Manfaat Dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Mulai Dari Sekarang

Manfaat Dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Mulai Dari Sekarang - Pada kesempatan yang sama beermanfaat ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang ada kaitannya dengan Manfaat Dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Mulai Dari Sekarang. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja anda menyimak ulasan artikel di bawaah ini :

Sebuah hal terpenting yang seharusnya kita ketahui sejak awal dalam belajar bahasa inggris adalah untuk apa kita belajar bahasa inggris? Apakah hanya sekedar belajar, atau untuk kebutuhan. Terdapat banyak alasan untuk kita tak hentinya belajar English, terlebih lagi di era globalisasi ini kebutuhan akan bahasa inggris nyata-nyata sangat penting. 
Manfaat Dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Mulai Dari Sekarang
Manfaat Dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Mulai Dari Sekarang


Era globalisasi mendorong kita untuk beradaptasi, beradaptasi pada tatanan kehidupan yang berterima umum. Pentingnya belajar bahasa inggris tidak boleh kita abaikan begitu saja, tanpa bahasa inggris memang kita masih bisa hidup, namun kehidupan ini telah berkembang pesat dan mengharuskan kita sebagai pihak yang ada dalam lingkaran globalisasi untuk ikut serta dalam tatanan kehidupan yang semakin maju.
English sangat penting untuk kita pelajari karena manfaat belajar bahasa inggris memiliki lingkup yang begitu luas, lingkup-lingkup tersebut akan kami simpulkan  berikut ini :

1. Bersosialisasi Dengan Masyarakat Luas

Kalian tentu sudah pernah dengar bahwa bahasa inggris adalah salah satu bahasa internasional yang paling umum dipakai, juga sebagai bahasa yang sangat populer diseluruh belahan dunia ini. Bahasa inggris digunakan sehari-hari oleh lebih dari 400 juta penduduk dunia, dan digunakan sebagai bahasa sampingan oleh ratusan juta penduduk dunia. Dari situ kita dapat memahami bahwa memang benar bahasa inggris sangat penting, bagaimana tidak, sebagai masyarakat yang berkembang dan ingin maju kita harus berinteraksi dengan para penduduk dunia, tidaklah cukup hanya sebatas di Negara dimana kita tinggal, tapi kita juga harus berinteraksi dan bersosialisasi dengan mereka guna membuka pintu perkembangan dan kemajuan.

Mungkin ada orang yang berpikiran “ah, saya tinggal dinegara yang tidak menggunakan bahasa inggris kok, dan berinteraksi serta bersosialisasi dengan penduduk dunia adalah hal yang terlalu besar buat saya, jadi tidak perlu untuk belajar bahasa inggris”. Jika kalian masih berpikiran seperti itu, segeralah ubah pemikiran kalian, kita harus positif thinking untuk berkembang dan maju guna ikut serta dalam lingkaran era globalisasi.

2. Bahasa Inggris Untuk Teknologi

Manfaat dan pentingnya belajar bahasa inggris yang kedua berkaitan dengan teknologi, ini mungkin hal sepele yang kerap kita abaikan namun sering membuat kita bingung karena ketidakpahaman kita. Tentu kalian sangat sering menggunakan computer, smartphone, internet, software, dan bentuk teknologi lainnya, pernahkah kalian perhatikan bahwa kebanyakan dari teknologi tersebut semuanya menggunakan bahasa inggris? Ya, hampir semuanya menggunakan bahasa inggris.  Mungkin beberapa teknologi seperti Handphone dapat kita ubah bahasanya, ya silahkan ubah bahasanya namun perlu diingat bahwa teknologi tidak hanya sebatas pada Handphone, masih banyak teknologi yang murni menggunakan bahasa inggris, seperti teknologi computer, software, dan lain-lain lebih dominan menggunakan bahasa inggris.

Para produsen menyadari bahwa bahasa inggris adalah bahasa yang berterima umum, karena itulah mereka menggunakan English sebagai bahasa utama dalam produknya, dimanapun produknya dijual maka akan dominan menggunakan English, untuk itu kita harus beradaptasi karena ini akan memudahkan kita dalam mengoperasikan produk-produk teknologi.

3. English Untuk Dunia Pendidikan

Pada dasarnya, era globalisasi mendorong semua aspek kehidupan untuk beradaptasi, begitu juga dengan pendidikan. Pendidikan di level universitas, dalam beberapa mata kuliah telah mewajibkan mahasiswa untuk memiliki buku-buku berbahasa inggris, dengan begitu para mahasiswa secara otomatis harus menguasai English, tidak terbayang jika harus translate terlebih dahulu karena hal tersebut pastilah melelahkan.

Mewajibkan mahasiswa untuk memiliki buku berbahasa inggris bukan sekedar untuk gengsi , agar keren, atau iseng-iseng belaka, ini dilakukan oleh para dosen untuk beragam alasan, salah satunya adalah untuk membiasakan mahasiswa menggunakan English, ini dilakukan oleh para dosen karena mereka menyadari manfaat dan pentingnya belajar bahasa inggris di era globalisasi seperti saat ini.

