Keutamaan Membaca Surat Al Qadr

Keutamaan Membaca Surat Al Qadr - Alhamdulillah pada kesempatan yang sama-sama berkah ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang ada hubungannya dengan Keutamaan Membaca Surat Al Qadr. Untuk lebih jelasnya, langsung saja anda menyimak ulasan artikel berikut :
Keutamaan Membaca Surat Al Qadr
Keutamaan Membaca Surat Al Qadr


Surah Al-Qadr adalah surah yang ke 97 di dalam Al Quran yang bererti kemuliaan. Ia diturunkan di Makkah sesudah surah 'Abasa. Surah ini dinamai Al-Qadr (kemuliaan), diambil dari perkataan Al Qadr yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Ia dinamakan Al-Qadr kerana Allah SWT menurunkan Al-Quran pada malam Lailatul-Qadr (malam kemuliaan dan kebesaran). Ibadat yang dikerjakan pada malam yang mulia itu lebih besar pahalanya daripada amal ibadat yang dikerjakan pada seribu bulan yang lain.

Poko-Pokok Isi kandungannya :

Al-Quran dimulai diturunkan pada malam Lailatul Qadr, yang nilainya lebih dari seribu bulan; para malaikat dan Jibril turun ke dunia pada malam Lailatul Qadr untuk mengatur segala urusan. Pada surah Al Qadr ini diterangkan bahwa permulaan Al Quran diturunkan ialah pada malam lailatul Qadr dan diterangkan juga ketinggian malam Lailatul Qadr itu.
  • Surat Al-Qadr terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat Makkiyyah, diturunkan sesudah surat 'Abasa.
  • Surat ini dinamai "Al-Qadr" (kemuliaan), diambil dari perkataan "Al-Qadr" yang terdapat pada ayat pertama surat ini.
  • Pada surat ini diterangkan bahwa permulaan Al-Qur'an diturunkan ialah pada malam lailatul Qadr dan diterangkan juga ketinggian malam lailatul Qadr itu.

Keutamaan Surat Al-Qadr

Mengenai keutamaanya banyak sekali sebagaimana yang telah dikatakan oleh imam Ahmad bin Musa ketika beliau dimintai oleh seorang yang selalu dalam kesempitan rezeki. Maka beliau mengatakan agar diperbanyak membaca surat Al-Qadr.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِى لَيْلَةِ الْقَدْر(1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ(2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِّنْ أَلْفِ شَهْر(3) تَنَزَّلُ الْمَلَئِكَةُ وَ الرُّوْحُ فِيْهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِّنْ كُلِّ أَمْرٍ(4) سَلاَمٌ هِىَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ(5


Bismillâhir Rahmânir Rahîm

1) Innâ anzalnâhu fî laylatil qadr. 2) Wamâ adrâka mâ laylatul qadr. 3) Laylatul qadri khayrun min alfi syahr. 4) Tanazzalul malâ-ikatu war rûhu fîhâ bi-idzni rab-bihim min kulli amr. 5) Salâmun hiya hattâ mathla'il fajr.

1) Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Qur'an) pada malam Al-Qadar. 2) Dan tahukah kamu apakah malam Al-Qadar itu? 3) Malam Al-Qadar itu lebih baik dari seribu bulan. 4) Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. 5) Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.

Keutamaan Surat Al-Qadar

1. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar, pahalanya sama dengan orang yang berpuasa di bulan Ramadhan dan menghidupkan malam Al-Qadar.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5: 613).

2. Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Tidak ada seorang pun hamba yang membaca surat Al-Qadar tujuh kali sesudah shalat Subuh, kecuali para malaikat ber-shalawat kepadanya 70 shalawat dan mencurahkan rahmat kepadanya 70 rahmat.” (Mafatihul Jinan: 79).

3. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar dalam shalat-shalat fardhunya, malaikat memanggilnya: Wahai hamba Allah, Allah telah mengampuni dosamu yang lalu, maka mulailah amalmu yang baru.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 612).

4. Imam Ali Ar-Ridha (sa) berkata: “Barangsiapa yang berziarah ke kubur saudaranya yang seiman, kemudian ia meletakkan tangannya pada kuburannya sambil membaca surat Al-Qadar (7 kali), Allah menjamin baginya keamanan dari ketakutan yang paling besar.” (Tafsir Ats-Tsaqalayn 5: 613).

5. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) menasehati para sahabat dan pengikutnya: “Barangsiapa yang sakit, hendaknya ia mengambil bejana yang baru, kemudian diisi air oleh dirinya sendiri, lalu membacakan pada air itu surat Al-Qadar secara tartil sebanyak (30 kali), kemudian air itu diminum, dibuat wudhu’ dan diusapkan pada bagian yang sakit, jika airnya kurang bisa ditambahkan. Jika hal itu dilakukan, insya Allah dalam waktu tiga hari Allah akan menyembuhkannya dari penyakit itu.”


