkan Dada Nabi), karena pada awal surah ini, Allah Taala menegaskan salah satu nikmat- Nya yang dikurniakanNya kepada Nabi Muhammad Saw  yaitu melapangkan dadanya (serta mengisinya dengan iman dan hidayah pertunjuk).
  Amalan: Keutamaan Membaca Dan Mengamalkan Surat Al-Insyirah
Keutamaan Membaca Surat Al-Insyirah

Berikut di bawah ini adalah ayat Surat Al-Insyirah yang mempunyai beberapa keutamaan, lengkap dengan artinya adalah :

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ

Alam nasyrah laka shadrak(a)

وَوَضَعْنَا عَنْكَ وِزْرَكَ

 Wawadha'nqqaa 'anka wizrak(a)

الَّذِي أَنْقَضَ ظَهْرَكَ

Al-ladzii anqadha zhahrak(a)

وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ

 Warafa'naa laka dzikrak(a) 

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

 Fa-inna ma'al 'usri yusran 

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

 Inna ma'al 'usri yusran

فَإِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْ

 Fa-idzaa faraghta faanshab

وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ

Wa-ila rabbika faarghab

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.

1. Bukankah Kami telah melapangkan bagimu; dadamu? 2. Dan Kami telah meringankan daripadamu; bebanmu, 3. Yang memberatkan punggungmu. 4. Dan Kami telah memasyhurkan sebutanmu. 5. Maka sesungguhnya di setiap masalah pasti disertai jalan keluar, 6. sesungguhnya di setiap masalah disertai jalan keluar, 7. Kemudian apabila engkau bertekad, maka berusahalah, 8.Dan kep ada Tuhanmu saja hendaklah kamu menaruh harapan.

Surah Al-Insyarah secara tidak langsung mengajarkan kita tentang konsep kehidupan Yassiru wa La Tuassiru (mempermudah suatu keadaan bukan mempersulit). Serta Prinsip istiqomah yang mengajarkan kepada kita untuk tidak menunda-nunda suatu pekerjaan untuk menjadi lebih baik. Prinsip istiqomah ini tidak hanya diterapkan untuk Aurat Al Insyirah saja. Melainkan pada setiap langkah hidup kita, terutama dalam hal kebaikan.

Sedangkan kandungan dari surat Al Insyirah yaitu ada beberapa hal :


Yang Pertama: Surat ini menerangkan kepada kita tentang lapang dada. Yang dimaksud dengan lapang dada di sini bukan dalam arti fisik melainkan sebuah ungkapan bagi seseorang yang berjiwa besar. Atau lebih singkatnya dikatakan lapang dada untuk menerima kebenaran-kebenaran yang diberikan Allah seperti yang telah diterangkan di ayat pertama Surat Al Insyirah.

Yang Kedua: Adalah tentang hilangnya beban. Artinya, setelah kita mampu berlapang dada terhadap segala hal yang terjadi pada diri kita, maka beban yang terasa akan hilang secara bersamaan. Karena keberadaan kesulitan, halangan, dan rintangan inilah yang merupakan beban hidup yang harus kita alami. Dengan demikan, mampu menghadapi kesulitan, halangan, dan rintangan sama halnya dengan mampu menghilangkan beban. Dengan kata lain, ketiadaan beban dalam hidup berarti hilangnya kesulitan, halangan, dan rintangan hingga tercapai apa yang menjadi tujuan .Setelah kita mampu berlapang dada yang kemudian dilanjutan dengan hilangnya beban pada diri kita, maka kita akan mendapatkan sebuah citra yang baik, baik di hadapan Allah ataupun sesama manusia.

Yang Ketiga: Surat yang terdiri dari delapan ayat tersebut mengajarkan kita bahwa sesuatu yang dilalui dengan lapang dada atau ikhlas akan berakibat baik pada diri kita dan citra kita di mata Allah dan sesama.

Yang Keempat: Yaitu setiap kesulitan pasti ada kemudahan. Ayat kelima dan keenam dalam syurat ini menerangkan bahwa setiap kesulitan ada kemudahan, artinya seberapa sulit hal yang kita hadapi pasti dibalik itu pasti ada kemudahan ataupun kegembiraan. Lebih singkatnya semua pasti ada hikmahnya.

Yang Kelima: Allah itu Maha Adil, tidak sesekali Dia meletakkan sesuatu ujian di luar kemampuan makhluknya, seperti mana dinyatakan dalam Surah Al-Baqarah (2:286). Ayat ini didukung  dengan ayat keenam Surah Al-Insyirah di mana kesusahan akan disertai kemudahan.

Yang Ke Enam: Allah mengajar makhluknya bersabar dan yang paling penting percaya dengan janji Allah. Coba anda bayangkan, andai kata kita tidak yakin bahawa kemudahan pasti datang selepas kesusahan pasti kita akan cepat putus asa dan bertindak di luar batasan apabila kita diuji dengan ujian yang berat. Maka, dengan adanya janji Allah ini kita mampu membentuk diri menjadi insan yang ikhlas dengan ujian yang menimpa.