Alasan lain pentingnya English dalam pendidikan adalah ketika kita belajar dengan menggunakan buku translate (dari buku berbahasa inggris) seringkali diterjemahkan dengan makna yang salah atau dengan makna yang susah dipahami, hal tersebut dapat menyesatkan kita dalam pemahamannya.

4. English VS Dunia Kerja

Kita mulai memasuki dunia kerja ketika kita melamar pekerjaan, mulai dari situ peran English telah bermain. Di era globalisasi, dimana dunia kerja semakin berkembang dan maju dalam memperluas lingkupnya hingga lintas negara, peran English semakin dibutuhkan. Jadi tidak heran jika dunia kerja memberikan nilai yang tinggi terhadap seseorang yang dapat berbahasa inggris.

Memang benar dunia kerja membutuhkan seseorang dengan keahlian khusus sesuai dengan bidang profesinya, namun keahlian khusus tersebut akan sangat luar biasa jika ditunjang dengan kemampuan bahasa inggris. Singkatnya, dunia kerja membutuhkan keahlian khusus untuk bertindak, dan bahasa inggris untuk berkomunikasi serta menunjang atas tindakannya. Sebuah kombinasi yang kita inginkan bukan?

5. Menguasai Dunia

Bahasa inggris dapat membantu kita dalam upaya untuk menguasai dunia, menguasai dunia bukan berarti secara politik atau secara militer tapi lebih ke aspek yang lainnya, seperti ekonomi, gaya hidup, budaya, dan sebagainya.

8 Manfaat Belajar Bahasa Inggris :

Mengetahui manfaat belajar bahasa Inggris dapat meningkatkan semangat dan cita-cita kita dalam mempelajari bahasa internasional yang satu ini. Tidak semua orang mengerti akan pentingnya penguasaan bahasa Inggris, sehingga wajar saja bila pelajaran bahasa Inggris malah menjadi momok menyeramkan bagi sebagian besar pelajar di Indonesia. Memang belajar bahasa asing itu memerlukan kesabaran dan sebaiknya dilakukan secara rutin berkelanjutan, sebab bahasa tidak bisa diajarkan sebagaimana matematika atau ilmu eksak lainnya yang membutuhkan penalaran dan hapalan rumus. Namun lebih pada kebiasaan menggunakan kosakata dalam berbicara ataupun menulis.

Berikut ini sejumlah kegunaan dari belajar bahasa Inggris antara lain :

1. Pintu menguasai Pengetahuan Lebih Luas

Bahasa Inggris bisa disebut sebagai bahasa yang paling sering digunakan di dunia saat ini. Bahasa ini telah menjadi bahasa internasional secara alamiah seiring dengan kemajuan dan kedigdayaan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat. Tak mengherankan bila salah satu syarat menerima beasiswa adalah memakai standar penguasaan bahasa Inggris. Maka berbagai ilmu pengetahuan akan dituliskan dalam bahasa Inggris, bila Anda pandai berbahasa Inggris maka gunakan potensi itu untuk menguasai berbagai pengetahuan yang bermanfaat dan belum banyak diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

2. Melejitkan Potensi Kerja

Dunia bisnis, perdagangan dan pendidikan kini kebanyakan mengharuskan para pekerjanya mahir berbahasa asing terutama English Language. Era globalisasi dan informasi sekarang membuka kesempatan kerja dan karir yang sangat luas, maka hanya orang-orang yang memiliki penguasaan bahasa asing yang populer akan dapat mengambil kesempatan emas ini. Terdapat beberapa bahasa yang paling sering dipakai manusia hingga saat ini seperti bahasa English, bahasa Mandarin, bahasa Arab, Bahasa Spanyol, Bahasa Tionghoa, dan Bahasa Portugis.

3. Memudahkan Laju Akademis

Setidaknya bila seseorang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di PTN terkemuka, maka disyaratkan baginya untuk memiliki kemampuan berbahasa Ingris yang baik. Biasanya dipatok mempunyai nilai TOEFL di atas 500 atau 550. Belum lagi bila kita telusuri beasiswa ke luar negeri, maka siapa saja yang dapat berbahasa asing akan mudah melewati seleksi beasiswa tersebut lebih mudah. Sehingga bagi Anda yang sudah berniat menggapai kesuksesan akademik sudah sepatutnya meluangkan energi dan waktu untuk mempelajari bahasa Inggris dan lainnya dengan sungguh-sungguh. 

4. Meningkatkan Kompetensi Diri

Seseorang yang pandai berbahasa Inggris pasti akan disegani oleh komunitas di sekitarnya. Sebab memang tidak mudah agar bisa mahir berbahasa English. Belum lagi bila sudah masuk ke lingkungan kerja, maka Anda bisa menjadi karyawan yang dianggap penting peranannya dalam menjalin hubungan dengan perusahaan atau klien mitra asing.

