Khasiat Membaca Surat Al Fatihah

Khasiat Membaca Surat Al Fatihah - Al-Fatihah dikenal sebagai surat paling awal dalam Al-Qur’an, tapi apakah kita tahu tentang keutamaan dan khasiat membaca surat Al-Fatihah? Umat Muslim mengetahui bahwa shalat yang mereka lakukan tidak akan sah jika mereka tidak membaca surat yang satu ini, yaitu surat Al-Fatihah, dan hal ini juga diriwayatkan oleh beberapa orang, terutama Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa shalat orang yang tidak membaca surat Al-Fatihah tidak akan diterima oleh Allah SWT. Melalui hadist yang satu ini juga Nampak bahwa ternyata Al-Fatihah memiliki peranan yang sangat penting hingga shalat seseorang tidak dinilai jika mereka terlupa untuk membacanya.
Khasiat Membaca Surat Al Fatihah
Khasiat Membaca Surat Al Fatihah


Khasiat Membaca Surat Al Fatihah :

Rasulullah SAW pernah berkata pada Abu Sa’id bin Al-Mu’alla yang pada saat itu sedang shalat di masjid. Rasulullaah ingin mengajarkannya sebuah surat yang paling agung dari seluruh surat yang ada dalam Al-Qur’an, dan Abu Sa’id setuju untuk diajarkan. Al-Imam Ibnu At-tiin mengatakan bahwa maksud nabi Muhammad dengan ucapannya tadi adalah bahwa keistimewaan dan khasiat membaca surat Al-Fatihah lebih banyak jika dibandingkan dengan membaca surat lainnya yang ada di dalam Al-Qur’an.

Jika ingin dijabarkan, maka ada 13 keuntungan yang bisa diperoleh ketika seseorang memutuskan untuk membaca surat Al-Fatihah, yaitu :
  • Kebaikan orang tersebut diterima oleh Allah SWT.
  • Seluruh dosanya yang ada di dunia diampuni.
  • Akan selamat lidah mereka dari api neraka yang sangat panas.
  • Akan terhindar dari murka Allah SWT.
  • Mampu berjumpa dengan Allah SWT.
  • Terbebas dari azab ketika ia dikubur nanti.
  • Mendapat derajat yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak membaca, nanti ketika di Surga.
  • Keutamaan dan Khasiat membaca surat Al-Fatihah sebelum tidur mampu membuat seseorang aman dari segala hal, kecuali kematian.
  • Rumah yang sering dibacakan al-Fatihah dan al-Ikhlas akan bebas dari kefakiran, serta akan berlimpah kebaikan.
  • Membaca Al-Fatihah sudah seakan-akan menyedekahkan emas di jalan Allah.
  • Satu ayat dari surat Al-Fatihah menutup satu pintu neraka bagi orang tersebut.
  • Membaca surat al-fatihah dengan ayat kursi dan dua ayat surat ali Imran ketika selesai shalat akan dibalas dengan surga.
  • Manfaat membaca surat Al-Fatihah yang terakhir adalah kita seakan telah membaca kitab injil, zabur, taurat, Qur’an, suhuf Ibrahim, dan suhuf Idris sebanyak tujuh kali.


Keutamaan dan Khasiat Membaca Surat Al-Fatihah di Zaman Rasul

Surat Al-Fatihah sering juga digunakan ketika akan melakukan ruqyah pada seseorang, tapi ternyata pada zaman Rasul penggunaannya sedikit berbeda. Surat ini pernah dibacakan ketika para sahabat Rasul mencoba menyembuhkan orang yang terkena sengatan kalajengking, dan inilah manfaat surat Al-Fatihah untuk pengasihan pada masa itu, karena dengan izin Allah SWT maka orang-orang yang terkena sengat kalajengking tadi sembuh sesaat setelah dibacakan.

Salah satu alasan lain mengapa seorang Muslim disarankan membaca surat al-Fatihah sepanjang hidupnya adalah karena ternyata surat Al-Fatihah memiliki banyak petunjuk yang langsung ditujukan untuk umat Muslim demi melancarkan seluruh urusan mereka.

Hal ini bisa didapat dengan melakukan pengkajian mendalam terhadap surat Al-Fatihah secara khusus, dan karena ini juga banyak ulama-ulama yang telah menerbitkan sebuah kitab yang dikhususkan untuk membahas hal ini, karena ternyata banyak yang bisa diambil dari surat Al-Fatihah. Lewat kitab-kita tersebut, kita bisa lebih mendalami keutamaan dan khasiat membaca surat Al-Fatihah.


Demikianlah penjelasan artikel yang membahas mengenai Khasiat Membaca Surat Al Fatihah. Semoga kita selalu mengamalkannya dan mendapatkan keberkahan hidup dari Allah Swt. Insya Allah. Allahumma Aamiin.

0 Response to "Khasiat Membaca Surat Al Fatihah"

Post a Comment