25 Hal Yang Harus Diperhatikan Seorang Wanita

25 Hal Yang Harus Diperhatikan Seorang Wanita - Kesehatan Reproduksi Wanita adalah keadaan sehat seluruh Organ Reproduksi serta proses reproduksi yang normal. Sehingga kesehatan reproduksi wanita bukan hanya kondisi bebas dari penyakit, melainkan bagaimana seseorang dapat memiliki kehidupan yang aman.

25 Hal Yang Harus Diperhatikan Seorang Wanita
25 Hal Yang Harus Diperhatikan Seorang Wanita

Rentannya kesehatan seorang wanita terhadap berbagai jenis penyakit reproduksi haruslah membuat wanita lebih berhati-hati dan selalu menjaga organ tersebut. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan reproduksi pada wanita yaitu dengan mengganti celana dalam setiap hari dan ketika mengalami keputihan. Setelah buang air kecil maupun besar, sangatlah perlu untuk membersihkan bagian luar vagina dengan menggunakan air.

Menjaga kesehatan Alat Reproduksi Wanita sangat penting. Dan bagaimana cara tepat dan mudah menjaga Kesehatan tersebut, bisa anda perhatikan dalam penjelasan berikut :
  1. Ketika haid, Anda disarankan sering mengganti pembalut terutama pada hari-hari yang banyak darah. Ini karena darah merupakan media yang paling sesuai untuk kuman berkembang biak.
  2. Hindari sering berlatih douching yaitu memasukkan jari atau ejakulasi ke dalam vagina dengan tujuan membersihkan bagian dalam vagina. Perbuatan ini akan menyingkirkan sejenis bakteri loctobacili dari vagina di samping mengungkapkan vagina dan bagian luar kemaluan pada bahan kimia yang dapat menyebabkan iritasi kulit.
  3. Hindari menggunakan sabun atau menyapu shower gel pada alat kelamin karena dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi kulit dan akan menjadi gatal. Beberapa wanita sensitif dan alergi pada kandungan pewangi serta buih sabun.
  4. Celana dalam harus diganti setiap hari dan pada hari-hari yang mengalami keputihan, lebih baik memakai panty liner sehingga tidak menempel pada pakaian dalam yang menyebabkan ketidaknyamanan.
  5. Wanita yang mengalami keputihan pada alat sulit seharusnya harus tahu membedakan antara keputihan biasa dan yang berpenyakit. Keputihan normal dapat terjadi pada waktu-waktu seperti beberapa hari sebelum haid, ketika gairah intim, kehamilan dan klimakterik atau setelah menopause.
  6. Selain dari itu, bengkak nanah juga dikaitkan dengan infeksi dan pasien mengeluh sakit dan demam. Perawatan adalah secara incisional dan drainage untuk menggeluarkan nanah dan konsumsi antibiotik. Bisul juga bisa terjadi pada wanita yang sering mencukur. Jadi kebersihan cukur harus dititikberatkan.
  7. Kebanyakan wanita sebenarnya tidak membutuhkan produk atau obat perawatan alat kelamin jika langkah-langkah yang disarankan diikuti dengan bijak. Obat hanya harus diambil untuk mengobati infeksi dan keputihan yang tidak normal.
  8. Segelintir wanita merasa nyaman dan puas ketika mereka membersihkan dan merawat alat kelamin dengan produk yang berada di pasar. Anda disarankan memikirkan bahan makanan yang tidak mendatangkan efek samping, yang tidak mengubah ph vagina dan telah diuji kebersihannya.
  9. Tanda-tanda keputihan yang berpenyakit seperti pertukaran warna dari jernih, putih kekuningan atau kehijauan atau berdarah. Jika keputihan terlalu banyak, kental kecil, gatal dan berbau, tanda-tanda bengkak, pedih atau sakit pada alat kelamin. Jika infeksi menyebar ke leher rahim atau sistem peranakan, wanita akan mengeluh sakit pada bagian bawah perut serta demam.
  10. Sebaiknya wanita yang mengalami masalah keputihan disarankan dokter untuk mendapatkan konfirmasi apakah dia sakit atau tidak, sehingga pengobatan dapat diberikan sebelum penyakit menjadi lebih serius.
  11. Jika setelah menggunakan produk tersebut dan timbul rasa gatal, pedih, kemerahan, Anda disarankan tidak menggunakannya lagi dan jumpalah dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.
  12. Hindari stres berlebihan dan beralihlah ke gaya hidup aktif dengan teratur berolahraga dan konsumsi makanan seimbang.