5. Mudah Bergaul


Penguasaan bahasa lebih dari 2 atau 3 jenis bahasa akan membuat kita memahami perbedaan kultur dan unggah-ungguh dari setiap bangsa. Dengan begitu seseorang akan semakin berhati-hati dan pandai dalam bertutur kata, ini membuat orang-orang yang diajak ngobrol menjadi suka dan senang dengan keberadaan kita.

6. Mudah Beradaptasi Dengan Lingkungan Baru

Seseorang yang pintar berbahasa akan mengetahui dan cepat belajar tentang penggunaan bahasa di lingkungan yang baru ia singgahi, apalagi saat ini bahasa Inggris merupakan bahasa dengan lebih 335an juta penutur di seluruh dunia. Bahkan beberapa negeri tetangga telah terbiasa dengan pemakaian bahasa English dalam keseharian mereka. Ketika Anda berpergian ke berbagai tempat di luar negeri maka skill berbahasa Inggris akan membuat perjalanan lebih menyenangkan dan bermakna.

7. Menyerap Informasi Dari Internet Serta Memanfaatkannya

Dunia informasi melaju dengan cepat perkembangannya, hingga semua bidang saat ini terkoneksikan dengan dunia maya. Maka tak heran bila internet menyediakan segala informasi dan kebutuhan bagi penggunanya. Seperti yang diketahui jika informasi di dumay dituliskan dalam bahasa Inggris, hingga mencapai 80 persen lebih. Sebab itu bersenjatakan bahasa Inggris maka Anda dapat mengeksploitasi internet untuk berbagai keperluan.

8. Menjadi Translator

Pekerjaan translator atau dinamakan sebagai penerjemah telah menjadi sebuah profesi yang diakui secara legal oleh negara. Sehingga potensi mendapatkan uang bulanan atau tambahan sangat besar lewat kerja penerjemah. Di situs jasa penerjemah bahasa Inggris kami ini saja sudah bergabung beberapa translator dengan penghasilan lebih dari cukup setiap order yang diberikan. 

10 Alasan Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa Inggris

Ada banyak alasan mengapa Anda harus belajar bahasa Inggris, bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang paling sulit untuk dipelajari, namun Anda harus tahu, menguasai bahasa Inggris merupakan hal yang penting. Artikel berikut ini menjelaskan, mengapa Anda harus menguasai bahasa Inggris.

Berikut beberapa peryataan dna penjelasannya secara detail dan terperinci:
  • Bahasa Inggris adalah bahasa yang paling sering digunakan oleh penutur bahasa asing di seluruh dunia. Ketika orang-orang dengan berbagai bahasa datang bersama-sama, pada umumnya mereka menggunakan bahasa Inggris untuk saling berkomunikasi.
  • Menguasai bahasa Inggris dapat meningkatkan value Anda dan akan lebih di hargai pada dunia kerja internasional.
  • Meskipun China dan Amerika Serikat merupakan pemimpin dalam inovasi bisnis dan pembangunan ekonomi, bahasa Inggris tetap digunakan di China dan Amerika Serikat pada bidang tersebut.
  • Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang digunakan dalam berkomunikasi terutama dalam dunia usaha, salah satu contohnya adalah komunikasi dalam bisnis. Oleh karena itu untuk memasuki suatu usaha ataupun kegiatan perekonomian sangat dituntut untuk menguasai bahasa Inggris, terutama bagi usaha yang mempunyai aktivitas berhubungan dengan perusahaan-perusahaan di negara-negara lain.
  • Bahasa Inggris sangat penting karena merupakan bahasa ilmiah/science. Untuk unggul dalam ilmu pengetahuan tersebut, anda perlu menguasai bahasa Inggris.
  • Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan pada industri film besar Hollywood. Dengan Anda menguasai bahasa Inggris, berarti Anda tidak lagi bergantung dengan subtitles film tersebut.
  • Di Amerika Serikat, berbicara bahasa Inggris membuka peluang agar terlepas dari diskriminasi sosial seperti perbedaan etnis, warna, dan latar belakang.
  • Dengan menguasai bahasa Inggris, Anda dapat mengajarkan dan melatih komunikasi anak Anda dengan bahasa Inggris. Sehingga anak Anda dapat mengetahui bahasa Inggris sejak dini.
  • Semua gadget dan alat teknologi keluaran terbaru menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar untuk memberikan petunjuk para penggunanya. Jika Anda menguasai bahasa Inggris, maka Anda akan lebih cepat untuk memahami teknologi gadget tersebut.
  • Banyak sumber pembelajaran baik dari buku maupun media internet yang menggunakan bahasa Inggris. Dengan menguasai bahasa Inggris, dapat menambah pengetahuan dari berbagai sumber tersebut.

Demikianlah informasi mengenai Manfaat Dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Mulai Dari Sekarang. Semoga dapat bermanfaat dan lebih menambah wawasan anda dalam belajar Bahasa Inggris.

0 Response to "Manfaat Dan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Mulai Dari Sekarang"

Post a Comment