Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri

Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri - Manusia merupakan makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, karena hanya manusialah yang diberi akal dan pikiran oleh Tuhan. Meskipun demikian. Setiap orang memiliki kodrat yang sama yaitu memiliki kelebihan dan kelemahan. Hal inilah yang menjadikan manusia selain sebagai makhluk individu juga sebagai makhluk sosial. Serta makhluk yang bisa juga menentukan arah kehidupan yang baik atau tidak baik.
Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri

Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri


 
Adanya kelebihan dan kelemahan yang dimiliki setiap orang menyebabkan tidak bisa hidup sendirian. Maka, jika ada orang yang menyombongkan diri merasa orang yang paling, itu sangat memalukan. Dan sebaliknya, sangat tidak pantas jika ada orang yang merasa rendah diri, paling bodoh, paling miskin, paling tidak berharga di hadapan orang lain. Hal itulah yang dapat menyebabkan keputusasaan bahkan mengambil jalan pintas dengan cara bunuh diri. Baca juga Cara Mengetahui Kepribadian Seseorang Dari Gaya Bahasanya

Jika kita menyadari bahwa setiap orang memilki kelebihan dan kelemahan, maka setiap orang akan selalu rendah hati dan menghargai hak azasi manusia. Bagaimanakah untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan diri sendiri? Cara yang paling tepat adalah dengan melakukan introspeksi diri atau merenungkan diri untukmelihat kemampuan diri sendiri secara jujur.

Untuk melakukan introspeksi diri memang bukan hal yang mudah, maka perlu bantuan orang lain terutama orang-orang di sekitar kita untuk memberikan penilaian kepada diri kita secara jujur. Namun, dalam hal ini pun tidak mudah. Sebab kadangkala orang-orang di sekitar kita cenderung mengatakan tidak sejujurnya dan cenderung menyenangkan hati kita. Hal yang penting untuk melakukan introspeksi adalah sebagai berikut  :
  • Menghilangkan perasaan superior, yakni menganggap dirinya paling hebat, sehingga malu jika diketahui kelamahannya.
  • Jangan pernah menganggap orang lain lemah, sebelum menemukan kelemahan diri sendiri.
  • Menanamkan pemahaman kepada diri sendiri bahwa tujuan introspeksi adalah untuk memperbaiki diri agar lebih baik dalam bersikap maupun bertingkahlaku.
  • Memperhatikan kritikan yang masuk. Walaupun kritikan itu pedih, namun pada hakikatnya kritikan itu bersifat membangun terutama membangun mentalitas kita.
  • Menggunakan bantuan alat ukur dalam bentuk angket atau kuersioner yang khusus dibuat untuk menguji kelemahan diri. Ini biasanya dilakukan oleh lembaga psikologi.
Dengan mengetahui kelebihan diri, maka kita dapat mengembangkannya sebagai bentuk kekuatan yang mendorong tercapainya kesejahteraan lahir dan batin bagi kehidupan sekarang dan di masa yang akan datang. Selain dengan mengetahui kelebihan diri, mengetahui kelamahan yang dimiliki juga bermanfaat dalam hal :
  • Membatasi sikap perilaku
  • memudahkan dalam mencari jalan keluar terbaik
  • Mengupayakan agar kelemahan bukan penghambat, tetapi justru pemacu semangat untuk meningkatkan kemampuan yang menjadi kelebihan kita.
  • Mengakui kelebihan orang lain
  • Untuk itu mari kita bersama-sama mengintrospeksi diri, sebelum, kita menilai kekurangan orang lain.

Cara Mengetahui Kelebihan Diri Kita :

Banyak orang mungkin ingin mengetahui apa sih kelebihan yang dimiliki, namun untuk mengetahui kelebihan yang dimiliki tersebut tidak sering kalau mereka menjadi bingung dan tidak mengetahui jawabannya. 

Kelebihan itu sebenarnya ada pada setiap orang, nah tinggal bagaimana kita mengetahuinya dan mengembangkan kelebihan yang kita miliki itu agar bisa memberi manfaat pada diri kita dan juga bisa membantu kesuksesan kita. Saya akan memberikan beberapa tips agar kita semua bisa mengetahui kelebihan yang kita miliki.

1. Instropeksi diri


Kita harus bisa untuk mengenal lebih dalam mengenai diri kita sendiri, dengan begitu nantinya kita bisa menggali potensi-potensi yang ada pada diri kita dan bisa mengembangkan potensi tersebut menjadi hal yang bisa memberi manfaat pada diri kita. Tanyakan hal ini pada diri kita. Siapakah diri kita? apa yang kita miliki?