  13. Perbanyak konsumsi sayur dan buah yang kaya serat serta antioksidan. Hal ini tidak hanya membantu mencegah infeksi yang disebabkan jamur pada organ intim wanita, tetapi juga membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  14. Bulu di sekitar area kewanitaan apabila terlalu panjang akan menjadi sarang kuman. Namun apabila tidak ada bulu sama sekali, maka tidak akan ada yang melindungi organ kewanitaan dari kotoran. Memotong Bulu kewanitaan memang disarankan, namun cukup dengan gunting dan tidak terlalu bersih. Kebersihan Sistem Reproduksi Wanita paling luar ini, harus selalu terjaga agar tetap dalam keadaan sehat
  15. Bersihkan bagian luar vagina setelah buang air kecil atau air besar, dengan menggunakan air bersih. Dengan arah dari depan ke belakang.
  16. Saat memasuki masa siklus menstruasi, sering-seringlah mengganti pembalut terutama pada awal haid yang biasanya banyak mengeluarkan darah.
  17. Hindari penggunaan pembersih vagina yang dijual dipasaran, karena dapat menimbulkan efek samping dan mengubah ph vagina. Produk yang sebaiknya anda hindari adalah apabila setelah digunakan menimbulkan gatal, pedih dan kemerah-merahan.
  18. Lakukan pembersihan dengan menggunakan air pada alat kelamin baik itu suami ataupun istri ketika akan dan setelah melakukan hubungan badan. Sebaiknya anda juga membuang air kecil lebih kurang setengah jam setelah berhubungan badan, hal ini akan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.
  19. Dan tidak lupa juga, untuk pasangan suami istri yang akan melakukan maupun setelah melakukan hubungan intim, hendaknya membersihkan alat reproduksi masing-masing. Apabila dirasa perlu, berkonsultasilah ke dokter untuk selalu mengecek dan menjaga kesehatan reproduksi Anda.
  20. Jauhilah dari kebiasaan merokok. Tahukah anda, bahwa dengan membiasakan diri merokok akan merusak bagian ovarium anda dimana bagian ini penting adanya dalam proses pembuahan sel telur. Jika bagian ini rusak makan akan berpengaruh pada saat masa pembuahan dan kemungkinan besarnya akan mengalami kegagalan dalam pembuahan.
  21. Pola makan teratur, kontrol berat badan dan lakukan diet. Salah satu penyebab lambatnya proses kehamilan pada wanita terjadi karena wanita tersebut mengalami kegemukan. Jika anda termasuk wanita gemuk, makan anda akan mengalami masalah menstruasi yang tentunya akan mengganggu pula pada masa reproduksi anda. Namun, terlalu kurus pun tidak baik karena pada kondisi tubuh anda yang terlalu kurus maka akan menghambat berkembangnya hormon estrogen.
  22. Lakukanlah aktivitas seks yang aman. Seks menjadi salah satu peran utama juga bagi anda yang ingin menjaga kesehatan alat reproduksi anda. ingatlah bahwa penyakit berbahaya seperti HIV AIDS bisa menular melalui hubungan seks, maka dari itu penting adanya bagi anda untuk mengingat tentang melakukan hubungan seks yang aman demi kesehatan anda dan juga masa reproduksi anda.
  23. Usahakan untuk membuat jadwal pemeriksaan rutin alat reproduksi anda kepada dokter, dengan begitu anda akan mengetahui sedang mengalami masa yang sehat dan subur atau mungkin anda sedang terkena suatu penyakit. Jadi penting untuk anda melakukan pemeriksaan ini.
  24. Jika anda terprediksi terkena suatu penyakit pada sistem reproduksi anda, usahakanlah untuk melakukan pengobatan secara maksimal hingga benar-benar sembuh. Jangan remehkan sakit yang berkelanjutan dan juga masa menstruasi yang tidak menentu. Segeralah periksakan diri anda ke dokter.
  25. Hal terpenting yaitu jalanilah hidup sehat dengan makan makanan yang sehat, tidak merokok, tidur cukup, tidak stress dan olahraga dengan teratur. 
Berbekal dengan tips Mudah Menjaga kesehatan Reproduksi Wanita tersebut diatas, tentu anda sudah dapat mempersiapkan saat-saat indah bersama pasangan. Kehamilan hanya akan terjadi pada sistem reproduksi yang sehat, bahkan juga akan mendukung proses persalinan normal pada bayi anda nantinya.

Catatan :

  • Hindarilah prilaku seks kepada pasangan yang bukan muhrim anda
  • Membersihkan vagina cukup dengan air bersih dengan arah dari depan ke belakang,
  • Menjaga Kesehatan Wanita akan mendukung terjadinya kehamilan dan persalinan normal.

Demikianlah informasi dan penjelasan artikel pada kesempatan yang sama berharga ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu permasalahan anda.

0 Response to "25 Hal Yang Harus Diperhatikan Seorang Wanita"

Posting Komentar