Yang Ke Tujuh: Ayat ketujuh surah ini mengajar kita untuk bersifat sistematik. Subhanallah, betapa Islam itu agama yang memberi panduan untuk penganutnya bukan hanya perintah untuk melakukan ibadah semata-mata. Ini menunjukkan betapa sempurnanya  Islam. Ilmu yang dapat dipelajari dari ayat ini ialah; kita perlu mengatur kerja kita dan melaksanakannya dengan cara mendahulukan yang utama . Apabila selesai, barulah kita melakukan pekerjaan berikutnya.

Yang Ke Delapan: Ayat terakhir menyeru agar kita memohon kepada Allah untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. kaitan antara ayat 7 dan 8 adalah adanya hubungan erat  antara usaha yang bersungguh-sungguh dengan amalan berdoa. Ini menunjukkan bahawa tidak jalan pintas untuk kesuksesan, ia perlu dirintis dengan usaha yang mantap serta berdoa dan bertawakal kepada-Nya.

Berikut di bawah ini, ada beberapa keutamaan mengamalkan Surat Al-Insyirah yaitu:

  1. Nabi Muhammad SAW bersabda: " Barangsiapa membaca Surah Al-Insyirah, seperti ia mendatangi aku dan aku mengambil kesempatan maka menjadi suatu kelapangan dariku ".
  2. Barangsiapa membiasakan membaca Surah Al-Insyirah selesai mengerjakan shalat fardhu , niscaya Allah permudahkan urusannya serta dimudahkan segala kebutuhannya dan dimudahkan rezekinya.
  3. Siapa yang membaca Surah Al-Insyirah niscaya Allah turut melapangkan dadanya serta dijauhkan dari segala kesulitan dalam segala urusannya. Dihilangkan segala sifat kesal dan jemu, serta mendatangkan rajin dalam mengerjakan ibadah.
  4. Barangsiapa membaca Surah Al-Insyirah sembilan kali sesudah shalat fardhu niscaya Allah akan menjauhkan dari kesempitan hidup dan dimudahkan rezeki dalam segala urusan.
  5. Barang siapa  membaca Surah Al-Insyirah jadi wirid pada setiap lepas sembahyang fardhu, niscaya hilang dukacita nya dan mengurniailah oleh Allah swt akan rezekinya dengan beberapa banyak.
  6. Barang siapa selalu banyak membaca Surah Al-Insyirah niscaya mudah mendapatkan rezekinya dan luas pikirannya , senang membuat sesuatu pekerjaan dan hilang darinya sifat malas.
  7. Barang  siapa membaca Surah Al-Insyiroh 7 ( tujuh ) kali pada setiap lepas sembahyang , niscaya terlepas daripadanya kesusahan dan mudah oleh Allah swt akan rezekinya.
  8. Barang  siapa membaca Surah Al-Insyirah 40 ( empat puluh ) kali pada setiap lepas sembahyang fardhu selama tujuh hari berturut-turut, niscaya mengurnia Allah swt kepadanya kekayaan.
Barang siapa  mendapati kesusahan  pada suatu pekerjaan, hendaklah ia sembahyang dengan cara yang tersebut di bawah ini, niscaya sampai maksudnya, yaitu :
  1. Shalat sunat dua rakaat,
  2. Pada tiap-tiap rakaat baca Surah A -Fatihah dan surat apapun
  3. Selesai salat, duduk menghadap kiblat dengan tetap bersungguh-sungguh ingatlah akan Allah, dan baca Surah Al-Insyirah sebanyak jumlah hurufnya,
  4. Sesudah membaca Surah Al-Insyirah, mohonkanlah apa-apa yang di hajati dari Allah Swt.
Barang  siapa membaca Surah Al-Insyirah 200 ( dua ratus ) kali pada setiap hari ketika matahari naik (waktu dhuha ), niscaya memperlihat oleh Allah swt kepadanya hal-hal yang ajaib.

Barang  siapa berhajat sesuatu hal , bacalah Surah Al-Insyiraah 700 ( tujuh ratus ) kali atau 1000 (seribu) kali pada setiap hari selama ia mengusahakannya, niscaya mendapat apa - apa yang di hajati.

Demikianlah postingan artikel pada kesempatan yang sangat berkah ini, membahas mengenai Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Insyirah. Semoga bermanfaat dan kita menyakini setiap apa yang kita lakukan dan amalkan, itu karena hanyan ingin mencari ridho dan rahmat Allah Swt. Semoga kita termasuk hamba Allah yang selalu bersyukur dan menjalankan semua apa yang diperintah-Nya dan menjauhi segala laranga-Nya. Amin

0 Response to "Keutamaan Membaca dan Mengamalkan Surat Al-Insyirah"

Post a Comment