Dari pertanyaan itu mulai lah untuk lebih introspeksi diri lagi, mulai mengenal diri kita lebih dalam lagi. Carilah potensi-potensi yang ada di dalam diri kita yang kita rasa kalau itu adalah hal yang kita senangi dan dirasa cocok untuk kita lakukan. 

Hal-hal yang pernah kita lakukan dan mendapat suatu pujian atau pengakuan dari orang lain. Pelajari diri kita mulai sejak kecil sampai sekarang pencapaian apa saja yang telah dilakukan dan bisa membawa kebahagiaan pada diri kita dan juga orang lain karena mungkin itulah hal yang menjadi kelebihan anda.

2. Bertanya pada orang di sekitar anda


Terkadang orang lain lebih bisa menilai tentang kita daripada diri kita sendiri, jadi tanyakan pada mereka apakah yang menjadi kelebihan kita yang mereka akui dan hargai. Misalnya ketika kita mengerjakan sesuatu katakan saja menggambar dan secara tidak kita sadari orang lain mengappraise hasil gambar yang kita buat, trus misal kita menulis dan hasil tulisan yang kita buat itu bisa membuat orang terkagum-terkagum atau bisa merubah orang tersebut. 

Jadi jangan ragu untuk tanyakan pendapat orang lain mengenai diri kita baik mengenai kelebihan dan juga kekurangan kita agar kita bisa lebih mengembangkan kelebihan tadi dan memperbaiki kekurangan yang nantinya bisa membawa kesuksesan bagi kita.

3. Ciptakan dan Bentuk sendiri kelebihan anda


Sebenarnya kelebihan tidak hanya suatu bakat alamiah, tetapi kelebihan itu dibentuk oleh orang itu sendiri melalui usaha dan proses yang tidak mudah. Ok mulai sekarang yakinkan diri kita kalau kita itu hebat. Katakan pada diri sendiri kalau kita istimewa. misalnya katakan "Saya Orangnya Bijaksana".

Dengan begitu kita akan merasa kalau kita dituntut untuk menjadi orang yang cerdas, selalulah positif tinkhing dan hindari pikiran-pikiran negatif yang hanya akan menjatuhkan kita. Percaya pada kemampuan yang kita miliki untuk bisa menjadi seperti yang kita inginkan, untuk bisa menciptakan kelebihan kita sendiri dan untuk bisa mengubah hidup kita sendiri. 

Karena perubahan pada diri kita berasal pada dalam diri kita sendiri, teruslah berusaha dan jangan menyerah dan percaya kalau yang kita lakukan nanti pasti akan berguna bagi diri kita dan juga orang lain.

4. Yakinlah pada sesuatu yang kita anggap sebagai kelebihan 


Maksudnya kita harus lebih menghargai diri sendiri dan percaya akan kemampuan yang kita miliki. Berikan sugesti positif pada diri kita dan selalu yakin padan potensi yang kita miliki sekarang. Jadi ketika anda merasa kalau anda itu cerdas maka yakinilah kalau anda itu memang cerdas dan jadikanlah kecerdasan ini sebagai kelebihan anda. 

Hal ini dapat dilakukan dengan cara terus lah melatih dan mengembangkan kecerdasan anda serta biasakan anda untuk berpikir dan bertindak secara cerdas, karena dengan begitu lama kelamaan anda akan menjadi benar2 cerdas dan orang lain akan mengakui kalau anda itu cerdas. 

5. Lakukan apa yang kita sukai dengan sungguh-sungguh


Apa pun yang kita sukai pasti akan enak dan juga nyaman untuk dikerjakan karena kita cenderung merasa bahagia dan senang ketika melakukannya. Untuk itu jadikanlah hal yang kita sukai tersebut menjadi kelebihan kita. Kita cuma perlu mengembangkan apa yang kita sukai tadi menjadi hal yang bisa bermanfaat bagi diri kita tersebut. 

Misalnya bila suka otak atik komputer maka bila kesenangan tadi terus diasah dan dikembangkan dengan baik maka itu akan bisa menjadi kelebihan dan juga bisa menjadi profesi yang bisa menghasilkan keuntungan. Nah untuk itu lakukanlah hal yang kita sukai itu dengan baik dan terus lakukan inovasi dan pengembangan sehingga hal tersebut bisa memberi kita manfaat ke depannya nanti.


Demikianlah artikel pada kesempatan berbagia ini, tentang Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita baik itu dari pembacanya maupun penulisnya. Sekian dan terima kasih. Lihat juga Tips Cara Mengetahui Orang Yang Berpura-Pura Baik

0 Response to "Cara Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Diri"

Post a Comment