Diantara Keutamaan Yang Lain Adalah :

1. Untuk menghilangkan kesempitan rezeki


Caranya: Perbanyaklah membaca surat Al-Qadr. Ulangi berkali-kali kapan saja dan dimana saja. Pusatkan pikiran pada waktu membaca untuk menghadap kepada Allah agar dengan berkah surat Al-Qadr itu semua kesempitan dapat sirna dengan izin-Nya. Bacalah surat Al-Qadr dalam keaadaan suci agar lebih mendekatkan diri kepada Allah. Setelah cukup banyak membaca (menurut kemampuan sendiri), lalu bacalah do'a di bawah ini:

اللهم يامن هويكتفي عن جميع خلقه ولايكتفي عنه احدمن خلقه يااحدمن لااحدله انقطع الرجاءالامنك وخابت الأمال الافيك وسدت الطرق الااليك ياغياث المستغيثين اغثني.‏‎


"Allahumma yaa man huwa yaktafii 'an jamii'i khalqihi wa laa yaktafii 'anhu ahadun min khalqihi. Yaa ahada man laa ahada lahu inqatha'ar rajaau illaa minka, wa khaabatil aamaalu illaa fiika wa saddatit thuruqu illaa ilaika. Ya ghayyaatsul mustaghitsiin aghitsnii" (Bacalah "aghitsnii" sampai 7 kali).

Artinya: "Ya Allah, wahai Zat yang cukup (tidak membutuhkan) dari semua makhluk-Nya, dan tidak cukup (sangat membutuhkan) dari pada-Nya seseorang dari makhluk-Nya. Wahai Zat yang Maha Esa, yang tidak ada seorang pun menyamai ke-Esaan-Nya. Terputuslah semua pengharapan kecuali darimu, dan rugilah semua angan-angan kecuali kepada-Mu dan menjadi tersumbat semua jalan kecuali kepada-Mu. Wahai Zat yang Maha penolong kepada orang-orang yang minta tolong, tologlah aku"

2. Untuk mendatangkan semua yang dihajati

caranya: Bacalah surat Al-Qadr 41 kali kemudian bacalah do'a seperti di atas 41 kali juga. Setelah semuanya selesai, maka utarakanlah hajat yang dikehendaki kepada Allah. Mintalah kepada-Nya dengan kesungguhan hati. Insya Allah, tuhan akan mengbulkaan hajatnya.

3. Untuk keteguhan iman

Caranya: setiap hari jum'at bacalah surat Al-Qadr 1.000 kali. Dengan mengamalkan seperti ini setiap hari jum'at, maka iman kita selalu dijaga oleh Allah, tidak mudah luntur oleh berbagai cobaan. Orang yang mengamalkan ini terus-menerus, maka dia tidak akan mati sebelum bermimpi bertemu dengan Rasulullah Saw.

4. Selalu lapang dalam mata penceharian sehari-hari

Caranya: Bacalah surat Al-Qadr 36 kali pada segelas air. Lalu percikan air itu pada baju atau pakaian lainya yang suci atau pakaian yang baru. maka berkah bacaan itu insya Allah mata penceharian sehari-hari akan terjamin, lancar dan membawa berkah, selama pakaian tadi masih ada padanya (belum rusak).

5. Mayat tidak akan disiksa dalam kubur

Caranya: Menurut riwayat dari Rasulullah Saw. Beliau bersabda: "Barangsiapa yang mengambil segenggam tanah pekuburan sewaktu mayat dikubur dan ia bacakan surat Al-Qadr atasnya 7 kali, kemudian ia sertakan segenggam tanah itu dengan mayat pada kain kafannya atau di dalam liang kuburanya, maka mayat itu tidak akan disiksa di dalam kubur."

Keterangan :

Demikianlah di antara khasiat surat Al-Qadr, di mana di dalam ayat itu diterangkan bahwa Al-Qur'an mulai diturunkan pada malam Lailatul Qadr yaitu malam kemuliaan yang nilainya lebih mulia dari seribu bulan. Pada malam Lailatul Qadr itulah Malaikat Jibril turun ke dunia untuk mengatur segala urusan.

Bagi mereka yang ingin mengamalkan bacaan surat Al-Qadr, maka amalkanlah dengan kesubian hati dan badan. Dengan demikian do'a yang kita panjatkan kepada Allah lekas dikabulkan. Dan jangan lupa mulailah berdo'a dengan membaca Basmalah, hamdalah dan membaca shalawat kepada Nabi Muhamma Saw.


Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan yang penuh berkah ini, yang membahas mengenai Keutamaan Membaca Surat Al Qadr. Semoga bermanfaat dan kita semua termasuk hamba Allah yang selalu mengingat kebesaran-Nya dan selalu berdizikir kapan dan dimana saja. Aamiin Ya Rabbal Aalaamiiin.

0 Response to "Keutamaan Membaca Surat Al Qadr"

Posting Komentar